Karisma dan juga pesona dari Willy Tybur, keluarga dari pewaris War Hammer Titan, ternyata mampu menggerakan semua penduduk dunia untuk bertarung melawan pulau Paradis. Willy juga diketahui sangat mengetahui betul sejarah mengenai para Titan yang ada di dunia ini, dan tentunya perihal Eren Yeager yang menjadi ancaman dunia dengan Founding Titan miliknya.

Pertanyaanya kemudian darimana Willy mendapatkan semua informasi tersebut? Darimana Willy mengetahui bahwa Eren sudah berhasil merebut kekuatan Founding Titan dan bisa menjadi ancaman dunia dengan peristiwa Rumbling? Jawaban dari semua pertanyaan tersebut hanya satu dan sangat singkat yaitu Reiner Braun. Dialah yang yang bertanggung jawab atas semua informasi tersebut.

Seperti yang kita ketahui – dan diperlihatkan juga di episode sebelumnya – Reiner bersama tiga orang rekannya yaitu Annie, Marcell, dan Bertholt, dikirim oleh pasukan militer Marley untuk menyusup ke pulau Paradis. Apa tujuannya? Tidak lain adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai Founding Titan, dan siapa pemiliknya. Selain itu, jika memungkinkan, mereka harus bisa merebutnya.

Attack On Titan: What Was Willy Tybur's Motive? - Animehunch
Animehunch.com

Meskipun Marcel gagal dalam misinya, pada akhirnya mereka bertiga memutuskan untuk melanjutkan misi. Mereka berhasil menyusup masuk ke pulau Paradis, bahkan mereka menjadi bagian dari kelompok Survey Corps. Bertahun-tahun mereka menyamar, namun penyamaran mereka kemudian terbongkar. Dari ketiga orang tersebut, hanya Reiner yang berhasil kembali ke Marley.

Annie sendiri mengeras di dalam kristal dan ditahan di pulau Paradis, sedangkan Bertolt harus tewas dan dikonsumsi oleh salah satu pasukan Survey Corps, Armin. Dan tentunya sepulangnya Reiner ke Marley, dia pasti menceritakan semua informasi yang berhasil didapatkan termasuk informasi mengenai cerita Eren Yeager, kepada atasannya.

Lalu, bagaimana Willy bisa mengakses semua informasi tersebut? meskipun Willy adalah bagian dari bangsa Eldian, namun sebenarnya dia adalah sosok yang menggerakan semua hal yang terjadi di Marley. Secara tidak langsung keluarga Tybur adalah “pemimpin” dari Marley. Karena Willy sekarang adalah pemimpin dari keluarga Tybur, maka wajar jika kemudian dia mendapatkan akses informasi tersebut.

Ada hal menarik mengenai hal ini, dimana meskipun Willy mengetahui semua hal seluk-beluk mengenai Eren dan Titan, dia belum tahu bagaimana rupa dan wujud dari Eren karena mereka belum pernah bertemu. Satu-satunya momen ketika Willy dan Eren bertemu adalah ketika dia dimakan oleh Eren dalam form Attack Titan miliknya.

CBR.com

Yang luar biasa dari Willy adalah saat pidatonya, dia solah-olah sudah mengetahui dan sudah pernah bertemu dengan sosok Eren sehingga berhasil meyakinkan para diplomat dan semua orang yang hadir dalam pertunjukan tersebut. Tapi, hal ini juga berlaku pada sosok Eren. Di pihak Marley tidak ada satu orang pun yang mengetahui wajah dari Eren Yaeger selain Zeke Yaeger dan juga Reiner Braun.

Karena itulah, Eren memutuskan menyamar dengan memanjangkan rambut, menutupi sebagian wajahnya dengan perban, dan memotong sebagian kakinya. Dan infiltrasi Eren ke Liberio sendiri berhasil. Lalu, mengapa Willy menganggap Eren adalah iblis yang harus dimusnahkan dan diwaspadai? Seperti yang disebutkan dalam pidatonya, Eren sudah menjadi ancaman besar bagi seluruh dunia.

Hal tersebut dikarenakan Eren memiliki Founding Titan. Dan dengan Eren menguasai kekuatan Founding Titan, maka ketakutan terbesar umat manusia ada di tangan Eren. Hal tersebut adalah peristiwa Rumbling, dimana Eren bisa mengaktifkan puluhan juta Wall Titan di Pulau Paradis untuk bergerak dan meratakan seluruh dunia. Dengan kata lain, ancaman dari Karl Fritz bisa menjadi kenyataan.

Selain itu, hal yang membuat Eren disebut sebagai iblis adalah karena dia berhasil merebut kekuatan Founding Titan dari pemilik sahnya, yaitu keluarga kerajaan Reiss (yang dulu bernama Fritz). Tapi, fakta yang tidak diketahui Willy sebenarnya adalah orang yang merebut kekuatan tersebut bukanlah Eren melainkan Grisha Yeager, ayah dari Eren, sebelum kemudian Eren memakan ayahnya sendiri.

Featured image: youtube.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.