Dengan seri manga One Piece yang sudah berhasil mencapai lebih dari 1000 chapter, tentunya ada banyak hal menarik diungkapkan dalam ceritanya, terutama dalam arc yang sedang berjalan sekarang yaitu arc Wano. Oda Sensei sendiri menyebutkan bahwa arc Wanokuni adalah arc yang paling besar dalam sejarah One Piece, setidaknya untuk saat ini. Bahkan, lebih besar dari pertempuran Marineford.

Selama arc Wanokuni berjalan, kejutan demi kejutan dimunculkan dalam ceritanya. Dan sepertinya sesuai dengan apa yang disebutkan oleh Oda Sensei, arc ini memang arc paling besar untuk saat ini dengan berbagai hal yang diungkapkan dalam ceritanya. Lalu, apa saja kejutan-kejutan yang sudah muncul selama arc Wano sejauh ini? Berikut adalah rangkumannya.

Kanjuro Adalah Pengkhianat

Sejak di arc Zou, para fans sudah bertanya-tanya siapa orang yang membocorkan keberadaan suku Mink sehingga mereka akhirnya harus menderita kekalahan, setelah Jack menyerang Zunesha. Aliansi Luffy dibuat penasaran siapa pengkhianat diantara mereka, karena mereka menganggap setiap rencana mereka seakan sudah diketahui oleh Orochi dan Kaido.

One Piece: Grandes Revelaciones del Arco de Wano | Cultture
Cultture.com

Pada awalnya suku Minks dituduh menjadi pengkhianat, namun setelah melihat apa yang mereka lakukan untuk menyelamatkan Raizo akhirnya kecurigaan tersebut sirna. Yang ironis adalah pada akhirya terungkap bahwa pengkhianat diantara mereka adalah salah satu dari Red Scabbards yang tidak lain adalah Kanjuro. Kanjuro ternyata merupakan bagian dari klan Kurozumi dan sudah lama bersama Red Scabbards dan menjadi informan bagi Orochi.

Adanya perjalanan Waktu

Seri One Piece sudah menghadirkan berbagai unsur-unsur unik dalam ceritanya. Kita sudah melihat kereta laut, zombie bayangan, kota di atas langit, dan juga konsep denden mushi yang mirip dengan perangkat gawai di era modern sekarang. Namun, meskipun serinya sangat dipenuhi oleh unsur-unsur fantasi, tidak ada yang menyangka bahwa di arc Wano kita akan diperkenalkan dengan konsep perjalanan waktu.

Aminoapps.com

Dalam ceritanya diperlihatkan bahwa Kozuki Toki, berasal dari era 800 tahun yang lalu. Dia memiliki buah iblis yang disebut Toki Toki no Mi yang membuatnya bisa pergi ke masa depan. Bukan hanya bisa membuat dirinya pergi ke masa depan, dia juga bisa mengirimkan orang lain pergi ke masa depan, seperti yang dia lakukan terhadap sebagian Red Scabbards dan Momonosuke. Yang menarik adalah meskipun Toki bisa pergi ke masa depan, dia tidak bisa kembali ke masa lalu.

Organisasi Rahasia SWORD

Selama ini, mungkin para fans hanya mengetahui bahwa agen rahasia seperti Cipher Pol merupakan organisasi yang hanya dimiliki oleh pihak Pemerintah Dunia saja. Namun, di arc Wano ini para fans dikejutkan bahwa pihak angkatan laut pun memiliki organisasi rahasia yang bernama SWORD. Organisasi tersebut dipimpin oleh X Drake, dan menyusup ke kelompok Beasts adalah salah satu misi mereka.

Gamek.vn

Yang juga tidak kalah menarik adalah SWORD ini bergerak tanpa diketahui oleh pihak angkatan laut sendiri bahkan Pemerintah Dunia. Menurut spekulasi yang ada, SWORD sengaja dibuat sebagai bentuk “perlawanan” terhadap sistem yang ada, dimana selama ini sistem tersebut dikuasai oleh pihak Pemerintah Dunia dan kaum naga langit. Masih belum banyak informasi mengenai organisasi SWORD ini.

Bukan Raftel, Tapi Laugh Tale

Sudah sejak lama nama pulau terakhir dalam cerita One Piece dikenal sebagai “Raftel”. Bahkan, dalam manga One Piece yang dijual di sleuruh dunia semua menyebutkan bahwa pulau terakhir tersebut bernama Raftel. Namun, pada akhirnya para fans mengetahui bahwa Raftel sebenarnya adalah pengucapan dari bahasa Jepang, setelah film One Piece: Stampede mengungkapkan nama “sebenarnya” dari Raftel yang ternyata adalah “Laugh Tale”.

Rjwriting.ink

Para fans sendiri kemudian penasaran mengapa Oda Sensei memberikan nama Laugh Tale untuk pulau terakhir tersebut, dan pada akhirnya dalam flashback Kozuki Oden kita pun mengetahui bahwa nama “Laugh Tale” berasal dari tawa Gol D. Roger ketika dia melihat Poneglyph terakhir di pulau tersebut. Bukan hanya Roger, seluruh krunya pun ikut tertawa bersamanya.

Buah Iblis Kaido

Bisa dibilang informasi mengenai buah iblis Kaido adalah salah satu kejutan yang paling besar dalam arc Wano. Selama ini, para fans mengetahui sosok Kaido adalah pemakan buah Mythical Zoan dimana tubuhnya mampu berubah wujud menjadi seekor naga. Hal itulah yang membuat para fans berspekulasi bahwa Kaido kemungkinan memakan buah iblis Ryu Ryu no Mi.

CBR.com

Namun, para fans dibuat terkejut saat Big Mom memberikan fakta mengenai buah iblis kaido di chapter 999. Menurut Big Mom, buah iblis Kaido ternyata adalah Uo Uo no Mi dan bukan Ryu Ryu no Mi. Uo sendiri adalah salah satu jenis ikan di Jepang, dan masih menjadi misteri mengapa kemudian Kaido bisa memiliki bentuk Zoan seperti naga. Banyak yang beranggapan bahwa hal ini ada kaitannya dengan cerita kuno Jepang mengenai ikan Koi yang menjadi naga setelah berhasil memanjat air terjun.

Warisan Bajak Laut Rocks

Mungkin dari semua fakta yang mengejutkan yang terungkap di sepanjang arc Wano, fakta mengenai bajak laut Rocks adalah yang paling besar. Selama ini kita mengetahui bahwa Gol D. Roger adalah bajak laut terhebat dan paling sukses.  Namun, faktanya adalah jauh sebelum Roger, terdapat kelompok bajak laut jauh lebih kejam, mengerikan, dan menjadi ancaman serius bagi Pemerintah Dunia.

Quora.com

Sosok tersebut tidak lain adalah Rocks D. Xebec. Hal yang tidak kalah menarik mengenai Rocks D. Xebec adalah dia merupakan kapten dari kru bajak laut legendaris seperti Big Mom, Kaido, Whitebeard, Shiki, dan masih banyak lainnya. Rocks adalah bajak laut paling kejam sehingga namanya dihapuskan dari sejarah dunia. Karena itulah tidak banyak orang mengetahui mengenai sosok Rocks.

Dia berencana menjadi penguasa dunia, namun berhasil digagalkan oleh Garp dan Roger. Pemerintah Dunia sendiri masih ketakutan jika para krunya kembali. Ketakutan tersebut tewujud saat kabar mengenai Big Mom dan Kaido yang menjalin kerja sama terdengar oleh semua orang, termasuk angkatan laut dan Pemerintah Dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.