Dalam dunia Dragon Ball Z, bisakah seorang Saiyan bertahan di form Super Saiyan miliknya untuk selamanya? Jawabannya adalah ya, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Menghadirkan form dasar Super Saiyan merupakan bagian dari latihan Goku dan Gohan menjelang Cell games, dan Vegeta sendiri membuktikan bahwa dia pun bisa mencapai level kekuatan tersebut. Namun, saat kekuatan Super Saiyan berkembang dengan pesat, dan muncul berbagai form baru di sepanjang serinya, menjawab pertanyaan pertama di atas tentunya semakin sulit.

Latihan Goku dan Gohan Saat Cell Games

Menjelang Cell Games, para Saiyan seperti Goku, Gohan Vegeta, dan Trunks berlatih dengan sangat keras di Hyperbolic Time Chamber selama beberapa waktu. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Ketika Vegeta dan Trunks mencoba untuk mencari sebuah from lain selain Super Saiyan demi meningkatkan kemampuan mereka, Goku dan Gohan menyadari bahwa hal itu tidak akan efektif.

Mereka menyadari bahwa dengan meningkatkan level kekuatan ke level yang lebih tinggi, akan berakibat pada menurunnya kecepatan dan kelincahan seseorang. Karena itu, mereka lebih memilih menggunakan Super Saiyan 1 sebagai form dasar mereka. Transformasi Super Saiyan membutuhkan banyak sekali kekuatan, dan jumlahnya akan semakin banyak terkuras seiring mereka meningkatkan level transformasinya.

CBR.com

Menggunakan form dasar dari Super Saiyan pertama akan lebih menghemat energi yang dikeluarkan saat melakukan transformasi ke tingkat berikutnya. Energi tersebut kemudian bisa digunakan untuk meningkatkan potensi bertarung mereka secara drastis. Goku dan Gohan sendiri menghabiskan banyak sekali waktu dengan mempertahankan form Super Saiyan miliknya, tanpa kembali ke bentuk semula. Hal itu kemungkinan akibat hasil latihan selama di Hyperbolic Time Chamber.

Hal tersebut kemudian dikenal sebagai Full Power Super Saiyan. Menggunakan teknik Full Power Super Saiyan kemudian menjadi syarat penting untuk transformasi selanjutnya. Gohan tidak bisa menjadi Super Saiyan 2 ketika dia tidak menjadikan Super Saiyan sebagai form dasarnya. Untuk bisa menguasai atau mempelajari transformasi Super Saiyan yang lebih dahsyat lagi, seorang Saiyan pertama-tama harus menguasai form Full Power Super Saiyan.

Bisakah Seorang Saiyan Terus Menggunakan Super Saiyan 2 atau 3?

Goku, Gohan, dan Vegeta bisa tetap berada di form Super Saiyan untuk jangka waktu yang sangat lama – dan juga menjadi salah satu bentuk latihannya. Namun, bisakah mereka menghabiskan waktu seumur hidup sebagai Super Saiyan 2 dan 3? Tiga transformasi awal Super Saiyan yang muncul di cerita, bukanlah sebuah transformasi terpisah melainkan sebuah peningkatan dari satu transformasi inti yang sama.

Aminoapps.com

Itulah mengapa Super Saiyan 3 benar-benar sangat membuat Goku kelelahan karena harus membakar banyak tenaganya. Goku benar-benar menggunakan jauh lebih banyak energi dibandingkan yang biasanya dia keluarkan. Sudah sangat alamiah, Super Saiyan 2 dan 3 hanya bisa dilakukan jika sang Saiyan mau menggunakan sebagian besar tenaganya.

Sama seperti Kaio-Ken Technique, Super Saiyan 2 dan 3 membutuhkan banyak sekali energi untuk bisa mempertahankannya. Dengan mempertahankan kedua form tersebut, secara tidak langsung Goku meningkatkan form dasarnya, dan membuat dia menjadi semakin kuat. Namun, secara teknis, Goku tidak bisa “mundur” dari Super Saiyan 2 atau 3 menuju Super Saiyan 1 atau basis Super Saiyan.

Bisa Selamanya Menjadi Super Saiyan God atau Super Saiyan 4

Yang menarik adalah ada transformasi lain yang bisa membuat semua penggunanya tetap berada di form tersebut, jika memang mau. Form Super Saiyan God dan Super Saiyan Blue dianggap lebih mudah untuk membuat form dasarnya. Super Saiyan God secara permanen merubah orang yang menyalurkan kekuatan tersebut ke tubuhnya. Setelah berubah menjadi seorang Super Saiyan God, maka kekuatan mereka akan selamanya diperlihatkan melalui transformasi Saiyan ini.

Cultture.com

Ketika seorang Saiyan yang sedang berada di form dasar Super Saiyan God berusaha untuk mengaktifkan Super Saiyan lagi, maka mereka akan berubah menjadi Super Saiyan Blue. Berdasarkan logika tersebut, maka Goku dan Vegeta memang bisa menjalankan latihan yang sama yang dilakukan oleh Goku dan Gohan saat Cell Saga dan mencoba untuk menjadikan Super Saiyan Blue sebagai form dasarnya.

Sama halnya dengan Super Saiyan 4. Form Super Saiyan ini benar-benar berbeda dari Super Saiyan 3 dan tidak menghabiskan energi yang banyak dibandingkan sebelumnya. Dalam seri Dragon Ball Gt, Goku diperlihatkan hampir tidak bisa mempertahankan Super Saiyan 3 untuk waktu lama, namun terlihat nyaman saat mengaktifkan form Super Saiyan 4, dan bakhkan digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Featured image: hdqwalls.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.