Eiichiro Oda dikenal akan kemampuannya dalam memberikan petunjuk mengenai apa yang akan terjadi di chapter selanjutnya melalui peristiwa di chapter sebelumnya, tanpa disadari oleh para fans. Dan ini seolah sudah menjadi pola tersendiri dan menjadi ciri khas dari Eiichiro Oda dan One Piece. Karena itulah, para fans saat ini tidak pernah membaca dengan biasa saja.

Biasanya mereka akan melihat setiap detail – baik dari dialog, pakaian, pola di pakaian, benda, dan sebagainya – yang muncul di setiap panel. Dan hal ini juga nyatanya terbukti di arc Wano ini. Menurut pengamatan salah satu fan, LogicalGoal5, ternyata apa yang terjadi di arc Wano sebenarnya sudah diberikan petunjuk di arc sebelumnya, yaitu Thriller Bark.

Ada beberapa bukti berupa kesamaan/paralel yang dimunculkan di arc Thriller Bark dan wano. Pertama adalah kemampuan menghilang absalom yang mirip dengan kemampuan Raid Suit milik Sanji. Kemampuan untuk menghilang merupakan mimpi terbesar dari Sanji. Itulah mengapa kemudian Sanji sempat marah kepada Absalom yang “mencuri” impiannya.

Reddit.com

Meskipun ada perbedaan diantara kedua hal ini – Sanji mampu menghilang akibat bantuan alat, sedangkan Absalom menghilang akibat buah iblis Suke Suke – namun, pada intinya poinnya tetap sama. Kemudian yang kedua adalah hiasan kepala babi di tembok dengan dua pedang. Hal ini seolah memberikan gambaran mengenai peristiwa ketika Oden mengalahkan dewa gunung (babi raksasa) dengan Enma dan Ame no Habakiri.

Di arc Wano kita diperkenalkan dengan sosok kelompok bajak laut mengerikan bernama Rocks D. Xebec. Rocks muncul sebelum era Roger, dan bubar setelah kekalahan mereka di God Valley 38 tahun lalu. Ada banyak nama besar yang pernah menjadi bagian dari kelompok Rocks, seperti Wang Zhi, Silver Axe, Captain, John, Big Mom, Kaido, bahkan whitebeard.

Jika ketiga lainnya menjadi Yonko alias penguasa samudera, anggota lainnya diketahui sudah tewas. Dan yang menarik, apa yang diungkapkan oleh Sengoku mengenai anak buah Rocks nyatanya mirip dengan zombie yang ada di Thriller Bark. Mereka adalah Captain John, Silver Axe, dan Wang Zhi. Arc Wano juga memperkenalkan sosok monster yang dibuat di Punk Hazard – namun gagal – yang kemudian disebut Numbers. Numbers sendiri nyatanya ada di Thriller Bark bersama pasukan zombie lainnya, yang menggambarkan pasukan para Zoan.

Quora.com

Di Thriller Bark juga terdapat zombie dari Oars, yang dipercaya pernah menjadi bagian dari Numbers. Namun, masih belum diketahui kebenarannya. Nami yang mengaku sebagai laki-laki, seolah memberikan petunjuk tentang sosok Kikunojo, seorang pria dengan hati wanita. Lalu, apa lagi yang muncul di Thriller Bark yang bisa menjadi petunjuk untuk arc Wanokuni?

Pertama kita melihat Luffy berhasil mengalahkan Cerberus. Apakah artinya Blackbeard akan muncul di pertempuran puncak? Kemudian kita juga mungkin akan melihat sesuatu yang sangat mirip dengan Nightmare Luffy, momen ketika Luffy dimasuki 1000 bayangan sekaligus. Mungkin juga pertarungan Luffy melawan Kaido nanti akan sama seperti pertarungannya melawan Oars dulu.

Kita juga mengenal sosok Ryuma di Thriller Bark, yang mana dia menjadi zombie. Mungkin Zoro akan mengisi peran dari Ryuma tersebut. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Thriller Bark memang memberikan petunjuk tentang arc Wanokuni? Atau semuanya hanya kebetulan?

Featured image: aiktry.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.