Disadari atau tidak, setiap serangan dari Monkey D. Luffy sering kali memiliki keterkaitan dengan berbagai hal yang dia alami, baik sebuah pengalaman yang sangat berkesan atau pengalaman lainnya. Misalnya, serangan Gomu Gomu no Pistol. Serangan tersebut bisa jadi diadaptasi dari apa yang pernah dia ucapkan dulu, “pukulanku sangat mirip seperti pistol.”

Kemungkinan lainnya adalah Luffy menyaksikan pistol dari Lucky Roo saat dia berusaha melindungi Ace dari serangan bandit yang mencoba melukai Shanks. Bagaimana dengan serangan Gomu Gomu Bazooka? Luffy saat itu menganggap bahwa Sabo tewas akibat serangan bazooka. Sampai time-skip terjadi, Bazooka adalah salah satu gerakan pamungkas Luffy untuk menghabisi musuh. Sudah ada banyak korban yang dikalahkan oleh teknik ini.

Just read the 1000th chapter and had to color "that" panel. [OC] : OnePiece
Reddit.com
Kemudian teknik serangan Storm, yang diadaptasi dari pengalamannya di Alabasta yang belum pernah turun hujan selama bertahun-taun. Luffy akhirnya mengalahkan Crocodile dengan menggunakan badai (storm). Serangan-serangan Haki Luffy pun diambil dari pengalaman yang dia alami selama time-skip di Rusukaina. Kebanyakan nama dari Gear 4 miliknya diambil dari nama binatang yang dia temui disana.

Misalnya adalah King Kong Gun, Leo Bazooka, Python, Black Mamba, dan sebagainya. Bahkan serangan Red Hawk sendiri diadaptasi dari nama hewan yang sekaligus juga sebagai bentuk penghormatan kepada Ace. Lalu, bagaimana dengan serangan baru dari Luffy yaitu Red Roc?  Seperti yang mungkin Geeks sadari bahwa Red roc bukanlah bagian dari Gear 4 melainkan Gear 3.

Gomu Gomu no Red Roc adalah versi selanjutnya dari Red Hawk milik Luffy yang ada di Gear 3. Roc sendiri mirip seperti Hawk alias elang. Roc dalam mitologi Timur-Tengah adalah burung raksasa pemangsa, yang bahkan sanggup memakan satu gajah dewasa. Namun, ada sebuah teori mengapa Luffy menamai serangannya tersebut dengan Red Roc dan hal ini ada kaitannya dengan Raizo.

Aminoapps.com

Oda memperlihatkan selama dua halaman penuh cerita yang menyebutkan tentang Raizo, yang menunjukan bahwa Luffy tidak melupakannya. Dan Luffy juga ingat bagaimana penderitaan, rasa sakit, dan kematian, serta semua hal yang sudah ditimbulkan oleh Kaido terhadap orang lain. Dalam teorinya, Red Roc ada kaitannya ketika dia diikat dan diculik di Zou.

Raizo diperlihatkan diikat di sebuah Poneglyph dan ternyata bukanlah Poneglyph biasa, melainkan Road Poneglyph. Warna dari Road Poneglyph sendiri adalah merah. Dan Poneglyph sendiri merupakan hasil ciptaan dari keluarga Kozuki. Sehingga, serangan Red Roc kemungkinan adalah serangan yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Ace, Raizo, dan seluruh Red Scabbards – secara umumnya seluruh Wano.

Itulah mungkin alasannya ketika Luffy menyerang Kaido di chapter 1000 kemarin, kita sempat melihat berbagai adegan flashback. Serangan tersebut, yang menjadi pembuka pertarungan, memang “dipersembahkan” untuk mereka semua yang menderita akibat Kaido. Dan yang menarik adalah Luffy menghajar Kaido di titik atau bagian wajah yang sama ketika Ace menghancurkan patung naga milik Kaido.

Featured image: pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.