Siapa yang tidak mengenal sosok Edward Newgate alias Whitebeard. Whitebeard merupakan orang yang dikenal sebagai manusia paling kuat di dunia dan orang yang paling dekat dengan One Piece, setelah Gol D. Roger tewas. Whitebeard diketahui memiliki jumlah kru sekitar 1.600 orang yang kemudian dibagi menjadi 16 divisi. Setiap divisi selalu dimpin oleh seorang komandan divisi yang sangat kuat.

Berbeda dengan sosok Roger dan Rocks, Whitebeard adalah seorang bajak laut yang sangat kuat namun bukan berasal dari klan D. Yang menarik juga adalah meskipun dia mengetahui caranya untuk pergi ke Laugh Tale, namun Whitebeard lebih memilih untuk tidak pergi dan tetap bersama “keluarganya.” Yang juga menarik adalah Whitebeard merupakan orang yang tidak pernah mau mencari tahu mengenai abad yang hilang, senjata kuno, dan sebagainya.

Masih belum diketahui apa alasan dia melakukan hal tersebut, apakah Whitebeard sebenarnya sudah tahu setelah Roger memberi tahunya dan memilih untuk diam, ataukah Whitebeard memang tidak pernah tertarik untuk mencari harta karun dan sebagainya. Meskipun dia adalah manusia paling kuat di dunia, Whitebeard bukanlah sosok yang penuh kekerasan.

Aminoapps.com

Dia tidak akan pernah memulai sebuah pertengkaran atau pertarungan jika tidak ada keluarganya yang disakiti. Namun, sebaliknya, jika ada satu anak buahnya yang disakiti maka armadanya akan membalas dendam hal tersebut. Inilah perbedaan besar antara Whitebeard dan para bajak laut lainnya. Satu fakta menarik dari Whitebeard adalah dia dulu pernah menjadi manusia paling mahal di dunia, dengan nilai buruan mencapai 5 milliar Belly.

Mengingat bagaimana potensi ancaman yang bisa dia timbulkan, wajar memang jika kemudian Pemerintah Dunia membuat nilai Whitebeard sangat mahal. Namun, titel manusia termahal Whitebeard harus digeser oleh Roger, rival sekaligus rekannya. Roger adalah sosok yang paling aktif dalam mencari harta karun One Piece, sampai akhirnya dia berhasil melakukannya.

Dan setelahnya, Roger kemudian mendapatkan titel raja bajak laut. Titel ini kemudian menjadi incaran bagi para bajak laut muda lainnya yang ingin menjadi seperi Roger. Nilai buruan Roger sendiri lebih tinggi 500 juta Belly dari Whitebeard, yaitu 5.5 milliar Belly. Lalu, mengapa Roger menjadi sosok pria termahal mengalahkan Whitebeard?

Twitter.com

Satu-satunya alasan utama dari hal tersebut adalah kru bajak laut Roger adalah satu-satunya kru yang diketahui saat ini, pernah mencapai Laugh Tale. Selain berhasil mencapai Laugh Tale, Roger sendiri berhasil menemukan sebuah harta karun yang berasal dari 800 tahun yang lalu yang diduga ditulis oleh Joy Boy. Dalam harta karun tersebut terdapat pula fakta sebenarnya mengenai senjata kuno, tekad D, dan abad yang hilang.

Sengoku, Garp, dan para angkatan laut senior lainnya pun mengakui bahwa Whitebeard adalah sosok yang paling kuat di dunia. Bahkan, Whitebeard memiliki kekuatan untuk bisa menghancurkan dunia. Vivre Card Vol. 4 sendiri mengkonfirmasi bahwa Whitebeard mendapatkan julukan sebagai manusia paling kuat di dunia jauh sebelum Great Age of Pirates atau era besar bajak laut. Whitebeard memegang titel ini meskipun ada Roger pada saat itu.

Satu-satunya hal yang membuat Whitebeard “kalah” dari Roger sebenarnya adalah bagaimana Roger mengetahui rahasia besar dari Pemerintah Dunia. Dan karena itulah, mereka tidak mau hal itu terjadi sehingga mau tidak mau mereka harus menjadikan Roger sebagai ancaman paling besar, yang artinya juga adalah nilai buruannya yang semakin membesar. Mungkin, jika Roger gagal menuju Laugh Tale, titel manusia paling mahal masih akan dipegang oleh Whitebeard sampai akhir hayatnya.

Featured image: cbr.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.