Monkey D. Garp, pria yang memiliki julukan pahlawan angkatan laut dan juga merupakan ayah dan kakek dari Monkey D. Dragon dan Monkey D. Luffy. Garp merupakan salah satu karakter legendaris dalam cerita One Piece, selain Roger, Shiki, dan juga beberapa karakter lainnya. Meskipun tidak terlalu banyak informasi tentang masa lalu Garp yang terungkap, namun dia tetap menjadi salah satu karakter favorit para fans.

Dengan usianya yang sudah sangat tua, para fans sendiri penasaran apa kira-kira cerita yang sudah disiapkan oleh Eiichiro Oda selaku kreator serinya terhadap sosok Garp. Apakah dia akan kembali ke kampung halaman, atau ada tujuan lain dalam hidupnya. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai kemungkinan masa depan Garp.

Garp vs Rocks

Pertempuran Garp dengan Rocks D. Xebec dan krunya, diketahui merupakan pertempuran  terlama Garp karena terjadi sekitar puluhan tahun yang lalu. Pada saat itu, Garp masih menjadi wakil admiral. Dengan bantuan dari Roger, Garp berhasil mengalahkan Rocks yang sangat luar biasa. Pertarungan melawan Rocks bukanlah pertarungan yang biasa, dan Rocks juga bukanlah seorang bajak laut biasa.

Quora.com

Seperti diungkapkan oleh Sengoku, Rocks adalah bajak laut legendaris sebelum Roger yang dikenal sangat kejam. Dia juga merupakan kapten dari beberapa karakter populer seperti Big Mom, Whitebeard, Golden Shiki, Kaido, dan masih banyak lainnya. Peristiwa peperangan melawan Rocks, terjadi disebuah wilayah bernama God Valley. Dan berkat hal ini pertempuran ini kemudian disebut sebagai peristiwa God Valley.

Kemenangan melawan Rocks ini pula yang kemudian membawa Garp mendapatkan julukan sebagai pahlawan angkatan laut. Berkat jasanya ini, pihak angkatan laut sempat ingin mengangkatnya sebagai seorang admiral. Namun, Garp menolak tawaran tersebut. Dia tidak ingin berada di bawah kendali para kaum naga langit.

Posisinya di Angkatan Laut

Dengan kekuatannya yang dahsyat, banyak yang mengatakan bahwa Garp bisa mengalahkan seorang admiral. Dan seperti yang disebutkan di atas, meskipun dia mendapatkan promosi untuk menjadi admiral, dia menolak tawaran tersebut. Lalu, apakah Garp bisa menangkap kelompok Topi Jerami? Berdasarkan apa yang  terjadi di akhir arc Water 7, hal itu bisa saja dilakukan.

Hitlava.com

Garp sebelumnya muncul untuk menemui Luffy, yang dikabarkan terluka. Dan seperti yang dia ungkapkan, meskipun dia adalah seorang angkatan laut, dan seharusnya menangkap Luffy, karena dia adalah cucunya maka dia tidak akan melakukan apapun. Selain bertemu Luffy, dia juga mengantarkan Coby yang merupakan temannya.

Di akhir cerita, Garp kembali muncul di Water 7 tapi kali ini dia mendapatkan perintah untuk menangkap Luffy. Dengan kekuatannya, dia melemparkan bola meriam seperti bola kasti. Dan hal itu membuat para kru Topi Jerami sedikit ketakutan dan panik. Namun, pada akhirnya mereka bisa kabur dan selamat. Garp pun memuji kelincahan dari Luffy dan mendoakannya yang terbaik. Dibalik semua itu, Garp sebenarnya sedikit bangga dengan “prestasi” cucunya.

Garp dan Ace

22 tahun sebelum cerita One Piece dimulai, Gol D. Rogers memutuskan untuk menyerahkan dirinya ke angkatan laut. Dan beberapa hari kemudian dia pun menemui ajalnya dengan cara dieksekusi. Tapi, sebelumnya dia sempat bertemu dengan rival yang juga sudah dianggap sebagai partnernya, yaitu Garp, Roger mengatakan bahwa dia mempercayai Garp, sama halnya seperti dia mempercayakan krunya.

