Pertarungan yang melelahkan melawan Isshiki Otsutsuki akhirnya selesai. Isshiki tewas di tangan Kawaki, yang ironisnya dia panggil untuk segera memindahkan Karmanya. Kawaki nyatanya mampu melawan Isshiki, meskipun perbedaan level kekuatan mereka sangatlah jauh berbeda. Kawaki dengan cerdas mampu memanfaatkan situasi dimana Isshiki hanya bisa hidup dalam beberapa menit lagi akibat serangan Naruto.

Seperti yang kita ketahui, Naruto tidak mampu untuk menghadapi Isshiki. Bahkan dengan adanya Sasuke – bahkan Boruto – pun mereka tetap tidak mampu melawan Isshiki. Melihat situasi ini, Naruto mau tidak mau setuju dengan penawaran dari Kurama, untuk menggunakan teknik rahasia yang dia simpan. Teknik tersebut adalah mode Baryon.

Seperti dijelaskan di chapter 53, mode Baryon ini menyatukan secara langsung chakra Naruto dan Kurama, yang mana artinya Naruto berpeluang untuk tewas. Dan hal ini terlihat di akhir pertarungannya, dimana Naruto langsung lemas dan tidak berdaya menghadapi Isshiki. Namun, sampai di awal cerita chapter 54, Naruto mulai kehilangan kesadarannya.

Aminoapps.com

Dalam chapter terbaru ini kita melihat Naruto yang berusaha untuk bangkit, setelah melihat Boruto yang diambil alih oleh Momoshiki. Namun, nyatanya Naruto terlalu lemah untuk sekedar berdiri. Tidak berapa lama kemudian dia pun tidak sadarkan diri, tertidur di tanah. Kawaki yang pertama kali menyadari kondisi dari Naruto, dimana dia terlihat sangat khawatir dengan sosok Naruto.

Kawaki mencoba memberi tahu Sasuke mengenai kondisi Naruto, namun dengan situasi yang genting tersebut, Sasuke lebih memilih untuk berfokus mengembalikan kesadaran Boruto dari Momoshiki. Dilihat dari ekspresinya Sasuke sendiri sepertinya sudah mengetahui/menyadari efek dari mode terbaru Naruto tersebut. Sasuke sendiri menganggap Naruto hanya tidak sadarkan diri saja.

Setelah semuanya selesai Sasuke kembali mengecek keadaan Naruto. Namun, dia terlihat kaget melihat kondisi Naruto. Bila dilihat dari ekspresinya bisa dipastikan kondisi Naruto sendiri saat ini sedang dalam posisi sekarat, artinya dia sudah berada di ambang batas kekuatannya.  Apakah ini artinya nyawa Naruto sudah tidak akan lagi tertolong?

Kondisi tersbeut diperparah dengan Rinnegan Sasuke yang sekarang sudah rusak, akibat ditusuk oleh Momoshiki. Artinya mereka akan kesulitan untuk kembali ke Konoha. Sebenarnya ada satu jalan lainnya, yaitu menggabungkan Karma Kawaki dan Boruto, sehingga membentuk sebuah portal seperti yang pernah mereka lakukan secara tidak sengaja.

Bagaimana mungkin Kawaki memiliki Karma? Bukankah Karma Isshiki sudah tidak ada? Seperti penjelasan dari Momoshiki. Setiap Karma yang ditanam di tubuh seseorang, meskipun sudah diekstraksi atau dikeluarkan, data-datanya masih ada. Artinya, Boruto dan Kawaki masih bisa membuat sebuah portal menuju Konoha. Tapi, apakah mereka sanggup melakukannya, mengingat mereka berdua terluka parah dan kelelahan. Itu yang menjadi pertanyaan besar. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana nasib dari Naruto selanjutnya.

Featured image: pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.