Selain dikenal karena sering menghadirkan cerita yang menarik dan membuat banyak orang ingin membaca, Eiichiro Oda memang juga dikenal sebagai mangaka yang jenius. Dia selalu bisa membawa para pembacanya untuk mengikuti alur, membuat mereka percaya dengan situasi yang ada. Misalnya karakter A jahat atau karakter B baik. Tapi, di akhir, kemudian Oda menghadirkan kejutan besar yang tidak terduga.

Itulah salah satu alasan mengapa One Piece menjadi menarik dan juga bagaimana Oda banyak dipuji oleh para fans. Namun, tidak hanya itu. Oda juga sering kali memasukan referensi yang mungkin tidak disadari oleh para fans. Contohnya adalah para Yonko dan juga nilai buruan mereka. Eiichiro Oda memberikan petunjuk tentang masing-masing Yonko melalui nilai buruan mereka.

Yang pertama adalah nilai buruan dari keempat penguasa lautan tersebut rata-rata bernilai 4 miliar Belly. Dalam bahasa Jepang, empat bisa dibaca Yon. Jadi, selain menunjukan jumlah penguasa lautan – yang mana ada empat orang – nilai buruan mereka juga berada di nilai empat milliar. Shanks sebagai yang paling bawah, memiliki nilai buruan 4.048.900.000.

The emperors - 9GAG
9GAG.com

Angka 4890 bisa dibaca Shanks (4=shi 8=ya 9=ku). Kemudian nilai buruan Big Mom adalah 4.388.000.000. Dua angka terakhir, 88, bisa dibaca ‘haha’ (8=ha) yang dalam bahasa Jepang artinya adalah ibu atau mama. Untuk buruan Kaido nilainya adalah 4,611,100,000. Angka 110 dibaca ‘hyakuju’ yang mana bisa diartikan juga sebagai hewan buas.

Untuk Whitebeard nilai buruannya adalah 5,046,000,000. Angka 46 dalam nilai tersebut bisa dibaca shiro (4=shi 6=ro) yang dalam bahasa Jepang artinya adalah putih. Hal ini sesuai dengan nama panggilannya Shirohige atau Whitebeard. Sedangkan untuk Gol D. Roger, meskipun dia bukan Yonko namun Oda Sensei juga tetap memasukan detail angka yang menggambarkan sosoknya.

Nilai buruan Roger adalah 5,564,800,000. Angka 6480 bisa dibaca sebagai Roger (6=ro 4=ji 8=ya). Bagaimana dengan Luffy? Memang untuk saat ini nilai buruan Luffy baru sekitar 1,5 milliar Belly. Namun, banyak juga para fans yang kemudian berpendapat bahwa nilai akhir buruan Luffy  akan mencapai 5,600,000,000 Belly. Karena, angka 56 bisa dibaca Gomu (5=Go 6=mu). Dan hal tersebut mereferensikan kekuatan buah iblis dari Luffy, yaitu Gomu Gomu.

Mengapa Nilai Buruan Para Yonko Begitu Besar?

Ketika seorang bajak laut sudah mendapatkan perhatian dari angkatan laut terkait apa yang mereka lakukan, maka pihak angkatan laut akan menawarkan sejumlah uang bagi siapapun yang bisa menangkap atau membawa mereka ke pihak angkatan laut. Dalam poster buruan yang dirilis oleh pihak angkatan laut selalu terdapat tulisan “hidup atau mati”.

Memang yang membedakan masing-masing orang adalah nilainya. Tapi, biasanya, jika sang buruan berhasil diserahkan dalam keadaan hidup maka orang yang membawa buronan tersebut akan dibayar secara penuh. Lain halnya jika kemudian buronan tersebut dibawa dalam kondisi sudah tewas. Mereka yang membawa buronan tersebut dalam keadaan tewas hanya akan dibayar 30 persen dari nilai buruan.

Aminoapps.com

Hal tersebut dikarenakan para kriminal tersebut harus dieksekusi secara publik oleh pihak angkatan laut, bukan oleh pihak lain. Dengan menampilkan eksekusinya secara publik, maka hal itu akan meningkatkan rasa kepercayaan orang terhadap angkatan laut. Beberapa orang mengabdikan hidupnya sebagai pemburu bayaran, salah satu contohnya adalah Roronoa Zoro. Dia sempat membentuk tim pemburu borunan sebelum kemudian bergabung dengan Luffy.

Dalam dunia One Piece, besaran jumlah nilai buruan ditentukan oleh seberapa besar ancaman atau seberapa besar kerusakan yang sudah dibuat oleh seseorang. Atau juga bahkan bisa saja ditentukan dengan seberapa penting sosok tersebut. Semakin besar nilai buruan seseorang artinya karakter tersebut adalah sosok yang sangat berbahaya atau sangat diincar oleh Pemerintah Dunia.

Artinya, dengan nilai buruan yang sangat besar tersebut, para Yonko ini adalah ancaman besar bagi Pemerintah Dunia. Bisa dibilang, level mereka sudah di atas bajak laut kebanyakan. Di sisi lain, selain memperlihatkan seberapa berbahayanya seseorang melalui nilai buruan, hal tersebut juga bisa menunjukan kekuatan mereka. Artinya, semakin tinggi nilai buruan seorang bajak laut maka semakin kuat juga kemampuannya.

Featured image: youtube.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.