Setelah banyak spekulasi bermunculan di kalangan para fans, SWORD akhirnya resmi diperkenalkan di MCU melalui seri WandaVision. Kemunculan SWORD sendiri menggantikan organisasi SHIELD sebagai pelindung dunia di MCU. Organisasi SWORD sendiri pertama kali diperlihatkan di post-credit scene Spider-Man: Far From Home, yang mana diperlihatkan bahwa sosok Nick Fury yang menemani Peter Parker adalah Talos. Sedangkan Nick yang asli sedang berada di sebuah kapal luar angkasa yang besar.

Dalam Seri WandaVision dijelaskan bahwa SWORD dulu didirikan oleh Maria Rambeau, sahabat dari Carol Danvers dan juga ibu dari Monica Rambeau. Namun, sekarang, organisasi ini dipimpin oleh Tyler Haywood. Tyler menjabat sebagai direktur sementara, yang artinya posisi Tyle bisa kapan saja digantikan. Berikut adalah deretan karakter yang dirasa pas untuk menjadi pengganti Tyler sebagai direkrut SWORD.

Monica Rambeau

Monica merupakan sosok yang tangguh dalam cerita komiknya. Dia selalu mengidolakan Carol Danvers. Di MCU, Monica diperkenalkan di film Captain Marvel dan dia kembali sebagai sosok dewasa di seri WandaVision. Monica sendiri sudah memiliki pangkat Kapten di organisasi yang bangun oleh ibunya tersebut. Monica sendiri merupakan sosok yang tepat karena dia tahu luar dalam mengenai organisasi ini.

latimes.com

Monica menjadi salah satu korban dari Decimation Thanos, dan dengan pengetahuan yang dia miliki rasanya wajar jika dia menjadi salah satu kandidat kuat. Lagipula, Monica memiliki kenalan yang sangat kuat yang bisa membantunya menjembatani antara kepentingan bumi dan yang lain, yaitu Carol Danvers.

Carol Danvers

Dengan kekuatannya, Carol memang dirasa pantas untuk menjadi direktur dari SWORD. Namun, kita tentunya tahu bahwa Carol jarang berada di bumi. Dia terlalu sibuk berpetualang di galaksi. Namun, jika kemudian Marvel akan menghadirkan cerita Alpha Flight dari komiknya untuk diadaptasi dalam cerita di film Captain Marvel 2, maka menjadikan Carol sebagai direkrut SWORD bisa menjadi jalan masuknya.

epicstream.com

Carol sudah pernah membantu Avengers dan sudah berpengalaman menjadi seorang pahlawan sejak tahun 1990an, seperti di perlihatkan di filmnya. Karena itu, rasanya tidak ada pahlawan dari bumi lainnya yang lebih berpengelaman dalam menghadapi ancaman luar angkasa selain Carol.

Abigail Brand

Salah satu kandidat lainnya yang juga dirasa pantas untuk menduduki kuris direktur SWORD adalah Special Agent Abigail Brand. Dalam cerita komiknya sendiri, Brand adalah pemimpin dari organisasi ini. Sayangnya, ada masalah besar yang membayangi jika Brand kemudian dipilih menjadi direktur SWORD. Pertama, kita masih belum diperkenalkan sosok Abigail Brand.

WATCH Legion End Credits Scene: What is the Orb Drone?Untuk masalah itu sebenarnya bisa diatasi dengan memperkenalkannya di episode selanjutnya. Masalah yang kedua adalah Brand adalah seorang mutant, yang mana konsep mutant belum dikenal di MCU. Kecuali MCU mau menghadirkan konsep seperti halnya Talos atau memberikan gambaran berbeda untuk sosok Brand, rasanya dia bisa bisa menjadi kandidat yang cocok.

Henry Peter Gyrich

Murphysmultiverse.com

Gyrich adalah salah satu dari sekian banyak karakter dari komiknya yang diharapkan bisa muncul di MCU. Gyrich sendiri sudah banyak memberikan peran penting terhadap para pahlawan Marvel di komiknya, termasuk menjadi wakil direktur dari SWORD. Mungkin, ketika dunia yang dibangun oleh Wanda tersebut sudah mulai mengancam keberadaan manusia, kita akan melihat Gyrich menduduki jabatan sebagai direktur dan mengawasi semuanya.

Adam Brashear

Adam Brashear mungkin sedikit asing di telinga Geeks, dan juga menjadi pilihan yang tidak terduga. Namun, untuk saat ini dia mungkin adalah kandidat yang tepat. Memperkenalkan karakter dokter dan juga mantan marinir ini bisa menjadi jalan lain bagi Marvel untuk memperkenalkan Adam sebagai Blue Marvel, setelah dia menduduki jabatan sebagai direktur SWORD.

Is there any non-mutant/non-cosmic marvel supervillains who could evenly fight and match bloodlusted Omega level mutants? - Quora
Quora.com

Sama halnya seperti Monica dan Carol, karir militernya sangat membantu bagi organisasi ini. Menjadi direktur SWORD, Adam mungkin akan membut sebuah program bernama Project Perseus yang memiliki tujuan untuk meneliti Negative Zone, dan kemudian insiden terjadi yang memberikan Adam kekuatan super. Adam sendiri tentunya tidak asing dengan Monica, karena dulu mereka sempat menjalin sebuah kisah asmara.

Featured image:youtube.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.