Sejak seri manga One-Punch Man pertama kali muncul, sosok Blast memang belum pernah diperlihatkan sama sekali. Baru pada chapter 138 kemarin, kita melihat bagaimana sosok Blast meskipun hanya berupa siluet. Dan di chapter terbaru yaitu 139, kita akhirnya bisa melihat bagaimana sosok Blast sebenarnya secara utuh saat dia bertemu dengan Flashy Flash dan Saitama.

Seperti yang kita ketahui, Blast adalah pahlawan nomor satu dari seluruh sistem ranking yang ada. Posisinya berada di atas Tatsumaki dan juga King, yang berada di posisi kedua dan ketiga. Rumor atau cerita tentang Blast tentunya sudah banyak didengar oleh orang-orang di dunia tersebut, namun sangat jarang orang yang pernah melihatnya secara langsung.

Berdasarkan informasi yang ada, sosok Blast hanya muncul ketika dunia benar-benar dalam keadaan bahaya atau ketika manusia benar-benar terancam. Hal itulah yang alasan yang diyakini semua orang, mengapa Blast jarang sekali muncul menyelamatkan orang-orang. Sejauh ini baru Tatsumaki saja yang pernah melihatnya secara langsung – selain Flashy Flash dan SaItama.

Idkmanga.com

Hal itu kemudian memunculkan sebuah tanda tanya besar di kalangan para fans, dimana sebenarnya Blast selama ini? Mengapa dia tidak mau membantu masyarakat seperti halnya para pahlawan lain? Banyak teori yang kemudian menyebutkan serta spekulasi, bahwa Saitama sebenarnya adalah sosok Blast. Ada juga yang mengatakan bahwa Saitama adalah Blast yang kehilangan ingatan.

Namun, di chapter terbaru kemarin, kita akhirnya mendapatkan jawaban dari pertanyaan besar tersebut. Di chapter 138 kita melihat bagaimana Tatsumaki, Drive Knight, dan Genos bertarung melawan Psykos. Kekacauan dan kehancuran menjadi hal yang tidak terelakan – bahkan levelnya bisa dibilang mencapai level kosmik.

Flashy Flash, Saitama, dan Manako terjebak di bawah tanah di bawah markas Asosisasi Monster. Mereka tertimpa reruntuhan dari gua tempat mereka berada. Setelah mereka berhasil membongkar reruntuhan tersebut untuk mencari jalan keluar, mereka justru melihat sebuah ruang kosong, gelap, luas. Masih belum diketahui memang apa atau dimana mereka berada. Apakah mereka di bawah inti bumi? Apakah mereka di luar angkasa? Semuanya masih menjadi misteri.

Mereka kemudian mencari jalan lain untuk keluar, dimana pada saat itu terdapat sebuah kotak hitam kecil yang kemudian memunculkan suara misterius. Saitama pun kemudian menantang agar suara tersebut menunjukan sosoknya. Tiba-tiba di belakang mereka sebuah portal muncul, dan sosok yang tidak diduga pun menunjukan dirinya. Dia tidak lain adalah Blast.

Twitter.com

Saitama, Manako, dan Flashy Flash tidak mengenali sosok Blast sampai kemudian dia memperkenalkan diri. Dan pada momen tersebut Blast juga sempat menunjukan kemampuannya. Flash Flash mencoba menyerang Blast untuk membuktikan kebenarannya, dan pada saat itu diperlihatkan bahwa kecepatan dari Flashy Flash tidak seberapa dibandingkan Blast yang langsung merangkulnya, dan memintanya untuk tenang.

Flashy Flash terlihat ketakutan dan tidak percaya dengan apa yang dia lihat. Blast kemudian menjelaskan bahwa waktu bergerak dengan lebih lambat di tempat mereka berada, dibandingkan dengan di luar. Dengan semua hal yang diperlihatkan dalam momen tersebut, akhirnya pertanyaan mengenai dimana keberadaan Blast selama ini terbongkar.

Blast sendiri menjelaskan bahwa dia pergi ke berbagai tempat dan waktu untuk mengumpulkan sebuah kotak hitam misterius tersebut. Yang mengejutkan lagi adalah mengumpulkan kotak tersebut ternyata adalah hobinya. Hal ini sangat luar biasa, dimana ceritanya seolah menunjukan bahwa ternyata Blast selama ini berpetualang ke berbagai masa untuk mengumpulkan kotak hitam misterius.

Comicvine.gamespot.com

Fakta ini juga seolah memperlihatkan bahwa perjalanan waktu adalah hal yang memungkinkan. Dan bisa disimpulkan bahwa Blast sangat mirip seperti Loki, Flash, atau Kang yang mampu pergi ke masa lalu atau masa depan. Masih belum diketahui memang apa tujuan Blast mengumpulkan kotak misterius yang tersebar dimana-mana tersebut.

Ini juga membuktikan seberapa mengerikan kekuatan Blast. Dia bisa melintasi waktu, berbeda dengan para pahlawan lainnya yang memiliki kekuatan yang sering kita lihat seperti super strength atau kekuatan telepati. Ini juga seolah menjadi bukti – untuk sementara – bahwa Blast lebih kuat dari Saitama. Kita memang belum tahu apakah Saitama mampu melakukan hal yang sama dengan Blast, seperti membuka portal mesin waktu.

Tidak ada yang menyangka bahwa Blast akan muncul secara epik dalam situasi yang diluar kendali. Bisa dibilang, ini adalah salah satu hal yang paling mindblowing di sepanjang manga OPM, karya Yusuke Murata dan ONE. Apakah Blast akan membantu Tatsumaki mengalahkan Psykos? Kita nantikan saja kelajutan ceritanya di chapter yang akan datang ya Geeks!

Featured image: deviantart.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.