Arc terbaru dari seri manga Dragon Ball Super, “Granola The Survivor,” baru saja menghadirkan sesuatu yang sangat menarik. Dalam preview untuk chapter 68 untuk seri Dragon Ball Super, kita diperlihatkan sebuah detail yang sangat penting mengenai cerita masa lalu dari Granola, dan juga koneksinya dengan Android lainnya yaitu Seven-Three dalam arc Moro.

Dalam ceritanya diketahui bahwa ternyata Granola berasal dari sebuah ras yang bernama Cerelians. Ras ini sudah hancur setelah “para kera barbar” yang berada di bawah kendali Frieza menghancurkan rumah mereka. Selain itu, kita juga akhirnya tahu mengapa Granola kemudian memiliki dendam yang sangat besar kepada kaum Saiyan, khususnya Goku.

Ternyata, Bardock adalah sosok yang menyerang keluarga Granola dan membunuh mereka semua. Seperti yang kita ketahui, Bardock adalah ayah dari Raditz dan Goku, sehingga mungkin wajar jika Granola menaruh dendam besar terhadap Goku. Dengan semua bencana dan kepedihan yang harus dialami oleh Granola dalam hidupnya dan juga saat misinya untuk menangkap Android OG73, muncul sebuah pertanyaan apakah arc terbaru dari Dragon Ball Super ini pada akhirnya akan memaksa Goku untuk menghadapi warisan dari Bardock?

Comicbook.com

Salah satu hal menarik dari seluruh franchise Dragon Ball adalah bagaimana Goku selama ini sangat tidak tertarik untuk mengikuti semua kebudayaan Saiyan, dan juga gaya hidup mereka. Goku mungkin mengakui bahwa dirinya Saiyan, namun dia tidak mau dan tidak akan pernah mau untuk mengikuti jalan hidup mereka. Dalam cerita canon Dragon Ball sendiri diperlihatkan bahwa Goku tidak pernah tertarik mengetahui atau mencari tahu mengenai ayahnya Bardock atau ibunya, Gine. Juga Goku sepertinya tidak pernah mau menghormati kenangan mereka sebagai petarung.

Namun, baru pada film Dragon Ball Super: Brolly pada akhirnya Goku mau mengungkapkan nama aslinya, yang tidak lain adalah Kakarot. Fakta mengenai Bardock ini membuat semua cerita mengenai kehancuran planet Vegeta dan juga seluruh cerita Bardock menjadi sedikit rumit dan kompleks. Di satu sisi, Bardock berjuang melawan Freeza namun di satu sisi ada efek yang dia timbulkan yaitu kematian keluarga Granola.

Dengan arc “Granola The Survivor” mudah-mudahan saja Goku akan kembali teringat dengan semua peristiwa tersebut. Dan tentunya bagaimana peliknya koneksi antara Goku dan Granola, dan bagaimana cerita akhir diantara mereka berdua. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.