Gol D. Roger dan Whitebeard adalah dua karakter paling menonjol dalam cerita One Piece. Meskipun mereka adalah rival, tetapi mereka memiliki hubungan yang baik satu sama lain. Baik Roger dan Whitebeard, mereka sama-sama sangat kuat. Faktanya, Whitebeard memiliki kekuatan yang setara dengan Roger, padahal Roger adalah raja bajak laut. Meskipun mereka berdua setara dalam hal kekuatan, tetapi ada fakta yang membuktikan bahwa Whitebeard adalah bajak laut terbaik, jika dibandingkan dengan Roger. Apa saja? Simak di bawah ini Geeks!

Penyayang Keluarga

image source: cbr.com

Whitebeard tidak pernah mengarungi lautan untuk mencari Laugh Tale atau melakukan misi tertentu. Sebaliknya, Whitebeard hanya ingin menemukan harta karun paling berharga, yaitu keluarga. Selama bertahun-tahun lamanya, Whitebeard hanya ingin membangun sebuah keluarga yang hebat, dan Whitebeard melatih keluarganya sekuat tenaga. Saat keluarganya tumbuh dan mulai menjadi kuat, mereka akan memisahkan diri untuk membentuk bajak laut sendiri. Kozuki Oden adalah bukti bahwa hasil didikan Whitebeard sangatlah kuat. Terbukti sebelum mati, Oden mampu melukai Kaido, seorang Yonko yang sangat kuat.

Bertanggung Jawab

image source: animefocalpoint.blogspot.com

Ketika berbicara tentang tanggung jawab, tidak ada bajak laut lain yang paling bertanggung jawab selain Whitebeard. Dengan sekitar 1600 anak buahnya dan 43 kapal sekutunya, Whitebeard memiliki keluarga besar yang harus dijaga, dan ia memastikan semua anak buah atau keluarganya terjaga. Terlebih lagi, semua harta yang dimilikinya dikirim ke pulau Sphinx, yang menjadi kampung halamannya, karena orang-orang di pulau Sphinx tidak mau bersekutu dengan Pemerintah Dunia, sehingga penduduknya kesulitan untuk memenuhi kehidupannya sehari-hari.

Menjadi Ayah yang Baik

image source: comicvine.gamespot.com

Roger mungkin adalah seorang bajak laut yang fenomenal, tetapi bukan sebagai figur ayah yang baik. Sebagai seorang ayah, ia sangatlah buruk. Walau sudah mengetahui bahwa Pemerintah Dunia akan membunuh anak dan istrinya, Roger seharusnya lebih bertanggung jawab, baik terhadap Rouge dan Ace. Sebaliknya, ketika Ace lahir, kondisi Ace sangat memprihatinkan karena tidak ada sosok ayah di sisinya. Whitebeard disisi lain malah rela membesarkan Ace, seperti anak kandungnya sendiri. Bahkan dengan didikan Whitebeard, Ace menjadi salah satu karakter kuat di One Piece.

Jenius

image source: elderaze.wordpress.com

Di saat Roger selalu menampilkan kecerobohannya, lain halnya dengan Whitebeard yang selalu memiliki perhitungan yang matang. Perhitungannya yang matang diperlihatkan selama perang Marineford terjadi, di mana ia membalas setiap strategi yang dilemparkan oleh Sengoku. Bahkan, Sengoku sendiri mengakui kejeniusan strategi Whitebeard. Ketika Angkatan Laut mencoba untuk menyudutkan Whitebeard, mereka pun gagal, dan Whitebeard dan pasukannya berhasil mendominasi jalannya pertempuran. Walaupun begitu, Whitebeard harus tewas di Marineford, dan pasukannya harus mundur.

Kekuatan

image source: wallpaperaccess.com

Dengan kekuatan yang dihasilkan dari buah iblis Whitebeard, Gura Gura, Whitebeard menjadi karakter yang sangat kuat. Buah iblis Gura Gura adalah buah iblis jenis Paramecia terkuat yang pernah ada. Kekuatannya sedemikian rupa sehingga bisa menciptakan gelombang kejut dan gempa. Bahkan ia mampu untuk menenggelamkan sebuah pulau dalam hitungan detik. Sengoku pun pernah membandingkan Whitebeard dengan kekuatan senjata kuno itu sendiri, dan mengklaim bahwa Whitebeard cukup kuat untuk menghancurkan seluruh dunia dengan mudah. Tentu hal itu tidak bisa dilakukan oleh Roger.

Featured image: pinterest.com

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/