Perkembangan seri anime dalam 10 tahun belakangan harus diakui sangat cepat. Anime sekarang sudah bukan lagi menjadi hal yang segmented melainkan sudah menjadi hal yang umum. Ada banyak genre baru dan juga berbagai judul anime baru yang bermunculan. Dan dengan perkembangan yang sangat cepat, artinya ada banyak juga fans-fans anime yang baru bermunculan.

Ada banyak judul-judul menarik dari klasik anime yang bisa ditonton untuk para penggemar anime yang baru. Namun, meskipun klasik, judul-judul tersebut masih sangat menarik untuk tetap disaksikan saat ini.  Lalu, apa saja judul anime tersebut? berikut adalah beberapa diantaranya.

Hiro Studios

Dragon Ball/Dragon Ball Z

Mungkin semua orang, baik penggemar anime atau bukan, mengenal seri anime yang satu ini. Dragon Ball merupakan seri anime adaptasi manga karya Akira Toriyama dengan judul yang sama. Dragon Ball bisa dibilang adalah anime yang memberikan warna baru di industri anime pada saat itu, dan juga menjadi tanda kebangkitan industri anime di luar Jepang.

Aminoapps.com

Yang menarik adalah Dragon Ball memiliki berbagai sekuel yang bisa diikuti, misalnya Dragon Ball GT atau Dragon Ball Super. Seri anime Dragon Ball sendiri memiliki jumlah episode sebanyak 153 dan Dragon Ball Z memiliki jumlah episode sebanyak 291. Mengikuti keseluruhan cerita Goku, Gohan, Vegeta, Krillin, dan lainnya memang memakan waktu, tapi itu semua sepadan. Selain pertarungan, kita juga bisa menemukan banyak unsur komedi dalam ceritanya.

Mobile Suit Gundam

Selain Dragon Ball, Mobile Suit Gundam juga merupakan seri anime yang sangat populer di seluruh dunia sejak lama. Memang, harus diakui bahwa semua popularitas yang dimiliki oleh seri ini berasal dari penjualan merchandisenya, dalam hal ini adalah model kit/plastic model. Gundam sendiri adalah sebuah seri anime yang bertemakan mecha atau robot, sesuai dengan judulnya.

Myanimelist.com

Seri pertama dari Gundam sendiri hanya berjumlah 43 episode, relatif lebih singkat dibandingkan dengan seri anime klasik lainnya, misalnya Dragon Ball. Seri Gundam sendiri menawarkan banyak sekali pengalaman naratif yang tidak semua seri anime bisa tampilkan. Mobile Suit Gundam merupakan pintu masuk buat Geeks yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai anime bergenre mecha.

InuYasha

Diadaptasi dari seri manga yang sama karya Rumiko Takahashi, seorang mangaka legendaris, InuYasha merupakan seri yang menarik buat Geeks yang senang dengan percampuran antara genre fantasi, aksi, dan juga romansa. Serinya sendiri berkisah tentang sosok Kagome dan Inuyasha, yang merupakan manusia setengah anjing/iblis.

Comicbook.com

Mereka berdua berpetualang untuk menemukan sebuah permata ajaib, yang tersebut di seluruh Jepang. setting waktunya sendiri Jepang pada era Sengoku. Serinya sendiri memiliki episode sebanyak 167 episode, dan sudah menghadirkan dua buah film layar lebar. Sebuah seri sekuel yaitu The final Act, tayang lima tahun setelah seri anime pertamanya selesai yang sekaligus menjadi penutup bagi serinya.

Sailor Moon

Sailor Moon merupakan seri anime sihir wanita yang paling populer dalam sejarah, selain mungkin Minky Momo, atau Pretty Cure. Sailor Moon bisa dibilang adalah “pionir” untuk genrenya, dimana setelah kepopuleran Sailor Moon, berbagai judul-judul anime serupa mulai bermunculan. Meskipun sering kali seri ini dikaitkan dengan kesan feminin – dimana mayoritas penontonnya adalah wanita – namun banyak juga para pria yang mengikuti serinya.

Viz.com

Sebagian Geeks mungkin sudah tahu bahwa Sailor Moon memiliki banyak sekali episode yang dibagi dalam beberapa musim, namun hal itu menjadi sebuah daya tarik sendiri dimana Sailor Moon bisa mengisi waktu luang Geeks semua. Sailor Moon sendiri berkisah tentang seorang murid SMP bernama Usagi Tsukino yang terpilih menjadi salah satu Pretty Warrior, bersama gadis-gadis pilihan lainnya. Mereka mendapatkan kekuatan super untuk melindungi bumi dari para penjahat.

Saint Seiya

Saint Seiya mungkin tidak sepopuler InuYasha atau Gundam, namun Saint Seiya cukup banyak dikenal di kalangan pecinta anime. Soundtrack dari seri animenya menjadi salah satu musik yang populer – bahkan bisa dibilang mengalahkan popularitas dari serinya. Saint Seiya merupakan sebuah seri anime fantasi yang bersetting di luar angkasa, dan juga memasukan unsur dewa-dewa Yunani.

Talkiesnetwork.wordpress.com

Saint Seiya sendiri berkisah tentang seorang yatim piatu bernama Seiya yang dipaksa untuk pergi ke sebuah tempat bernama Sanctuary, yang berada di Yunani. Seiya diperintahkan untuk mengambil salah satu zirah suci Bronze Cloth of Pegassus Constellation. Namun, Seiya kemudian justru menjadi sosok terpilih, bersama anak-anak lainnya, untuk menjadi pelindung sang dewi Athena.

Salah Satu Dari “Big Three”

Ketika berbicara anime, rasanya kita tidak akan bisa lepas dri tiga judul anime paling besar, paling populer, dan paling epik yang sering dijadikan referensi yaitu One Piece, Naruto, dan Bleach. Di masa jayanya, ketiga judul anime tersebut merajai puncak popularitas anime. Ketiga seri tersebut memiliki jumlah penggemar yang sangat banyak dari seluruh dunia, selain Dragon Ball.

CBR.com

Dari ketiganya, yang masih terus berjalan sampai sekarang adalah One Piece. Bleach sendiri sudah tamat beberapa tahun lalu, dan Naruto pun sudah tamat dan sekarang sekuelnya sedang berjalan. Meskipun ketiganya memiliki formula cerita yang sama, namun ada berbagai sisi keunikan yang diperlihatkan di masing-masing ceritanya.

Featured image: pinterest.com

Hiro Studios