Sebagian fans dari One Piece beranggapan bahwa Shanks tidak memiliki kekuatan yang setara dengan Big Mom. Hal ini dikarenakan nilai buruannya yang cukup jauh berbeda dengan Big Mom dan Kaido. Namun, benarkah demikian? Shanks merupakan salah satu bajak laut yang populer di seri ini, dan juga merupakan salah satu dari empat kaisar lautan alias Yonko.

Nilai buruan dari Shanks sendiri adalah 4,048,900,000 Belly. Sedangkan Big Mom sendiri nilai buruannya 4,388,000,000 Belly dan Kaido 4,611,100,000 Belly. Nilainya memang cukup jauh berbeda, tapi apakah memang Shanks lebih rendah dari keduanya? Tentunya hal tersebut salah. Ada hal yang harus dipahami tentang mekanisme bagaimana seorang bajak laut mendapatkan nilai buruan.

Seperti yang pernah dibahas di artikel lain, nilai buruan seseorang memang ditentukan oleh kekuatan. Tapi, itu bukanlah faktor utama. Ada faktor lainnya yang menentukan seperti seberapa besar mereka menjadi ancaman bagi pemerintah, seberapa besar pengaruhnya terhadap dunia, bagaimana pengaruhnya, seberapa besar sekutunya, dan lain-lain.

Knowyourmeme.com

Meskipun asumsi bahwa Big Mom dan Kaido lebih kuat dari Shanks memang tidak salah, namun jika alasan nilai buruan yang menjadi dasar asumsinya maka bisa dikatakan bahwa hal tersebut salah. Ada banyak bukti bahwa nilai buruan bisa berubah dengan drastis, atau tidak berpengaruh banyak. Misalnya ketika Luffy mengalahkan Crocodile di Alabasta, dimana nilai buruan Luffy langsung naik ke 100 juta Belly.

Namun, hal berbeda didapatkan oleh Sanji dimana dia hanya mendapatkan nilai buruan 77 juta Belly setelah dia mengalahkan salah satu agen CP-9, Jabra. Hal tersebut menjadi bukti bahwa nilai buruan dan kekuatan adalah dua hal yang berbeda dalam dunia One Piece. Shanks memiliki nilai buruan 4 milliar Belly sebenarnya merupakan pencapaian yang sangat luar biasa dibandingkan Kaido dan Big Mom.

Ada beberapa catatan yang membuat pernyataan tersebut muncul. Pertama, dia adalah Yonko termuda. Usianya masih 39 tahun, sedangkan Big Mom dan Kaido mungkin usianya sudah 60-70 tahun. Kaido dan Big Mom dulu merupakan bagian dari kelompok Rocks, yang sangat ditakuti di lautan. Namun, berbeda dengan Shanks dimana dia saat itu masih anak kecil.

Kaido dan Big Mom banyak bertarung demi meningkatkan nilai buruan, namun pada akhirnya justru nilai buruannya tidak berbeda jauh. Shanks adalah orang yang mementingkan perdamaian, meskipun dia adalah seorang bajak laut. Ini tentunya berbeda dengan Big Mom dan Kaido yang cenderung emosional dan meledak-ledak terhadap orang lain atau musuhnya.

Twitter.com

Shanks juga tidak memiliki banyak wilayah kekuasaan seperti halnya Big Mom dan Kaido, yang berusaha merebut sebanyak mungkin wilayah kekuasaan. Shanks mungkin tidak memiliki banyak pasukan atau armada seperti halnya Kaido atau Big Mom. Tapi, dia memiliki sebuah kru yang kecil namun secara kekuatan mereka semua seimbang.

Shanks tidak pernah menyebabkan kekacauan yang menyebabkan pihak Pemerintah Dunia bertindak atau sebagainya. Dan yang paling penting adalah Shanks tidak memiliki kekuatan buah iblis, seperti halnya Big Mom dan Kaido. Shanks bahkan kehilangan sebagian lengannya, namun dia masih bisa menghentikan banyak karakter kuat. Dia mampu bertarung melawan Kaido, Whitebeard, dan juga menahan serangan Sakazuki.

Jadi, berdasarkan alasan-alasan tersebut bisa dipahami bahwa Shanks memang memiliki nilai buruan paling kecil, namun dialah yang memiliki banyak “prestasi” luar biasa dibandingkan Big Mom ataupun Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.