Salah satu pertanyaan terbesar dalam seri Attack on Titan akhirnya terpecahkan di episode terbaru di musim keempat ini. Geeks mungkin sudah tahu sejak musim perdana bahwa di dalam tembok-tembok pelindung yang mengelilingi pulau Paradis terdapat para Titan. Tapi, di episode 5 kemarin, yang berjudul “Declaration of War,” memperjelas alasan mengapa mereka bisa ada disana dan apa arti kemunculan mereka baik untuk para Marley dan seluruh dunia.

Berdasarkan ceritanya, alasan dibalik semua itu sangatlah mengerikan. Ada dua hal yang muncul di episode 5 kemarin: pertama adalah reuni dramatis antara Eren Yaeger dan Reiner Braun di sebuah ruang bawah tanah bersama Falco. Kemudian adalah Willy Tybur yang akhirnya mengungkapkan fakta sebenarnya mengenai sejarah penduduk Eldian kepada seluruh diplomat dan bangsa Marley.

Yang menarik adalah Willy juga sempat menyinggung keberadaan Wall Titan. Menurut penjelasan Willy, raja Karl Fritz dulu sengaja menggunakan kekuatan Founding Titan miliknya untuk membangkitkan jutaan Titan raksasa, yang kemudian dia gunakan untuk membangun tembok yang mengililingi pulau Paradis. Tembok-tembok tersebut kemudian diberi nama sesuai anak dari Ymir Fritz yaitu Maria, Rose, dan Sheena.

Buat Geeks yang belum tahu, Wall Titan memiliki perbedaan dengan Colossal Titan biasa. Para Wall Titan ini mampu bukan hanya untuk mengeraskan bagian atas dari kulit mereka melainkan juga seluruh tubuh mereka. dengan menggunakan metode tersebut, mereka kemudian berbaris dan mengeras, menciptakan tembok yang kita ketahui sekarang. Prosesnya sendiri berlangsung sekitar 100 tahun yang lalu.

heshero.com

Pertama kali kita diperkenalkan dengan Wall Titans adalah di musim pertama Episode 25, “Wall: Assault in Stohess, Part 3.” Dalam ceritanya diperlihatkan ketika Annie mencoba untuk kabur dari Eren dalam pertarungan di distrik Stonehess, Mikasa berhasil memotongnya saat dia mencoba mendaki tembok. Meskipun pada akhirnya Annie berhasil ditangkap, Annie sempat menghancurkan sebagian besar temboknya.

Dan pada saat itulah para fans melihat sebuah fakta mengerikan yang ada di dalamnya. Mikasa sendiri seolah tidak percaya dengan apa yang dia lihat. Terakhir kali fenomena ini disebutkan dalam cerita adalah saat musim ketiga Episode 7, “Wish”. Saat itu Rod Reiss mencoba meyakinkan Historia untuk membunuh Eren saat dia menjadi Titan. Rod Reiss sempat menjelaskan bahwa kekuatan dari Founding Titanlah yang membuat tempat mereka tinggal, dan juga ketiga tembok yang mengelilingi mereka.

Namun, Rod Reiss tidak pernah menyebutkan mengenai Wall Titan dan bagaimana secara spesifik kekuatan Founding Titan membuat itu semua. Setelah episode tersebut, kita tidak mendapatkan informasi apapun lagi mengenai Wall Titan sampai di musim ketiga Episode 20, “That Day,” dimana rahasia besar mengenai ruang bawah tanah terungkap. Meskipun begitu tidak ada penjelasan jelas mengenai Wall Titan ini.

CBR.com

Dalam pidato Willy Tybur, dia menjelaskan bahwa ketika Karl Fritz membangun tembok-tembok tersebut, Karl Fritz bersumpah untuk tidak lagi melakukan peperangan dengan bangsa lain. Namun, Fritz bersumpah bahwa dia akan mengerahkan jutaan Titan yang ada di pulau Paradis untuk menyerang bangsa manapun yang mengganggu kedamaian mereka.

Inilah kemudian alasan utama mengapa pihak Marley tidak pernah melakukan penyerangan terhadap Paradis secara terbuka. Mereka lebih memilih untuk memerintahkan orang untuk menyusup ke dalam Paradis dan menggali informasi sebanyak mungkin, seperti yang dilakukan oleh Reiner, Annie, Bertolt, dan Marcell. Jika mereka melakukan penyerangan secara terbuka, maka kehancuran adalah sebuah hal yang bisa dipastikan akan terjadi.

Willy menyebutkan bahwa peristiwa mengerikan tersebut adalah Rumbling, peristiwa ketika jutaan Wall Titan – dan Titan lainnya – bergerak menuju Marley dan menghancurkan semua orang dengan cara menginjaknya. Suara gemuruh yang mereka ciptakan itulah yang kemudian membuat peristiwanya disebut sebagai Rumbling alias gemuruh.

Willy kemudian melanjutkan bahwa Eren Yeager adalah orang yang saat ini menjadi sumber bencana bagi semuanya. Dia mengatakan bahwa Eren adalah orang jahatnya, dia memiliki kekuatan Founding Titan yang bisa menginisiasi peristiwa Rumbling. Dengan alasan inilah Willy kemudian menyatakan perang terhadap pulau Paradis – khususnya Eren Yeager.

Tidak dipungkiri lagi bahwa serbuan para Wall Titan menjadi ancaman serius bagi Marley dan seluruh dunia, serta para penduduk Paradis. Pertanyaan besarnya adalah apakah Eren memang akan menginisiasi peristiwa Rumbling atau dia akan mengubah takdir yang terjadi sebelum ceritanya selesai? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.