Dua episode serial WandaVision akhirnya dirilis. Serial tersebut dibintangi oleh Elizabeth Olsen dan Paul Bettany, di mana masing-masing memerankan Scarlet Witch / Wanda dan Vision. Tidak seperti serial superhero pada umumnya, WandaVision malah menampilkan sesuatu yang unik karena mengadaptasi sitkom klasik. Pada dua episode pertama, kita diperkenalkan saat Wanda dan Vision hidup bersama setelah apa yang terjadi di Endgame. Mereka tampak hidup bahagia, padahal sebenarnya ada misteri besar dibalik itu semua. Di dua episode itu juga, kita juga diperlihatkan beberapa Easter Egg, yang sengaja disembunyikan oleh Marvel Studios. Apa saja Easter Egg tersebut? Simak di bawah ini Geeks.

Vision Memiliki Kepala yang Tidak Bisa Dihancurkan

image source: screenrant.com

Dalam episode pertama, Vision mengatakan bahwa ia memiliki kepala yang tidak bisa dihancurkan. Apa yang Vision ungkapkan sebenarnya tidak benar, karena di MCU, Thanos pernah menghancurkan kepala Vision dengan cara mengambil Mind Stone dari kepalanya. Dalam realitas buatan, Wanda bisa merasakan kebahagian selamanya, sehingga Vision ia dihidupkan kembali. Saat Vision dilahirkan kembali dalam realitas tersebut, kelemahan Vision diperbaiki, di mana sekarang kepalanya jauh lebih kuat. Bahkan Wanda sempat menyebut Vision memiliki “Night Vision” / “Pengelihatan Malam”, yang mengindikasikan Vision memiliki kemampuan tambahan.

Hubungan dengan Komik Avengers #238

image source: bleedingcool.com

Sebuah kalender di episode pertama menunjukkan tanggal 23 Agustus. Agustus adalah bulan kedelapan, dan jika disatukan dengan tanggal maka akan menjadi angka 238. Jika menilik lebih jauh, ada sebuah komik Marvel yang sepertinya diadaptasi dalam serial ini, karena memiliki cerita yang serupa. Komik tersebut adalah Avengers #238. Dalam komiknya, Vision diaktifkan kembali setelah sebelumnya ia dinonaktifkan saat melewati medan energi magis. Ini menunjukkan bahwa serial WandaVision terinspirasi juga dari cerita komik Avengers #238.

Stark Toaster

image source: 25yearslatersite.com

Dalam episode pertama, ada sebuah iklan pemanggang roti yang sangat revolusioner. Pemanggang roti tersebut dibuat oleh Stark Industries. Harus diingat bahwa Stark Industries pernah dikaitkan dengan trauma masa lalu Wanda. Saat masih kecil, Wanda dan Pietro (Quicksilver) terjebak dalam sebuah perang, dan suatu ketika, gedung apartmen yang mereka tempati hancur akibat ledakan mortir sehingga mereka terperangkap dalam puing-puing. Saat terperangkap, mereka berdua melihat sebuah cangkang mortir yang tidak meledak, dan di mortir tersebut bertuliskan Stark Industries. Sejak kejadian itulah Wanda sangat membenci Stark.

Sapaan Sokovia

image source: cinemablend.com

Sapaan tradisional dari Sokovia mungkin tampak seperti lelucon yang lucu, tetapi sebenarnya ada makna terpendam dibaliknya. Di Avengers: Age of Ultron, Wanda pernah menyerang Avengers dengan cara memanipulasi pikiran mereka. Wanda mendekat ke para Avengers, dan mulai menyentuh kepala mereka, hingga akhirnya pikiran mereka dikendalikan. Nah di episode perdana, hal tersebut dipraktekan kembali. Saat Wanda metelakan tangannya di mata Vision dan Tuan Hart, hal itu merepresentasikan apa yang telah Wanda lakukan di masa lalu.

Botol Anggur House of M

image source: looper.com

Di episode pertama, Scarlet Witch menyajikan gelas anggur, dan itu merupakan Easter Egg yang sangat menarik. Botolnya memiliki merek Maison du Mepris dan memiliki logo M yang khas. Bagi pembaca komik, mereka akan langsung mengenali bahwa logo tersebut bersinggungan dengan cerita House of M, sebuah peristiwa besar di komik Marvel, di mana Wanda membuat realitasnya sendiri. Maison du Mepris secara harafiah berarti “Rumah Kesengsaraan”, yang mungkin di MCU menggambarkan penderitaan yang dialami Wanda. Dalam komik, Doctor Strange mengatakan bahwa kemampuan Wanda untuk memanipulasi realitas pada akhirnya akan membuat Wanda tidak bisa menghadapi dunia nyata sama sekali. Mungkin inilah yang terjadi di Westview, di mana Wanda terlalu “nyaman” di realitas buatannya, sehingga ia melupakan dunia nyata.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
3
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/