Roger mengatakan kepada Garp untuk menjaga dan merawat calon anaknya. Roger mengatakan bahwa seorang anak tidak harus menanggung beban dosa dari ayahnya. Dan Garp setuju akan hal itu. Itulah alasan mengapa Garp akhirnya mau merawat Ace. Banyak orang yang kemudian bertanya mengapa Ace tidak dipercayakan kepada Rayleigh atau krunya yang lain. Hal itu dikarenakan dengan kemunculan Rayleigh atau krunya yang lain akan memunculkan kecurigaan

Twitter.com

Seperti yang diketahui, setelah Roger dieksekusi, angkatan laut mulai mencari secara besar-besaran anak yang diduga adalah anak dari Roger. Itulah mengapa kemudian Rogue mengandung Ace lebih lama dari biasanya. Dia menghindari kecurigaan angkatan laut. Namun, meskipun kemudian Ace dirawat oleh Garp, tidak selamanya dia bisa berada di samping Ace. Dia kemudian menitipkannya kepada Dadan, seorang penjahat gunung yang juga rekan dari Garp.

Sama halnya seperti Luffy, Garp berharap jika Ace akan menjadi seorang angkatan laut yang hebat dan kuat. Namun, pada akhirnya Ace lebih memilih jalannya sebagai seorang bajak laut. Meskipun begitu, Garp tidak sedikitpun benci kepada Ace. Dia justru tetap mencintai Ace sama besarnya seperti Luffy.

Pergolakan Hati Garp

Momen eksekusi Ace adalah momen yang paling berat dan paling besar dalam hidupnya. Di satu sisi, dia mencintai pekerjaannya sebagai seorang angkatan laut. Dia sangat menghormati pekerjaannya. Tapi, di satu sisi, ada “cucunya” yang bersiap untuk dieksekusi mati. Garp benar-benar berubah total 180 derajat ketika dia melihat Ace dieksekusi oleh angkatan laut.

Tidak ada lagi tawa dan candaan dalam diri Garp, selain tangisan dan air mata. Dalam diri Garp, dia tentunya sangat ingin menyelamatkan nyawa Ace. Tapi, ada tanggung jawab besar sebagai seorang angkatan laut yang juga harus diemban oleh Garp. Itulah kemudian yang menjadi pergolakan dalam hati Garp. Dia tidak tahu harus berbuat apa, dan yang pasti dia merasa bahwa dia sudah mengecewakan sosok yang sudah memercayakan Ace padanya, Roger.

Twitter.com

Pergolakan hati Garp juga semakin memuncak ketika dia melihat Luffy berlari ke arah panggung eksekusi. Luffy adalah cucu kesayangannya, yang selalu dia cintai. Meskipun tugas memanggil, pada akhirnya rasa cinta pada keluarga yang membuat Garp tidak mampu berbuat apa-apa. Luffy menghajar wajah Garp, untuk kemudian bisa merangsek terus sampai ke atas.

Luffy memang sempat berhasil menyelamatkan Ace, namun pada akhirnya takdir berkata lain. Akibat termakan hasutan Sakazuki, Ace pun mencoba bertarung melawannya. Pertarungan diantara mereka sebenarnya cukup seimbang, sampai kemudian Sakazuki menggunakan teknik “curang.”

Dia mengarahkan serangannya ke arah Luffy. Melihat hal itu Ace dengan sigap mengorbankan nyawanya untuk melindungi sang adik. Kembali, pergolakan hati Garp muncul dimana dia hampir saja lepas kendali dan menghajar Sakazuki. Beruntung Sengoku berhasil menahannya.

Masa Depan Bagi Garp

Garp saat ini lebih memilih untuk melatih para angkatan laut muda. Dia mempersiapkan semuanya dan mengajarkan semua yang dia ketahui. Mungkin akan ada perang antar angkatan laut yang memiliki dua pandangan berbeda. Mereka yang percaya pada Sakazuki, dan mereka yang percaya pada Garp dan yang lain – seperti organisasi rahasia SWORD.

Aminoapps.com

Selain dari sisi kekuatan, Garp juga mencoba untuk melatih pikiran mereka agar tidak terjebak dalam pikiran yang sama dengan Sakazuki dan yang lain. Dia mencoba untuk membentuk angkatan laut muda untuk menjadi seorang angkatan laut yang baik. Inilah yang kemudian membuat Coby menjadi seperti sekarang.

Memang, banyak yang kemudian beranggapan bahwa Garp mungkin akan tewas sebelum cerita One Piece berakhir. Pada dasarnya, Garp sudah sangat tua. Dan sebelum Garp benar-benar tewas. Mungkin akan ada satu waktu dimana dia harus kembali membuat keputusan. Menjalani tugasnya sebagai angakatan laut, atau melindungi cucunya. Dan ketika momen itu terjadi, mungkin dia sudah tidak peduli lagi dengan pekerjaannya dan lebih memilih keluarga.

Featured image: comicvine.gamespot.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.