Mencoba untuk menebak bagaimana akhir dari cerita perjalanan Luffy dan kelompok Topi Jerami dalam seri One Piece, memang menjadi salah satu topik yang banyak dibicarakan oleh para fans. Apalagi One Piece sudah berjalan lebih dari dua dekade, sehingga para fans mencoba menerka kemungkinan yang terjadi ketika ceritanya selesai nanti.

Hype bahwa cerita One Piece akan segera berakhir memang sempat muncul bertahun-tahun lalu, dengan Oda Sensei mengatakan dia akan mengakhiri cerita One Piece waktu yang sudah ditentukan โ€“ biasanya dalam lima tahun. Tapi, kemudian ucapan tersebut kembali direvisi atau diulang lagi dalam beberapa tahun mendatang. Terakhir, Oda Sensei mengatakan bahwa One Piece memang akan selesai dalam 5 sampai 10 tahun lagi.

Berbicara mengenai cerita akhir One Piece, beberapa tahun lalu Oda Sensei sempat mengatakan bahwa dia akan merubah cerita akhir dari One Piece jika ada fans yang berhasil menebak, atau mampu berteori dan berspekulasi yang mirip dengan cerita akhir yang sudah dia persiapkan. Namun, sepertinya pernyataan tersebut kembali direvisi oleh Oda dalam sebuah wawancara dengan salah satu program TV di Jepang.

Menurut cuitan dari @Newworldartur, Oda mengkonfirmasi โ€“ melalui salah satu editornya yaitu Isaka โ€“ bahwa Oda Sensei tidak akan merubah jalan cerita akhir dari seri One Piece. Menurut Isaka, sebenarnya jalan cerita akhir dari One Piece, sedari awal kemunculan ceritanya, tidak pernah berubah meskipun kemudian ada fans yang berhasil menebaknya.

Isaki juga menjelaskan bahwa Oda sudah lama mempersiapkan semuanya, dan dia tidak ingin rencana yang sudah dia bangun selama puluhan tahun menjadi tidak terpakai, hanya karena alasan para fans berhasil menebak cerita akhirnya. Hal ini seolah menjadi konfirmasi nyata dari Oda, dan apa yang dia ungkapkan sebelumnya hanyalah sebuah lelucon semata.

Yang menarik adalah di tahun 1999, Oda Sensei pernah mengatakan sendiri bahwa dia sudah mempersiapkan chapter terakhir dan panel terakhir untuk seri One Piece. Sebelumnya memang ada sebuah โ€œmitosโ€ dimana Oda Sensei akan merubah jalan cerita akhir dari One Piece, jika ada fans yang mampu menebaknya. Hal itulah yang memunculkan anggapan bahwa One Piece tidak akan pernah bisa ditebak bagaimana cerita akhirnya.

Sebagian fans beranggapan bahwa banyak orang salah tangkap mengenai ucapan dari Oda Sensei tersebut. Sebagian lainnya juga percaya bahwa perubahan cerita yang dimaksud oleh Oda adalah bagaimana โ€œjalanโ€ menuju cerita akhirnya, bukan cerita akhirnya yang dirubah. Pada akhirnya kita akan tetap menuju ke titik tersebut. Dengan adanya pernyataan dari Isaki, akhirnya semuanya menjadi jelas. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian memiliki teori yang sudah sejak lama disimpan mengenai cerita akhir One Piece?

Featured image: voi.id

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.