Tinggal beberapa chapter lagi seri manga epik Attack on Titan akan menutup seluruh ceritanya. Manga karya Hajime Isayama ini menjadi pusat perhatian banyak penggemar manga, dengan akhir cerita yang epik sekaligus mengerikan. Eren Yeager, protagonis utama dalam ceritanya, memutuskan untuk mengaktifkan para Wall Titan di seluruh pulau Paradis – dan juga para Titan lainnya – untuk menghancurkan penduduk di luar pulau.

Momen mengerikan yang bisa disebut sebagai kiamat bagi para penduduk di seluruh dunia tersebut disebut sebagai ‘Rumbling’ atau gemuruh. Dalam momen tersebut jutaan Titan pergi menuju tempat-tempat di luar pulau Paradis untuk menghancurkan mereka dan menghabisi semua umat manusia, dengan cara meratakan semuanya dengan tanah.

Eren Yeager sendiri saat ini sedang berada dalam form Attack Titan, dan dia sendiri mengaktifkan sebuah transformasi mengerikan dimana dia menjadi sosok raksasa, yang mana ukuran tubuhnya bahkan melebihi para Titan tersebut. Dengan peristiwa yang mengerikan yang sedang terjadi sekarang, pertanyaannya kemudian apakah semuanya bisa dihentikan? Apakah Eren bisa dikalahkan?

Quora.com

Di chapter-chapter sebelumnya kita melihat bahwa pasukan Survey dan juga Warrior pada akhirnya saling bekerja sama untuk menghentikan peristiwa tersebut. Namun, pada kenyataannya mereka semua kewalahan. Mereka bahkan hampir saja tewas dalam pertempuran. Kemudian di chapter 136 kemarin, para aliansi yang tersisa mulai menyusun rencana untuk menghentikan Eren.

Gabi menyebutkan bahwa  saat dia menembak kepala Eren, terdapat sosok monster tulang belakang yang mirip seperti kelabar muncul dari dalam tubuh Eren. Kemudian monster tersebut berhasil menyelamatkan Eren, dan mengubahnya seperti sekarang. Mereka kemudian berpikir bahwa dengan meledakan bagian punduk belakang Eren, dan memancing makhluk tersebut keluar dan membunuhnya, akan menghentikan itu semua.

Dalam artikel sebelumnya pun sempat dibahas bahwa bisa jadi itu adalah kunci untuk menghentikan semua yang terjadi, termasuk membunuh semua Titan yang ada. Namun, pertanyaannya kemudian bagaimana jika ternyata makhluk berbentuk tulang belakang tersebut tidak bisa hancur? Bagaimana jika itu hanyalah salah satu saja, dari sekian banyak sumber kekuatan Titan?

Geeks semua mungkin sudah mengetahui bagaimana sejarah Titan muncul. Dimulai dari Ymir Fritz yang hidup ribuan tahun lalu, dimana dia tidak sengaja terjatuh ke dalam lubang pohon misterius yang di dalamnya terdapat makhluk berbentuk aneh, yang masuk ke dalam tubuh Ymir Fritz. Makhluk tersebut kemudian menyatu dengan Ymir Fritz dan memberikannya kekuatan Titan.

Manga ch 122 Spoilers]"Parasite" explained : ShingekiNoKyojin
Reddit.com

Itulah mengapa kemudian Ymir Fritz memiliki kekuatan Founding Titan. Menghancurkan makhluk yang ada di tulang belakang Eren dan Ymir Fritz tersebut mungkin memang menjadi solusi untuk mengakhiri semua kengerian. Namun, seperti halnya sebuah kawanan binatang, bagaimana jika itu baru satu dari sekian banyak makhluk mengerikan seperti itu?

Sempat muncul sebuah teori bahwa mungkin di akhir ceritanya nanti, para manusia akan mencari keberadaan pohon tersebut untuk dihancurkan. Dan rasanya itu cukup masuk akal, demi mencegah tidak adanya lagi hal-hal mengerikan seperti perang Titan dan sebagainya. Bagaimana cara menghancurkannya mungkin bisa dicari bersama-sama, antara Eldian dan Marley.

Dengan militer yang baik, Marley mungkin bisa mengebom wilayah hutan tempat pohon tersebut berada. Atau bisa juga dengan membakarnya, dan lain-lain. Memang, tidak bisa dipastikan bahwa setelah semuanya selesai tidak akan ada dendam diantara kedua negara. Banyak yang berspekulasi bahwa perdamaian antara Eldian dan Marley tidak akan pernah terjadi. Jika pun memang terwujud, mungkin hanya untuk waktu singkat.

Terlepas dari hal itu, setidaknya manusia sudah tidak perlu takut lagi terhadap ancaman para Titan yang ada, dengan catatan bahwa semua Titan memang sudah hancur, tewas. Tidak ada lagi yang tersisa, atau sengaja disembunyikan demi membalas dendam di masa depan.

Selain menghancurkan pohon ajaib tersebut, mungkin cara lainnya adalah memastikan bahwa Ymir Fritz juga tewas. Ymir Fritz adalah pusat dari semua kekuatan Titan yang ada. Jika Eren tewas, namun Ymir masih hidup, maka peluang kembali munculnya para Titan juga sangat besar. Dan sama seperti menghancurkan pohon ajaibnya, membunuh Ymir mungkin akan menjadi tugas yang berat. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Featured image: pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.