Haki adalah sebuah kekuatan tekad yang terdapat pada diri seseorang dalam cerita One Piece. Sama seperti halnya buah iblis, Haki terbagi menjadi tiga kelompok besar yaitu Armament Haki, Observation Haki, dan Conqeror Haki. Armament dan Observation Haki adalah dua jenis Haki yang paling umum diperlihatkan dalam ceritanya, dan banyak dimiliki oleh para karakter.

Namun, berbeda dengan Conqueror Haki dimana tidak semua orang mampu melakukannya. Haki jenis ini sangat spesial, karena hanya dimiliki oleh 1 dari satu juta orang. Hanya mereka yang memang memiliki jiwa pemimpin sejati atau orang-orang tertentu yang memiliki Haki ini. Karena itulah sangat jarang Conqueror Haki muncul dalam cerita. Berikut adalah beberapa momen epik ketika Conqueror Haki digunakan dalam cerita one Piece.

Shanks Mengalahkan Sea King

Geeks tentu ingat adegan yang sangat monumental ketika Shanks merelakan sebagian lengan kirinya dimakan oleh Sea King. Tapi, sebelum monster laut tersebut bertindak lebih jauh Shanks melakukan gerakan yang tidak diduga. Dia menatap mata monster itu dan kemudian monsternya kabur. Itulah pertama kali Conqueror Haki dan konsep tentang Haki diperkenalkan dalam cerita.

Quora.com

Pada awalnya, para fans dibuat penasaran dengan apa yang sudah dilakukan oleh Shanks terhadap Sea Kings tersebut. Apakah itu sihir? Semacam trik? Namun, pada akhirnya fans diberikan penjelasan bahwa apa yang dilakukan oleh Shanks adalah bagian dari Haki, tepatnya Conqueror Haki. Shanks pada saat itu hanya melihat mata dari Sea King yang mana membuat monster laut tersebut terintimidasi.

Luffy Mengalahkan Gerombolan Serigala

Dengan bantuan dari Hancock, Luffy akhirnya berhasil menyusup ke penjara Impel Down. Luffy berusaha menyelamatkan Ace yang dikurung di level 6. Tidak mudah bagi Luffy untuk menyelamatkan Ace, beruntung dia bertemu dengan sosok yang tidak diduga salah satunya adala Bon Clay. Bon Clay rela menyelamatkan nyawa Luffy yang sekarat akibat terkena racun dari Magellan.

Youtube.com

Bon Clay berusaha membawa Luffy ke tempat yang memiliki persediaan obat. Namun, di tengah jalan Bon Clay diserang oleh segerombolan serigala. Kalah jumlah, Bon Clay pun tidak bisa berbuat apa-apa. Melihat temannya tidak berdaya, dengan menggunakan sisa tenaga terakhir Luffy bangkit dan menggunakan Conqueror Haki miliknya untuk mengusir para serigala tersebut.

Shanks Tiba Di Kapal Whitebeard

Momen dimana Shanks tiba di kapal Whitebeard merupakan salah satu momen yang paling badass dan epik dalam penggambaran Conqueror Haki. Diperlihatkan bagaimana Shanks, dengan kekuatan Conqueror Hakinya yang sangat luar biasa, mampu merusak sedikit bagian dari kapal Moby Dick selain juga berhasil membuat sebagian besar kru Whitebeard tidak sadarkan diri.

Aminoapps.com

Kembali  kita melihat kedahsyatan dari Conqueror Haki setelah Shanks mengintimidasi Sea Kings. Ini merupakan momen pertama kali dimana kita melihat Conqueror Haki mampu mempengaruhi juga lingkungan sekitarnya, seperti mampu merusak bagian kapal. Hal tersebut membuktikan seberapa dahsyatnya Conqeueror Haki yang dimiliki oleh Shanks.

Doflamingo Menghabisi Pasukan G-5

Onepiecegold.com

Selain Shanks dan Luffy, dalam cerita One Piece ada beberapa karakter lainnya yang juga memiliki kemampuan Conqueror Haki, salah satunya adalah Donquixote Doflamingo. Dofy memang dikenal sebagai salah satu mantan Shichibukai terkuat berkat kemampuan dan kekuatannya. Dalam arc Alabasta, kita melihat bagaimana Dofy menggunakan Conqueror Haki untuk melumpuhkan pasukan angkatan laut yang berusaha menyerangnya.

Luffy Taklukan 50.000 Pasukan Manusia Ikan

Dalam arc pulau manusia ikan, Luffy sempat bertemu dengan seorang manusia ikan yang merupakan bagian dari kelompok bajak laut Matahari yang baru, yaitu Hody Jones. Hody benar-benar sangat membenci manusia, akibat perselisihan diantara kedua ras tersebut yang sudah berlangsung selama ratusan bahkan ribuan tahun. Hal ini pun berlaku ketika Hody bertemu dengan kelompok Topi Jerami.

Comicvine.gamespot.com

Kelompok Topi Jerami kemudian harus menghadapi serangan dari pasukan Hody Jones. Secara jumlah, kelompok Topi Jerami kalah telak karena jumlah pasukan Hody Jones lebih dari 50 ribu orang. Namun, ditengah kepanikan, Luffy maju kedepan tanpa berbicara dan langsung menggunakan Conqueror Haki miliknya. Ini adalah momen paling badass dari Luffy sejauh ini dalam penggunaan Conqueror Haki.

Luffy “Menghentikan” Eksekusi Ace

Setelah mengetahui Ace akan dieksekusi lebih cepat, Luffy dan beberapa karakter lain seperti Crocodile, Ivankov, dan sebagainya, dari penjara Impel Down pergi menuju Marineford. Mereka pun kemudian bergabung dengan pasukan whitebeard. Luffy sendiri maju sendirian menuju panggung eksekusi. Namun, tentunya tidak mudah bagi Luffy untuk mengentikan eksekusinya karena dia dikelilingi oleh angkatan laut.

Discoverdiary.com

Sampai ketika Sengoku memerintahkan algojo untuk memulai eksekusi, Luffy kemudian mengaktifkan Conqueror Haki miliknya. Momen ini menjadi epik, karena Luffy memperlihatkan kemampuannya tersebut di mata semua orang, dan akhirnya mereka menyadari bahwa Luffy bukanlaj bajak laut biasa. Disinilah Whitebeard menyadari bahwa mungkin Luffy adalah “orang yang dinantikan Roger”.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.