Apa sebenarnya alasan Monkey D. Dragon membentuk Pasukan Revolusi? Mengapa dia sangat membenci Pemerintah Dunia? Dua pertanyaan itu masih menjadi misteri sampai saat ini, meskipun untuk alasan kedua mungkin kita sudah bisa menebak alasannya, tidak lain adalah karena kesewenang-wenangan mereka dan juga kekuasaan yang berada di atas hukum.

Pasukan Revolusi adalah organisasi yang ditakuti dan dianggap sebagai sebuah ancaman besar oleh pihak Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Mereka menganggap bahwa Pemerintah Dunia sudah menghancurkan tatanan hidup yang terbangun sejak ratusan tahun lalu. Namun, tentunya Dragon tidak serta merta membuat Pasukan Revolusi dan membenci pihak naga langit. Pasti ada alasan kuat dibalik itu.

Banyak teori yang mencoba menggali dan menjawab semua teka-teki tersebut. Misalnya teori bahwa Dragon meneruskan perjuangan yang sudah dilakukan nenek moyangnya dulu dari klan D. Dragon juga dispekulasikan membalas dendam atas kehancuran Kerajaan Kuno. Mungkin yang dirasa lebih realistis adalah Dragon tidak tahan dengan sikap kaum naga langit yang sangat menyiksa orang-orang.

http://animefocalpoint.blogspot.com/

Berbicara mengenai hal tersebut, terdapat teori lainnya yang menyebutkan bahwa dulunya Dragon adalah bagian dari angkatan laut. Dia dulu menjadi angkatan laut di bawah pengawasan sang ayah, Monkey D. Garp. Dan menurut teori ini, Dragon sempat terlibat dalam peristiwa di God Valley. Ada beberapa poin yang diperlihatkan dalam teorinya, pertama adalah usia.

Monkey D. Dragon lahir 55 tahun yang lalu dan insiden God Valley terjadi sekitar 38 tahun yang lalu di sebuah pulau bernama God Valley. Artinya saat peristiwa tersebut usia dari Dragon masih 17 tahun. Untuk alasan yang masih belum diketahui, para naga langit tersebut bersama budak-budaknya ada di God Valley, dan kelompok bajak laut Rocks D. Xebec pun mulai menyerang.

Demi melindungi para naga langit tersebut dari gempuran Rocks, Garp akhirnya terpaksa bekerja sama dengan Gol D. Roger. Dalam teori ini, diceritakan bahwa Dragon muda yang masih merupakan rekrutan baru angkatan laut kemudian menjadi salah satu bawahan sang ayah. Dragon pergi ke God Valley dan melihat fakta-fakta yang mengerikan di depan matanya sendiri.

Sotaku.com

Dia melihat bagaimana kekejaman dan tidak ada prikemanusian dalam diri kaum naga langit. Semua hal-hal mengerikan yang dia lihat itulah yang kemudian menjadi awal mula Dragon mulai menghilangkan kesetiaannya kepada angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Sejak saat itulah Dragon berpikir untuk mulai mengubah semua itu, namun dia sadar dia tidak bisa mengubahnya dari dalam.

Dragon berpikir bahwa perlu ada pihak “oposisi” untuk bisa menandingi hal tersebut. Dan akhirnya Dragon pun mulai berpikir untuk membentuk Pasukan Revolusi. Dragon meyakini bahwa di luar sana pasti ada orang-orang yang memiliki tekad yang sama dengannya namun mereka hanya bisa berjuang sendiri. Dan dengan dibangun sebuah gerakan atau organisasi, mereka bisa mulai bergerak bersama-sama.

Menarik memang mencari tahu apa alasan Dragon sangat membenci Pemerintah Dunia dan secara spesifik adalah kaum naga langit. Mudah-mudahan saja sebelum cerita One Piece selesai, Oda Sensei akan memberikan penjelasan mengenai hal ini. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Featured image: cutewallpaper.org

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.