Kelompok Topi Jerami merupakan sebuah kelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy, protagonis dari seri manga One Piece. Kelompok Topi Jerami juga saat ini menjadi salah satu kelompok bajak laut terbesar di lautan. Pertama kali berlayar dari East Blue, Luffy perlahan mulai menemukan teman-teman baru yang kemudian direkrut untuk berpetualang bersamanya.

Orang-orang tersebut yang kita kenal saat ini. Mereka semua adalah sosok yang rela melakukan apapun demi sosok Luffy. Namun, sama seperti kru bajak laut lainnya, kelompok Topi Jerami juga sering menghadapi masalah besar, yaitu mereka sempat ditinggal oleh para krunya. Ironisnya, hal ini terjadi lebih dari satu kali. Lalu, siapa saja anggota yang pernah meninggalkan kelompok Topi Jerami?

Nami – Pergi di Arc Baratie

Nami merupakan navigator dari kelompok Topi Jerami dan merupakan salah satu dari tiga anggota awal kelompok tersebut. Nami sempat bergabung dengan kelompok Luffy saat di arc Orange Town dimana Buggy menjadi antagonis utamanya. Bersama-sama pergi ke Baratie, Nami justru mencuri Going Merry dan meninggalkan rekan-rekannya.

Quora.com

Namun, ada alasan khusus mengapa dia melakukan hal itu. Nami terpaksa melakukannya karena dia harus menyerahkan uang tebusan sebanyak 100 juta Belly kepada Arlong. Jika tidak, Arlong dan kelompoknya akan menghancurkan desa tempat tinggal Nami yaitu Cocoyashi. Pada akhirnya Luffy kembali dan berhasil menghabisi Arlong dan pasukannya. Nami dan para penduduk desa Cocoyashi pun akhirnya bisa terbebas dari tekanan Arlong

Vivi Menetap di Alabasta

Vivi merupakan putri dari kerajaan Alabasta yang mencoba menyusup ke organisasi kriminal Baroque Works, demi menemukan identitas asli dari Mr. O. Setelah Vivi berhasil mencari tahu, dia kemudian mencari bantuan dari kru Topi Jerami untuk menghabisi organisasi tersebut, dengan imbalan harta yang melimpah. Namun, di tengah-tengah misi, Vivi dan kelompok Topi Jerami justru menjalin kedekatan yang luar biasa.

Nefertari Vivi | Wiki | One Piece Amino
Aminoapps.com

Vivi kemudian menjadi anggota resmi dari kelompok Topi Jerami, dan bersama-sama mereka kemudian menghancurkan Crocodile dan Baroque Works. Setelah Alabasta kembali konfisif, Vivi pada akhirnya memutuskan untuk tetap tinggal disana dan tidak ikut berpetualang bersama Luffy. Namun, Vivi sendiri berharap bahwa suatu hari nanti mereka akan kembali berkumpul.

Chopper – Pergi Saat Davy Back Fight

Chopper merupakan dokter andalan bagi kelompok Topi Jerami. Chopper direkrut oleh Luffy setelah Nami digigit oleh makhluk dengan nama Keschia, yang mana hal tersebut membuat Nami harus mengalami sakit parah selama lima hari di Little Garden. Untuk menyelamatkannya, kelompok Topi Jerami kemudian singgah di Drum Island dimana dia bertemu dengan Tony Tony Chopper dan merekrutnya.

Comicbook.com

Chopper sempat terpaksa harus pergi dari kru Topi Jerami di Long Ring Long Island dalam momen Davy Back Fight, saat bertarung melawan kelompok bajak laut Foxy. Kelompok Topi Jerami kalah di babak pertama, yang biasa disebut sebagai Donut Race. Untuk merebut kembali Chopper, Sanji dan Zoro harus memenangkan babak selanjutnya yang disebut Groggy Ring. Beruntung pada akhirnya Chopper berhasil kembali.

Usopp – Pergi di Water 7

Usopp bergabung dengan Luffy saat arc Syrupp Village dimana ceritanya menghadirkan Luffy menyelamatkan pulau tersebut dari kelompok bajak laut Black Cat, yang dipimpin oleh Captain Kuro. Meskipun pada awalnya Usopp akan berlayar sendirian, Luffy dan Zoro kemudian mengundangnya bergabung dalam petualangan Luffy dan berpetualang bersama Going Merry. Usopp kemudian menjadi penembak jitu di kelompok ini.

Reddit.com

Namun, di arc Water 7, Going Merry pada akhirnya tidak bisa melanjutkan perjalanan yang membuat Luffy pada akhirnya memutuskan untuk menghancurkannya. Inilah yang sempat membuat Usopp marah, kecewa, dan memutuskan untuk pergi. Namun, pada akhirnya Usopp meminta maaf kepada Luffy dan begitu juga Luffy. Usopp akhirnya menjadi kru Topi Jerami lagi.

Nico Robin – Pergi Untuk Melindungi Luffy

Nico Robin sempat bergabung dengan kelompok Topi Jerami di akhir arc Alabasta, karena Nico Robin sangat ingin mati dan Luffy memilih untuk menolongnya dan mencegah Robin tewas. Tidak bisa kemana-mana lagi, Nico Robin pun akhirnya menjadi bagian dari kru Topi Jerami sampai peristiwa besar terjadi di Water 7. Robin berhasil dilacak oleh Cp-9 dan diminta untuk menyerahkan diri.

Twitter.com

Meskipun pada awalnya Robin menolak, dia kemudian dipaksa untuk setuju karena jika tidak, Buster Call akan diluncurkan menuju lokasi kelompok Topi Jerami berada. Demi menyelamatkan nyawa para kru lain, Robin memutuskan untuk menyetujui permintaan tersebut. Namun, setelah mengetahui Robin hilang, pada akhirnya Luffy dan kelompok Topi Jerami pergi menyelamatkan Robin.

Sanji Vinsmoke – Pergi Demi Menyelamatkan Ayah dan Krunya

Dalam sebuah situasi yang sama dengan Nico Robin, Sanji harus pergi meninggalkan kelompok Topi Jerami saat arc Zou, dimana dia mendapatkan undangan pernikahan dari Big Mom. Ayah biologis Sanji, Vinsmoke Judge, memutuskan untuk menikahkan Sanji dengan putri ke 35 dari keluarga Charlotte, yaitu Charlotte Pudding.

Heshero.com

Meskipun Sanji tidak pernah menginginkan pernikahan tersebut, dia terpaksa harus melakukannya dengan ancaman gelang peledak di kedua tangan Sanji dan juga ancaman kematian Zeff. Luffy kemudian pergi ke Whole Cake Island demi menyelamatkan Sanji, namun Luffy justru menerima serangan dari Sanji. Tapi, ketika pesta pernikahannya batal dan hancur, Sanji kemudian mencari keberadaan Luffy dan bergabung kembali dengan krunya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.