Sepanjang seri manga Dragon Ball Super berjalan, Goku sudah berkembang menjadi sosok yang jauh lebih kuat dari sebelumnya. Bahkan, sekarang Goku sudah setingkat dengan para dewa dan Angel dengan mampu menguasai teknil Ultra Instinct. Dan seperti biasa, selalu ada sosok yang berada satu langkah di belakang Goku yaitu Vegeta, yang merupakan sahabat sekaligus rival dari Goku.

Vegeta sendiri sampai saat ini masih belum mampu mengejar ketertinggalannya dari Goku mengenai kekuatan Ultra Instinct. Dan kemungkinan memang Vegeta tidak akan mampu untuk menguasai teknik tersebut. Whis sendiri mengatakan bahwa pola pikir dari Vegeta yang sangat berlebihan (overthinking) membuatnya sulit untuk bisa menguasai Ultra Instinct.

Tidak kecewa, Vegeta mencari cara lain untuk bisa mengejar ketertinggalannya. Dia sempat belajar mengenai Spirit Fission di planet Yardrat, namun sepertinya itu masih belum cukup untuk mengejar ketertinggalannya dari kemampuan Ultra Instinct Goku. Tapi, sekarang hal itu bukan menjadi masalah lagi, pasalnya di chapter 68 kemarin kita melihat Vegeta sudah menemukan alternatif lainnya untuk menandingi kemampuan Ultra Instinct.

CBR.com

Dalam chapter 68 kemarin diperlihatkan Goku mencoba unuk bertarung melawan Whis, demi menguji kemampuan Ultra Instinctnya. Namun, ternyata Whis memang bukan lawan yang seimbang bagi Goku. Whis menjelaskan bahwa ada banyak jenis dari Ultra Instinct. Goku harus mengembangkan gayanya sendiri untuk bisa menjadi lebih kuat.

Vegeta dan Beerus melihat proses pertarungan antara Whis dan Goku, dan Vegeta mengatakan bahwa dia tidak tertarik untuk mempelajari Ultra Instinct. Beerus kemudian mengungkapkan kepada Vegeta bahwa Ultra Instinct bukanlah satu-satunya teknik yang dimiliki oleh para dewa. Hal ini jelas membuat Vegeta terkejut, dan Beerus mengatakan bahwa Ultra Instinct sebenarnya lebih cocok untuk para Angel.

Beerus kembali mengatakan bahwa para dewa kehancuran sebenarnya tidak tertarik dengan teknik Ultra Instinct yang dianggap kurang cocok untuk gaya bertarung para dewa penghancur. Vegeta pun memaksa Beerus untuk mengatakan lebih banya lagi, namun Beerus menolak dengan menjelaskan bahwa dia bukanlah seorang pelatih. Beerus kemudian pergi dari hadapan Vegeta.

Namun, sebelum jauh, Beerus memberikan petunjuk kepada Vegeta untuk mengikutinya. Ini mengindikasikan bahwa Beerus akan mengajarkan Vegeta teknik lainnya yang setara dengan Ultra Instinct. Bagaimana Vegeta akan mengejar ketertinggalannya dari Goku yang sudah menguasai Ultra Instinct, masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Apakah Beerus akan mengajari Vegeta teknik dewa lainnya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya di chapter selanjutnya yang akan dirilis pada 19 Februari 2021 mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.