Serial WandaVision telah memperkenalkan kota fiksi bernama Westview kepada para penonton. Di sana, Wanda dan Vision menetap, dan membangun sebuah keluarga yang harmonis. Tetapi terlihat jelas bahwa ada keanehan yang menyelimuti Westview, dan keanehan tersebut seolah ditutupi oleh Wanda. Di episode kedua, kita diperlihatkan saat seseorang melakukan percobaan untuk merangsek masuk ke Westview. Sepertinya orang tersebut adalah bagian dari SWORD, sebuah organisasi yang bertugas untuk memantau manusia super. Jadi apa yang sebenarnya terjadi di Westview? Apakah Wanda bertanggung jawab atas realitas buatan ini? Dan apakah Wanda adalah pelaku, atau korban dari semua ini?

Penjelasan Westview

Sekilas, Westview tampak seperti kota kecil yang indah. Tapi jelas bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan seluruh kota, karena semuanya dibentuk oleh keinginan Wanda. Wanda tampak terpukul setelah rentetan penderitaan yang ia alami, dari mulai kehilangan Vision, hingga Quicksilver. Menariknya, Wanda sepertinya tidak sadar ketika membuat realitas tersebut. Hal itu terungkap saat bos Vision, Hart, menanyakan tentang berapa lama Wanda dan Vision menikah. Wanda bahkan tidak mengetahui apa yang sebelumnya terjadi.

image source: time.com

Di episode kedua, mulai terungkap bahwa ada yang mengawasi keberadaan Wanda di Westview. Ketika itu, Wanda menemukan sebuah helikopter dengan logo SWORD. Di “pengelihatan” Wanda, helikopter tersebut tampak seperti mainan. Tapi bisa saja jika aslinya, helikopter tersebut asli dan terdapat penumpang di dalamnya. Helikopter tersebut digunakan oleh SWORD untuk mengintai Westview. Wanda sendiri memegang kendali atas Westview dan ia dapat melakukan apapun untuk membuat realitas tersebut menjadi tempat idaman.

Bukti Westview Diciptakan Wanda

WandaVision secara halus menunjukkan bahwa Wanda adalah sosok yang bertanggung jawab untuk menciptakan realitas palsu Westview. Memang selama di MCU, Wanda tidak pernah diperlihatkan menggunakan kekuatannya untuk membuat realitasnya sendiri. Tapi dalam komik, Wanda memiliki kemampuan untuk membuat realitas. Dalam House of M, Wanda menciptakan realitas palsu di mana setiap impian dan harapannya terkabul. Serial WandaVision sendiri memang mengadaptasi cerita House of M, yang dibuktikan dengan berbagai hal yang diadaptasi dari komiknya. Misalnya efek pixel di credit scene. Efek pixel juga terlihat dalam komik saat Wanda menciptakan realitasnya.

image source: theverge.com

Dalam episode kedua, kita juga diperlihatkan sebuah botol anggur bertuliskan Maison du Mepris, yang jika diterjemahkan adalah Rumah Penderitaan. Hal ini menunjukkan bahwa Wanda tengah memasuki fase depresi yang pada akhirnya memaksa Wanda membuat realitas palsu tanpa sadar, untuk membuatnya bahagia kembali. Wanda tanpa sadar menggunakan kekuatannya untuk menciptakan dunia tempat dia bisa menyesuaikan isinya, dan semua hal terlihat normal. Vision bagaimanapun adalah bagian ilusi di realitas tersebut.

Ada kemungkinan lain bahwa realitas Westview sebenarnya tidak dibuat oleh Wanda melainkan oleh Mephisto. Nama iblis tersebut disebutkan saat Dottie mengatakan “the devil’s in the details”. Dalam komik, kegilaan Wanda dalam peristiwa House of M terjadi karena keterlibatan iblis. Jadi, bisa saja semua ini adalah ulah Mephisto. Karakter lain yang berpotensi membuat realitas Westview adalah Agnes yang diperankan oleh Kathryn Hahn.
Banyak yang memprediksi bahwa Agnes sebenarnya adalah Agatha Harkness, seorang penyihir yang menjadi mentor bagi Wanda. Tetapi dalam komik, moralitas karakternya selalu dipertanyakan. Easter Egg di WandaVision juga mengkonfirmasi bahwa sebenarnya sosok Agatha muncul dalam serial WandaVision.

Wanda Terjebak di Westview?

Semua ini menimbulkan pertanyaan yang menarik, apakah Wanda sendiri terjebak dalam realitas Westview, seperti laba-laba yang terperangkap dalam jaringnya sendiri. Atau apakah jaring itu dibuat oleh orang lain, atau oleh rusaknya pikiran Wanda? Hal itu masih belum diketahui. Tetapi Wanda sendiri diam-diam menyadari bahwa ada sesuatu yang salah. Kemungkinan besar realitas ini dibangun karena Wanda ingin menikah dengan Vision. Dalam komik, Doctor Strange mengatakan bahwa kemampuan Wanda untuk memanipulasi realitas pada akhirnya akan membuat Wanda tidak bisa menghadapi dunia nyata sama sekali. Mungkin inilah yang terjadi di Westview, di mana Wanda terlalu “nyaman” di realitas buatannya, sehingga ia melupakan dunia nyata. Besar kemungkinan jika Wanda sudah tidak ingin meninggalkan realitas tersebut.

image source: screenrant.com

Tapi nih geeks, realitas Westview tampaknya tidak akan bertahan lama karena trailer WandaVision menunjukkan bahwa Westview akan ditutupi oleh semacam gelembung realitas dan SWORD telah mengepung kota tersebut dan mencoba masuk. Sejauh ini, orang-orang yang masuk ke Westview berhasil dikeluarkan kembali, tetapi mereka tidak akan berhenti sama situ.

Featured image: indianexpress.com

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/