Dalam serial WandaVision, kita diperkenalkan dengan sebuah organisasi baru bernama SWORD. Sebelum muncul di Wandavision, SWORD juga pernah dihadirkan secara singkat dalam post credit scene film Far From Home. Organisasi ini pertama kali diperkenalkan oleh Joss Whedon di komik Astonishing X-Men. SWORD sebenarnya bertugas untuk melindungi Bumi dari ancaman kosmik. Bisa dibilang SWORD mirip seperti SHIELD, hanya saja skala musuh yang dihadapi SWORD jauh lebih besar.

SWORD juga beroperasi secara rahasia. Bahkan tingkat kerahasiaan organisasi ini lebih tinggi dari SHIELD. Tugas SWORD adalah untuk mengawasi Bumi, dan mereka akan terjun langsung ke lapangan jika ada sesuatu yang berbahaya. Selain itu, SWORD menjadi perwakilan Bumi untuk urusan diplomatik dengan bangsa lainnya yang tinggal di planet lain. Dalam komik, SWORD dipimpin oleh Abigail Brand, seorang wanita yang memiliki campuran gen mutant dalam tubuhnya.

Abigail memimpin SWORD di sebuah kapal luar angkasa bernama The Peak. Kapal tersebut mengorbit di luar Bumi, dan menjadi pertahanan pertama ketika serangan alien terjadi. Tapi nih Geeks, The Peak pernah diceritakan hancur saat peristiwa Secret Invasion berlangsung. Untungnya, tidak lama, pihak pemerintah berhasil mengumpulkan dana dan membangun kembali The Peak dari awal.

image source: ign.com

Sebagai seorang pemimpin, Abigail tak jarang menempatkan agen-agennya untuk “berbaur” di kelompok superhero yang ia curigai memiliki hubungan dengan makhluk luar angkasa. Contohnya adalah Lockheed, yang Abigail tunjuk untuk mengawasi aktifitas X-Men. Saat ada yang tidak beres, maka Lockheed akan melaporkannya kepada Abigail Brand. Sebenarnya kisah SWORD saat menjaga Bumi dari ancaman makhluk luar angkasa cukup singkat. Pasalnya, mereka digantikan pada tahun 2015 lalu dengan sebuah organisasi atau program bernama Alpha Flight Space Program.

Alpha Flight Space Program dijalankan oleh Captain Marvel. Markas mereka, Triskellion, juga berada di luar angkasa. Alpha Flight memiliki cara kerja yang berbeda dibanding SWORD. Di sana, Captain Marvel menunjuk beberapa superhero untuk ikut bergabung dalam peperangan di galaksi. Sedangkan SWORD, mereka lebih berfungsi sebagai organisasi pertahanan dan pengawasan, dan mereka tidak akan ikut campur jika planet selain Bumi diserang.

Sementara itu di MCU, SWORD memiliki fungsi yang berbeda. Dalam serial WandaVision, SWORD tengah mengawasi segala aktifitas yang Wanda lakukan di realitas yang ia buat. SWORD versi MCU dipastikan berbeda dari komik. Poster WandaVision pun mengkonfirmasi bahwa SWORD telah “didesain ulang” untuk MCU. SWORD di MCU memiliki singkatan “Sentient Weapon Observation Response Division”. Dengan nama barunya tersebut, SWORD bertanggung jawab untuk memantau dan mengawasi manusia super. SWORD versi MCU sepertinya adalah evolusi dari Sokovia Accords, yang memandang bahwa manusia super adalah “senjata” sehingga patut diawasi.

Featured image: comicbook.com

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/