Scarlet Witch adalah salah satu karakter terkenal dari Marvel Comics. Selama bertahun-tahun, Scarlet Witch sering diceritakan menjadi pahlawan super. Walau menjadi pahlawan super, tetapi Scarlet Witch alias Wanda pernah membuat keputusan aneh yang membuatnya menjadi salah satu pahlawan paling dibenci. Meskipun Wanda adalah anggota Avengers, tetapi ia pernah beberapa kali membuat kekacauan karena berbuat jahat. Apa saja momen saat Wanda menjadi jahat? Simak di bawah ini Geeks!

Debut Wanda Sebagai Villain

image source: cbr.com

Wanda memulai debutnya di Marvel sebagai seorang villain. Ini terjadi di komik X-Men #4 yang dibuat oleh Stan Lee, Jack Kirby, Paul Reinman dan Artie Simek. Dalam komik tersebut, Wanda dan saudaranya, Quicksilver menjadi bagian dari kelompok mutant jahat di bawah kepemimpinan Magneto. Selain Wanda dan Quicksilver, kelompok tersebut juga berisikan Toad dan Mastermind. Namun setelah Wanda dan Quicksilver muncul sebagai penjahat, Marvel memutuskan untuk merubah karakter Wanda dan Quicksilver. Marvel lantas menceritakan mereka sebagai orang baik dan memasukan Wanda sebagai tim Avengers.

Hiro Studios

Dirasuki oleh Chthon

image source: denofgeek.com

Dalam komik Avengers # 185-187 yang digarap oleh Mark Gruenwald, Steven Grant, David Michelinie, John Bryne, Dan Green, Roger Slifer dan John Costanza, Wanda menjadi sosok villain berbahaya bagi Avengers. Namun kala itu, Wanda tidak bisa mengontrol tindakannya. Wanda dan saudaranya, Quicksilver, pergi ke gunung Wundagore untuk mencari tahu asal usul mereka. Namun, mereka menyadari bahwa semua cerita tentang kelahiran dan orang tua mereka adalah kebohongan. Tiba-tiba, Mordred the Mystic menculik Wanda dan Chthon mulai merasukinya, sehingga mengubah Wanda untuk balik melawan Avengers.

Dikendalikan oleh Immortal

image source: screenrant.com

Tampaknya momen-momen Wanda menjadi jahat adalah ketika ia dikendalikan oleh orang lain. Di komik West Coast Avengers 56 – 57, 60 -62, yang digarap oleh Roy Thomas, Dann Thomas, Paul Ryan, Danny Bulanadi, Bob Sharen & Bill Oakley, karakter Wanda mengetahui bahwa anak-anaknya dihapus dari eksistensi. Hal itu membuat pikiran Wanda terguncang sehingga pikirannya menjadi rapuh dan goyah. Melihat mental Wanda yang terguncang, Immortus pun merasuki tubuh Wanda dan mengambil kendali. Immortus yang menggunakan kekuatan Wanda lantas menciptakan berbagai ancaman yang tidak bisa dihentikan oleh rekan-rekan Avengers.

Avengers Disassembled

image source: looper.com

Setelah Wanda dibenci oleh semua mutan setelah alur cerita House of M, momen paling mengerikan yang dilakukan oleh Wanda terjadi dalam komik Avengers # 500 – 503, yang menceritakan alur cerita Avengers Disassembled. Komik tersebut dibuat oleh Brian Michael Bendis, David Finch, Danny Miki, Frank D’ Armata, Albert Deschesne & Richard Starkings. Dalam komik tersebut, Wanda ingat bahwa dia pernah memiliki anak, dan anak-anaknya dihancurkan dan dihapus dari ingatannya. Karena hal tersebut, Wanda menyerang dunia, dan dia bertarung melawan Avengers. Bahkan Wanda berhasil membunuh Ant-Man dan Hawkeye sebelum akhir Doctor Strange tiba untuk mengalahkan Wanda.

House of M

image source: gamesradar.com

House of M adalah peristiwa yang membuat Wanda menjadi musuh normor satu bagi mutan. Peristiwa House of M memang mengambil latar waktu setelah Avengers Disassembled. Dalam House of M, Avengers harus memutuskan apa yang harus dilakukan dengan Wanda setelah membunuh Ant-Man, Hawkeye, dan Agatha Harkness. Akhirnya mereka memulai sebuah pertarungan dengan Wanda yang hampir membuat kalah Avengers. Dalam peristiwa ini, Wanda menciptakan realitas baru yang sesuai dengan yang Wanda harapkan. Ketika Wanda menyadari apa yang ia lakukan salah, Wanda lantas mengucapkan kata “tidak ada lagi mutan,” dan 98 persen mutan di seluruh dunia kehilangan kemampuan mereka.

Featured image: wall.alphacoders.com

Hiro Studios