Setelah hiatus selama hampir 2 tahun, akhirnya kita bisa melihat cerita baru dari Marvel Cinematic Universe (MCU) melalui serial WandaVision. Diawali dengan dua episode perdananya yang membawa tema baru di MCU, WandaVision menjadi kisah yang unik, “aneh”, dan dengan caranya sendiri menyimpan misteri yang membuat kita penasaran dengan kelanjutan ceritanya.

Salah satu misteri yang membuat kita masih penasaran adalah siapa sosok yang bertanggung jawab dengan realitas yang kini dijalani oleh Wanda. Namun sebuah scene antara Wanda, Agnes, dan Dottie membuat penggemar berpikir bahwa Mephisto adalah salah satu kemungkinan yang masuk akal. Pasalnya, saat kelompok tetangga wanita berkumpul, Dottie berkata bahwa “the devil’s in the details”.  Saat itulah Agnes bercanda bahwa itu bukan satu-satunya tempat iblis dapat ditemukan.

Hiro Studios

Percakapan tersebut mungkin memang sekedar lelucon, namun bisa juga sebuah petunjuk mengenai Mephisto yang bertanggung jawab dengan kondisi Wanda. Selain itu, Agnes juga sebelumnya mendeskripsikan kepada Wanda bahwa Dottie adalah “Kunci untuk segalanya” dan “Seorang iblis”. Sebuah metafora memang mengingat konteks pembicaraannya, hanya saja tentu hal tersebut bisa dijadikan bahan teori mengenai kehadiran Mephisto di WandaVision.

Jika benar Mephisto adalah villain di WandaVision, ada kemungkinan bahwa Wanda telah melakukan kesepakatan dengan iblis ini. Dirinya kemungkinan membuat kesepakatan dengan Mephisto untuk menciptakan kehidupan idaman, dimana ia hidup dengan tenang bersama Vision di Westview. Lalu bagaimana cara Wanda bisa membuat kesepakatan dengan Mephisto?

Agatha yang secara mendadak mendatangi Wanda dan selalu bertindak begitu ceroboh bisa jadi merupakan petunjuk bahwa dirinya adalah Agatha Harkness, seorang penyihir di Marvel Universe. Dengan kemampuan sihir, ada kemungkinan pula bahwa dirinyalah yang memanggil Mephisto dan menjadi dalang dibalik kekacauan realitas yang terjadi di Westview.

Namun bagaimana pun kisah diatas adalah sebuah teori. Benarkah jalan cerita WandaVision akan terjadi seperti skenario tersebut, tentunya harus kita saksikan kelanjutan episodenya di minggu-minggu mendatang Geeks.

Hiro Studios