Arc Wano merupakan arc terbesar kedua setelah Marineford. Namun, bisa jadi sebenarnya Arc Wano justru lebih besar dibanding Marineford mengingat Oda Sensei pun mengatakan akan terjadi perang besar yang membuat apa yang terjadi di Marineford terlihat biasa saja. Tapi, bukan hanya masalah perang saja melainkan juga ada berbagai fakta-fakta menarik dan mencengangkan yang muncul di arc ini.

Salah satunya adalah fakta bahwa ada kelompok bajak laut yang sudah jauh lebih dulu berpetualang dan menjelajahi lautan, sebelum Gol D. Roger. Bahkan mereka pun dulunya merupakan kelompok bajak laut tempat para nama-nama besar berkumpul. Nama kaptennya adalah Rocks D. Xebec, yang menurut Sengoku dia adalah bajak laut paling kejam di lautan. Saking mengerikannya, namanya dihapus dari sejarah sehingga tidak banyak orang yang tahu tentang kelompok bajak laut ini.

Reddit.com

Whitebeard, Kaido, Big Mom, Shiki, dan beberapa nama legendaris lainnya ternyata dulu merupakan kru dari kelompok bajak laut Xebec. Rocks juga dianggap sebagai salah satu rival terbesar dari Gol D. Roger. Butuh kerja sama dari dua orang kuat, Gol D. Roger dan Monkey D. Garp, untuk bisa mengalahkan Rocks dan membuat seluruh krunya akhirnya bubar dan berpencar.

Menurut Sengoku, kru dari bajak laut Rocks sangat brutal dan terkenal akan tindak kekerasannya. Mereka juga tidak membedakan mana kawan dan mana lawan, semuanya terlihat sama sehingga mereka tidak ragu untuk membunuh rekannya sendiri. Bahkan di salah satu chapter, Whitebeard sendiri pernah menyebutkan jika luka yang diderita olehnya adalah akibat dari “orang itu.”

Meskipun Whitebeard bisa saja mereferensikan sosok Roger atau Shanks, tapi keduanya sangatlah berbeda dan Whitebeard pun bahkan sudah menganggap Roger sebagai temannya. Artinya tidak mungkin dia menyebut “orang itu” kepada Roger. Rocks D. Xebec bisa jadi merupakan orang yang dibicarakan oleh Whitebeard. Hal ini memunculkan spekulasi banyak orang tentang sosok Shanks, bahwa dia merupakan anak dari Xebec.

Berdasarkan teori salah seorang fans, yaitu pice0fshit, semua kekejaman dan semua hal yang sudah diungkapkan sejauh ini mengenai Rocks D. Xebec menjurus pada satu kemungkinan bahwa Shanks bisa saja memiliki koneksi dengan Rocks, dengan kata lain, dia adalah anak dari Rocks. Itulah kemudian alasan mengapa Shanks sangat khawatir ketika Blackbeard mencoba mewujudkan impian dari Rocks D. Xebec yaitu menguasai dunia.

Duniagames.com

Pertarungan antara Blackbeard dan Shanks, tentunya akan sangat dinantikan oleh para fans. Dan ketika momen tersebut terjadi, mudah-mudahan saja kita mendapatkan gambaran lebih jelas tentang Shanks dan juga Blackbeard. Namun, sebenarnya teori mengenai Shanks memiliki koneksi dengan Rocks sudah sejak lama muncul.

Menurut salah satu teori yang lain, dulu setelah kejadian di God Valley, Roger kemudian merekrut Ace yang masih bayi untuk ikut berpetualang bersamanya. Itulah mengapa Roger dan Rayleigh menyebutkan bahwa sudah lama mereka tidak melihat bayi, saat kehadiran sosok Momonosuke dan Hiyori di kapal Oro Jackson ketika Oden memutuskan bergabung.

Mungkin ini bisa jadi alasan mengapa hampir semua orang memberikan hormat atau mengenal sosok Shanks. Selain karena kemampuan dan kekuatannya ketika dia masih berpetualang, masa lalu atau kejadian historis inilah yang membuat Shanks terkenal. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana fakta sebenarnya mengenai koneksi antara Shanks dan Rocks D. Xebec.

Featured image: opfanpage.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.