Attack Titan merupakan salah satu dari sembilan jenis Titan Ymir yang ada di cerita Attack on Titan. Dulu, Attack Titan adalah sesuatu yang sangat mengerikan dan misterius bagi para penduduk di dalam tembok pulau Paradis. Namun, sekarang Attack Titan sudah menjadi pahlawan bagi mereka, baik secara harfiah maupun kiasan.

Di musim keempat ini kita melihat pemilik kekuatannya, Eren Yeager, justru tenggelam dalam jalan yang lebih gelap dari sebelumnya, menghilangkan dan menghapuskan semua idealisme yang dia miliki saat usianya masih muda. Tapi, bukan hanya Eren yang perlu dikhawatirkan. Attack Titan sendiri sekarang sudah memiliki hasrat atau keinginan gelapnya sendiri, yang mana memunculkan spekulasi bahwa Attack Titan adalah perwujudan dari sang Iblis.

Hiro Studios

Bahkan, secara sekilas pun rasanya sulit untuk tidak melihat adanya kemiripan dari bagian wajah Attack Titan dengan sang Iblis yang ada dalam mitologi penduduk Eldian – sosok iblis yang muncul dalam buku cerita anak-anak di Eldian, yang memberikan kekuatan Titan kepada Ymir Fritz 2.000 tahun yang lalu.

Zip.news

Attack Titan versi Studio Mappa sepertinya memberikan penampilan yang sangat mirip dengan makhluk tersebut, dengan mulut yang berdarah-darah, telinga yang runcing, serta memiliki struktur wajah yang sangat mengerikan, seperti yang diperlihatkan di episode 6 kemarin. Namun, bukan berarti Attack Titan adalah sosok/wujud dari sang iblis tersebut. Yang perlu ditegaskan adalah Attack Titan kemungkinan besar adalah bentuk representasi/perwakilan dari hasrat sang Iblis di dunia.

Perlu diketahui bahwa pemilik Attack Titan sebelumnya, Eren Krueger, sempat memperdebatkan mengenai kebenaran dari Attack Titan, dengan menyebutkan bahwa semua itu hanyalah propaganda anti-Eldian saja (yang mana memang masuk akal mengingat para penduduk Eldian sering kali disebut sebagai kaum “iblis”).

Grisha Yeager, sosok yang dipilih oleh Eren Krueger menjadi penerusnya, menyebutkan bahwa semua hal yang berkaitan dengan Devil of All Earth dan Ymir Fritz, termasuk nama sebelumnya, sebenarnya berasal dari cerita para penduduk Eldian. Memang sangat sulit dibayangkan bahwa makhluk sebesar para Titan tersebut bisa memberikan hal lainnya kepada manusia selain dominasi, yang mana memang itulah maksud dari para penduduk Eldian (dulu) memanfaatkan kekuatan Ymir Fritz, yang tidak lain adalah membangun kerajaan Eldian.

Bukti lainnya yang mendukung koneksi antara Attack Titan dan sang Iblis berasal dari perkataan Eren. Eren selalu mengatakan bahwa dia harus “terus maju,” tidak peduli berpapaun harganya, apapun resikonya. Inilah yang membuat sebuah pertanyaan muncul, apa harga yang harus dibayar oleh para pemilik kekuatan Titan? Dan apa sebenarnya “peran” dari para Titan tersebut?

Reddit.com

Mengingat bahwa Ymir Fritz mendapatkan kekuatannya dari sosok yang diduga adalah sang iblis – kekuatan yang kemudian dibagi menjadi sembilan Titan – dan masing-masing pemilik kekuatan tersebut memiliki akses terhadap memori atau kenangan dari pemilik sebelumnya, muncul sebuah spekulasi bahwa masing-masing mereka (para Titan dan pewarisnya) memiliki salah satu dari tekad atau semangat Ymir Fritz dalam dirinya.

Attack Titan sendiri disebut memiliki keunikan dibandingkan sembilan Titan lainnya. Selain memiliki hasrat atau tekadnya sendiri, Attack Titan juga mampu melihat ke masa depan, yang dibuktikan dengan Eren Krueger yang mengetahui nama Armin dan Mikasa sebelum mereka lahir. Inilah mungkin kemampuan yang dibutuhkan untuk terus “maju kedepan,” sesuatu yang tertanam di bawah alam sadar siapapun pemilik kekuatan dari Attack Titan.

Jika kita kembali ke episode pertama yang berjudul “To You, 2.000 Years From Now” terdapat sebuah garis petunjuk yang sangat jelas dari Ymir kepada Eren. Attack Titan sepertinya memang sedari awal sudah ditakdirkan untuk berada di tangan Eren, mengetahui bahwa Erenlah yang akan mampu menjalani targetnya yang sebenarnya. Lalu, target apa yang dimaksud?

CBR.com

Dalam cerita mitologi Eldian, disebutkan bahwa Ymir Fritz menjalin kerja sama dengan sang iblis untuk kekuatan dan juga kebebasan. Dan biasanya, jika kita menjalin kesepakatan dengan sang Iblis, maka harus ada sesuatu yang diberikan sebagai upaya timbal balik. Dalam kasus ini, peristiwa Rumbling-lah yang menjadi keinginan dari sang iblis, sebuah kiamat atau kehancuran bagi semua manusia.

Pertanyaannya kemudian mengapa harus Eren? Seharusnya Ymir Fritz yang melakukan atau menginisiasi Rumbling tersebut, namun seperti yang kita ketahui Ymir tewas demi melindungi sang raja. Dengan kata lain, Ymir tewas secara “prematur” dimana dia belum menjalankan misinya. Hanya Attack Titan – yang mampu melihat ke masa lalu dan masa depan – yang mampu mewujudkan target tersebut.

Karena alasan itulah, Attack Titan – dan bukan Founding Titan – bisa dianggap sebagai Titan yang paling penting dari semuanya. Attack Titan adalah Titan yang akan menginisiasi peristiwa mengerikan tersebut, juga Attack Titan adalah personifikasi dari sang Iblis, meskipun hanya pada level simbolis saja. Founding Titan mungkin adalah orang yang mampu memberikan perintah untuk memulai pemusnahan dunia ini, namun Attack Titan memiliki kekuatan untuk bergerak diluar semua itu, merubahnya sesuai dengan keinginannya.

Berdasarkan semua itu bisa disimpulkan bahwa Eren Yeager saat ini adalah orang yang paling berbahaya di dunia. Eren mungkin tidak menyadari bahwa ada sesuatu yang mengerikan bangkit dari dalam dirinya. Apakah Eren kemudian akan “terjebak” dalam lubang mengerikan tersebut? kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya.

Hiro Studios