Kekkei Genkai merupakan kekuatan yang spesial yang hanya bisa dimiliki oleh sebagian kecil orang saja dalam dunia Naruto, berkat adanya anomali atau sesuatu yang aneh dan tidak biasa dalam DNA mereka. Disebut juga sebagai Bloodline Limit, kekuatan kekkei Genkai bisa dilakukan melalui sebuah Jutsu visual, misalnya adalah Sharingan, atau kombinasi dari dua transformasi alamiah, seperti Wood Release.

Dalam lingkup kekuatan Kekkei Genkai sendiri, tidak semua kekuatan super tersebut mendapatkan fokus atau sorotan dalam cerita yang cukup. Sebagian diantaranya dianggap sebagai underrated Kekkei Genkai, padahal kekuatannya sangat luar biasa. Salah satunya adalah Boil Release atau pelepasan uap panas. Boil Release juga merupakan salah satu Kekkei Genkai yang underrated.

Hiro Studios

Kemampuan ini dimiliki oleh beberapa shinobi saja, seperti Han, yang merupakan mantan jinchuriki dari monster ekor lima, atau Mei Terumi, sang Muzukage kelima dari desa Kirigakure. Naruto dan Sasuke juga sebenarnya memiliki kemampuan dari Kekkei Genkai ini. Kemampuan pelepasan uap panas tersebut membuat penggunanya bisa menghancurkan apapun.

https://weareawesomeness.wordpress.com/

Ketika Kekkei Genkai ini digunakan oleh Naruto, secara seketika kemampuan ini memberikan tenaga yang sangat luar biasa kepada Naruto. Mirip seperti kemampuan teknik Eight Inner Gates. Teknik pelepasan uang panas ini pernah digunakan oleh Naruto saat bertarung melawan Kaguya. Naruto menggunakan teknik ini untuk melepaskan diri dari serangan Kaguya.

Naruto mampu memanipulasi uap panas yang dia keluarkan sampai pada satu titik dimana dia bisa menghancurkan benda-benda yang kuat. Lalu, bagaimana sebuah teknik pelepasan uap panas tersebut bisa dimunculkan? Seorang shinobi harus menggabungkan pelepasan air dan juga pelepasan api untuk bisa melakukan pelepasan uap panas.

Berbeda dengan Kekkei Genkai lainnya, teknik pelepasan uap panas ini sangat unik karena masing-masing penggunanya akan menghasilkan kekuatan yang berbeda. Karena itulah, pelepasan uap panas ini menjadi Kekkei Genkai yang paling beragam dari semuanya. Selain ketika Naruto menggunakannya melawan Kaguya, Mei Terumi juga pernah menggunakan teknik ini yang dikombinasikan dengan jutsu asam yang bersifat korosif.

https://narutoversity.wordpress.com/

Teknik tersebut nyatanya cukup mampu untuk membuat Susanoo Sasuke meleleh. Mei bisa mengatur keasaman dari uap yang dia keluarkan. Efek samping dari teknik pelepasan uap ini adalah siapapun yang ada di sekitarnya, juga akan terkena efek dari pelepasan uap ini (kecuali si pengguna). Mereka yang aman adalah yang berdiri di belakang penggunanya.

Teknik pelepasan uap panas ini memiliki efek positif selain mampu melumpuhkan musuh. Penggunanya bisa saja meningkatkan kecepatan dan power dari serangannya, seperti yang terjadi kepada Han. Kesimpulannya adalah Kekkei Genkai dari pelepasan uap ini sebenarnya adalah teknik yang sangat mengerikan, yang kurang banyak mendapatkan apresiasi.

Naruto pernah mengombinasikannya dengan teknik Shuriken saat melawan Kaguya, dan cukup efektif. Pelepasan uap adalah teknik yang sangat efektif jika dikombinasikan dengan teknik lainnya yang dimiliki oleh Naruto. Oleh karena itulah, teknik pelepasan uap ini menjadi salah satu Kekkei Genkai terkuat yang dimiliki oleh Hokage Naruto sekarang.

Hiro Studios