Setelah dinanti-nanti, akhirnya para pasukan Scouts kembali hadir di episode 6 musim keempat Attack on Titan Episode 6 untuk membantu rencana besar dari Eren Yaeger di Liberio. Kemunculan dari para pasukan Scouts ini benar-benar disambut positif oleh para fans. Bukan hanya dalam episode ini kita kembali melihat mereka setelah sekian lama, namun juga kemunculan kembali mereka yang sangat eksplosif.

Disaat Eren terlihat kalah akibat serangan dari War Hammer Titan, muncul sosok Mikasa – dengan penampilan baru – dari atas dan langsung menghancurkan Titan milik keluarga Tybur tersebut. Sedangkan para pasukan Scout yang lain pun ikut muncul di belakang. Pertarungan  yang tiba-tiba muncul di Liberio tersebut sebenarnya sudah diantisipasi oleh pihak militer Marley.

jabarekspress.com

Namun, kemunculan sosok Attack Titan dan juga War Hammer Titan, ditambah kecepatan yang dimiliki oleh pasukan Scouts membuat militer Marley terkejut dengan serangannya. Empat tahun berlalu sejak cerita di akhir musim ketiga dan awal musim keempat, perubahan terjadi bukan hanya dari segi penampilan para Survey Corps, Tapi juga bagaimana mereka bertarung, dimana diperlihatkan mereka terlihat lebih efektif.

Selain disuguhkan oleh aksi menarik dari keluarga Ackerman, kita juga melihat karakter lainnya seperti Sasha, Conny, dan Jean. Dan disaat Eren hendak memakan tubuh asli dari War Hammer Titan, tiba-tiba Jaw Titan milik Pollco muncul dan menghentikan Upaya Eren. Tapi, disinilah “masalah” mulai muncul. Mikasa meminta Eren untuk berhenti dan kembali ke Paradis.

Selain itu, Mikasa juga mengingatkan kepada Eren bahwa rencananya tersebut justru membuat para penduduk Eldian lainnya menjadi korban. Tidak peduli apakah itu wanita, orang tua, atau anak-anak. Sayangnya, Eren tidak mendengarkan semua ucapan Mikasa. Eren justru tertegun sambil tetap berusaha untuk mendapatkan kekuatan dari War Hammer Titan.

CBR.com

Sebagian fans mungkin beranggapan bahwa Eren sengaja meninggalkan empati dan simpatinya demi sebuah operasi militer penting, dan juga hal itu merupakan bagian dari latihan yang dia jalani.  Namun, tetap saja , apa yang diperlihatkan Eren di episode tersebut seolah-olah memperlihatkan bahwa Eren yang kita kenal selama ini sudah “menghilang” demi sebuah “misi”.

Dan fakta di lapanganpun berbicara demikian. Sebagian dari tim Survey yang ikut dalam misi penyerangan ini tidak sependapat dengan rencana Eren. Mereka sebenarnya enggan jika harus menghadapi penduduk Eldian lainnya. Namun, sebagian pasukan lainnya mencoba melihat dari sudut pandang Eren: selama ini Marley sudah dengan leluasa dan kejam menghabisi para penduduk Paradis, jadi wajar jika mereka harus merasakan apa yang dirasakan para penduduk Paradis.

Dengan Eren yang memiliki rencana mengerikan tersebut, disharmoni antara pasukan Survey Corps pastinya tidak terhindarkan. Apakah para pasukan Scout tersebut akan tetap pada jalannya? Ataukah masalah perbedaan pandangan ini akan semakin membesar dan justru menghancurkan mereka? Kita nantikan saja di episode selanjutnya ya Geeks!

Featured image: uhdwallpaper.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.