Meskipun kematian adalah hal yang mengerikan, dalam cerita Dragon Ball kematian adalah sebuah momen yang sering kali bisa “diakali.” Ada banyak karakter dalam ceritanya yang kembali dari kematian yang mereka alami, entah untuk membantu para Z Fighter dan menyelamatkan dunia, atau justru untuk membuat kekacauan dan kegaduhan. Namun, terkadang hal ini juga menimbulkan kebingungan.

Dalam sebuah dunia yang bisa membangkitkan kembali mereka yang sudah mati, rasanya sedikit aneh jika King Cold, ayah dari Frieza dan juga mantan penguasa di alam raya Dragon Ball, tidak pernah dibangkitkan kembali. King Cold adalah lawan yang sangat sepadan dan menarik, lalu mengapa dia tidak dihidupkan kembali seperti karakter lainnya?

King Cold muncul dengan level kekuatan yang sangat luar biasa, bahkan melebihi level kekuatan dari rasnya. Sayangnya, dengan kekuatan yang luar biasa tersebut King Cold justru menjadi sosok yang arogan dan kejam. Dan sepertinya itu memang sudah menjadi darah daging di keluarganya. Nenek moyang King Cold, Chilles, juga merupakan karakter yang tidak kalah mengerikan serta kuat.

Twitter.com

Kekuatan dan tanpa belas kasih merupakan sesuatu yang ada di dalam diri King Cold, dan sebelum cerita Dragon Ball selesai, dia sempat berhasil menguasai hampir seluruh Universe 7. King Cold sendiri kemudian memiliki dua orang anak: Cooler dan Frieza. King Cold tidak pernah peduli terhadap kedua anaknya. Dia selalu bersikap dingin terhadap Cooler, dan mengabaikan Frieza.

Itulah yang kemudian membuat Frieza menjadi sosok yang mengerikan dan kejam seperti yang kita ketahui. Frieza sempat menduduki jabatan sebagai pemimpin Universe 7, setelah King Cold memutuskan untuk pensiun. Dengan Frieza sebagai pemimpin, dia justru menjadi jauh lebih kejam dari sang ayah. Kepemimpinan Frieza benar-benar mengerikan.

Tapi, tentunya semuanya tidak ada yang abadi baik untuk Frieza maupun King Cold. Setelah kekalahan Frieza dari Super Saiyan Goku, anak buah dari King Cold kemudian mengumpulkan semua sisa-sisa tubuh dari Frieza yang mana mereka memutuskan untuk membangkitkan Frieza dalam bentuk Cyborg. Bersama dengan sang ayah, keduanya kemudian mencoba membalas dendam kepada Z Fighters.

Mereka semua bersumpah untuk kembali ke bumi dan menghancurkan semuanya. Namun, setelah mereka tiba di bumi, Future Trunks muncul dan berhasil membunuh Frieza dengan mudah. Arogansi dari sosok King Cold menjadi akar permasalahan dari kejatuhannya. Yakin bahwa pedang milik Trunks merupakan sumber kekuatannya, King Cold berpura-pura melihat pedang tersebut.

CBR.com

Dengan menggunakan pedang milik Future Trunks tersebut, King Cold mencoba membunuhnya tapi gagal. Dan Trunks sendiri kemudian bisa membunuh King Cold dengan mudah. Lalu, mengapa King Cold tidak dibangkitkan kembali? Jawaban sederhananya adalah karena Frieza tidak menginginkannya. Dalam film Dragon Ball Z: Resurrection ‘F’ kita melihat, bahwa Frieza berhasil kembali hidup setelah Sorbet membangkitkannya dengan menggunakan Bola Naga.

Sorbet kemudian bertanya kepada Frieza apakah dia ingin membangkitkan ayahnya. Namun, Frieza menolaknya. Menurutnya, lebih baik jika ayahnya tidak kembali hidup, agar Frieza bisa lebih leluasa dalam berkuasa. Rasa tidak peduli terhadap sang anak, menjadi hambatan bagi King Cold untuk bisa kembali hidup. Jika saja King Cold bisa sedikit lebih baik terhadap Frieza, mungkin dia akan tertarik untuk menyelamatkannya.

Bagi para fans seri Dragon Ball Heroes, cerita dari King Cold sebenarnya belum benar-benar berakhir. King Cold dipindahkan menuju Prison Planet, dimana dia dan pasukannya justru mendapatkan keuntungan. King Cold kemudian berhasil mendapatkan Bola Naga bintang empat. setelah diserang oleh Hatchiyack, King Cold menjalin kesepakatan dengan Cooler dan Trunks, dimana dia berjanji akan memberikan bola naganya kepada Cooler jika dia mau membantu.

Setelah mengalahkan ghost Warriors, King Cold kemudian berusaha mengkhianati Cooler. Namun, Hatchiyak kemudian muncul dan membunuh King Cold. Sejak saat itu dia tidak pernah lagi dibangkitkan. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah King Cold perlu untuk dibangkitkan kembali atau tidak?

Featured image: pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.