Seri manga One Piece sudah berjalan selama lebih dari dua puluh tahun, dan sepertinya ceritanya masih akan tetap berjalan selama beberapa tahun kedepan. Eiichiro Oda, selaku kreator dari serinya, mengaku bahwa dia tidak pernah menyangka serinya akan bertahan selama ini. Namun, dibalik ketidak percayaan tersebut para fans sendiri bersyukur bahwa One Piece masih tetap bertahan.

Pasca chapter 1000 kemarin, para fans bersiap untuk memasuki “babak terakhir” dari seri One Piece yang diprediksi akan segera terjadi pasca arc Wanokuni ini. Namun, sepertinya Oda Sensei masih belum mau memberikan penjelasan rinci mengenai hal tersebut. Oda Sensei justru mencoba menghindar untuk memberikan jawaban pasti terkait semuanya.

Hal ini diketahui dalam wawancara khusus antara Nobuhiro Watsuki, kreator dari seri Rurouni Kenshin, dan Eiichiro Oda dalam Ruruouni Kenshin Exhibition Official artbook yang dirilis pada minggu lalu. Menurut hasil terjemahan dari salah seorang fan, @Sandman_AP, Watsuki bertanya mengenai kabar “babak terakhir” alias rencana Oda Sensei untuk menghakhiri cerita One Piece dalam jangka waktu lima tahun. Namun, Oda Sensei menjawab dengan tidak pasti.

Oda Sensei hanya menjawab bahwa seorang seniman/mangaka yang sudah berusia 40 tahun atau lebih tidak seharusnya mengerjakan proyek manga yang berbasis mingguan atau dirilis setiap minggu. Seperti yang bisa kita bayangkan, jadwal rilis mingguan ini benar-benar menyita banyak sekali waktu dan pikirian Oda Sensei. Tidak jarang Oda Sensei jatuh sakit akibat jadwal yang luar biasa padat ini.

https://twitter.com/sandman_AP

Sebenarnya, Oda Sensei sendiri ingin menyelesaikan ceritanya lima tahun sebelum ceritanya dipublikasikan, namun Oda mengatakan pada Watsuki bahwa Oda akan menyelesaikannya dalam waktu 10. Ada banyak hal yang membuat Oda Sensei akhirnya masih terus menghadirkan hal-hal lain, cerita-cerita lainnya, untuk seri One Piece ini yang mana masih berjalan sampai sekarang.

Mengenai pembahasan kapan One Piece akan selesai ini memang sudah menjadi diskusi hangat para fans sejak dua tahun terakhir. Sebelum chapter 1000 dirilis, para fans penasaran kapan serinya akan selesai. Salah seorang editor mengatakan bahwa setelah arc Wakuni selesai manga seri One Piece juga akan selesai. Oda Sensei sendiri mengatakan bahwa bagian akhir dari ceritanya sudah di depan mata, namun dia tidak bisa menentukan kapan ceritanya akan benar-benar selesai.

Sampai sejauh ini rencana Oda sensei yang akan menyelesaikan serinya dalam lima tahun kedepan – pada 2025 atau 2026 – sepertinya masih akan tetap menjadi acuan, setelah berbagai “petunjuk” muncul yang mengisyaratkan bahwa serinya memang akan segera berakhir. Setelah dua dekade lebih berlayar, mungkin saatnya Luffy dan yang lain menyelesaikan petualangannya.

Featured image: cbr.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.