Boruto, Naruto, Sasuke, dan Kawaki saat ini sedang berada di dimensi yang lain setelah mereka bertarung melawan Isshiki Otsutsuki. Seperti yang kita ketahui, dalam beberapa chapter terakhir kita diperlihatkan pertarungan sengit antara Isshiki Otsutsuki melawan Naruto, Sasuke, dan Boruto. Isshiki sebelumnya datang ke Konoha untuk mencari keberadaan dari Kawaki, yang sengaja disembunyikan oleh Naruto.

Isshiki kemudian disambut oleh Naruto, yang menghadangnya. Namun, Naruto bukanlah lawan Isshiki. Sasuke dan Boruto kemudian muncul dan lagi-lagi mereka bukan menjadi lawan seimbang bagi Isshiki. Namun, Isshiki dibuat terkejut ketika Boruto membuka portal ke dimensi lain dengan menggunakan Karma yang ada di tubuhnya. Sasuke dan Naruto pun kemudian masuk ke portal dimensi lain tersebut.

Hiro Studios

Akhirnya pertarungan terjadi di dimensi tersebut. Sempat terpojok, pada akhirnya Isshiki kalah setelah Kawaki ikut terseret dalam pertarungan itu. Dia berhasil mengalahkan Isshiki dengan kagebunshin. Namun, kejutan lainnya kemudian muncul ketika Momoshiki bangkit dari dalam tubuh Boruto dan mengambil alih tubuhnya. Tidak hanya itu, Momoshiki kemudian menusuk mata kiri Sasuke.

Aminoapps.com

Ini benar-benar mengejutkan banyak fans yang membaca ceritanya, karena tidak ada yang menduga bahwa akan seperti itu. Di mata kiri Sasuke terdapat salah satu Doujutsu terkuat Rinnegan. Namun, dengan mata kirinya yang tertusuk, artinya selain kebutaan, Sasuke juga harus kehilangan Rinnegannya. Rinnegan sendiri sangat penting karena itulah satu-satunya jalan untuk mereka kembali ke konoha.

Dengan Rinnegan yang sekarang sudah hilang, pertanyaannya kemudian bagaimana mereka kembali ke Konoha? Apakah mereka akan terjebak selamanya disana? Jawabannya tentu saja tidak. Ada satu cara yang bisa digunakan untuk mereka bisa kembali ke Konoha yaitu menggunakan portal Karma, seperti yang dilakukan Boruto saat membawa Isshiki dan yang lain ke dimensi lain.

Kita tahu bahwa kemampuan Karma bisa saling beresonansi antara satu dan yang lain. Boruto sendiri pernah membuka sebuah portal Karma – secara tidak sengaja – dengan melakukan resonansi antara Karma miliknya dan Kawaki. Portal Karma tersebut yang digunakan oleh Team 7 untuk menyelamatkan Naruto yang disekap, pada saat itu. Dan tentunya hal ini bisa dipakai kembali untuk membawa mereka kembali ke Konoha.

Tapi, ada sebuah masalah besar dalam hal ini. Seperti yang diperlihatkan di chapter sebelumnya, segel Karma dari Isshiki yang ada di tubuh Kawaki kini sudah menghilang akibat Isshiki yang menggunakan segel Karma tersebut untuk bereinkarnasi setelah Jigen kalah dari Kashin Koji. Hal ini sempat membuat semua orang lega, karena pada akhirnya Kawaki bisa terbebas dari segel kutukan tersebut.

Reddit.com

Namun, fakta lainnya muncul di chapter 54 kemarin, dimana Momoshiki mengatakan bahwa meskipun segel Karmanya sudah menghilang, data yang sudah diekstrak di dalam tubuh sebuah wadah akan tetap berada disana. Momoshiki menjelaskan bahwa kondisi Kawaki sama dengan Boruto, dimana 80 persen diri mereka sekarang sudah menjadi seorang Otsutsuki.

Hal tersebut bisa diambil dari sisi baiknya, dimana peluang untuk mereka pulang kembali terbuka. Kawaki dan Boruto bisa kembali saling beresonansi dan menciptakan sebuah portal Karma yang akan membawa mereka pulang. Yang kemudian menjadi pertanyaan, apakah Kawaki bisa menggunakan kekuatan Otsutsuki begitu saja tanpa adanya segel Karma?

Jika mendengar penjelasan dari Momoshiki, mengenai Kawaki dan Boruto yang sudah menjadi bagian dari Otsutsuki, seharusnya Kawaki bisa saja menggunakan kekuatan Otsutsuki tanpa harus adanya segel Karma. Namun, tentunya masih harus kita tunggu apakah memang hal itu bisa dilakukan. Karena tentunya jika tidak mereka akan terjebak selamanya.

Featured image: blogunik.com

Hiro Studios