Dalam cerita Naruto, ada banyak shinobi-shinobi hebat yang memiliki kemampuan jutsu yang dahsyat. Kedahsyatan jutsu tersebut tentunya akan berguna ketika menghadapi musuh, atau ketika menghadapi sebuah situasi yang berbahaya. Contohnya adalah kemampuan dari Sharingan yang dimiliki oleh klan Uchiha atau kemampuan Kagebunshin yang dimiliki oleh Naruto.

Namun, dari sekian banyak jutsu yang ada klan Uchiha diketahui memiliki beberapa jutsu yang sangat dahsyat yang merupakan jutsu warisan (Kekkei Genkai) dari generasi sebelumnya. Mengingat klan Uchiha adalah salah satu klan terkuat, rasanya wajar jika mereka memiliki banyak sekali jutsu hebat. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Amaterasu

Amaterasu adalah sebuah Jutsu yang hanya mampu digunakan oleh beberapa orang saja dalam klan Uchiha. Meskipun salah satu syaratnya adalah memiliki Mangekyo Sharingan, tapi tidak semua pengguna Mangekyo Sharingan bisa menggunakannya. Sasuke Uchiha dan Itachi Uchiha menjadi contoh klan Uchiha yang mampu mengakses kekuatan ini.

Quora.com

Amaterasu sendiri adalah Jutsu yang membuat penggunanya bisa menciptakan api berwarna hitam yang tidak akan mampu untuk dipadamkan selama target belum hancur. Menurut informasi yang ada, panas dari Amaterasu sendiri jauh lebih panas dari matahari. Jutsu ini sering kali memberikan kesulitan bahkan kematian bagi musuhnya. Bahkan, untuk sekedar menghindari serangan ini pun butuh banyak sekali usaha.

Izanagi

Salah satu teknik Dojutsu dari klan Uchiha yang juga mematikan adalah Izanagi. Izanagi memiliki sistem yang berbanding terbalik dengan Izanami, dimana sang pengguna teknik ini mampu membuat sebuah ilusi menjadi kenyataan. Sering kali, teknik ini digunakan ketika ada salah seorang klan Uchiha meninggal. Dengan menggunakan teknik ini, mereka yang mati bisa kembali dihidupkan.

Quora.com

Sama seperti Izanami, ada konsekuensi besar yang harus diterima sang pengguna jika ingin mempraktekan teknik ini yaitu dia harus kehilangan salah satu penglihatannya secara permanen. Itulah yang membuat teknik ini menjadi terlarang, dan sangat berbahaya. Namun, seperti jurus terlarang yang lain ada saja orang-orang yang mau mengambil resiko untuk mempraktekannya.

Izanami

Salah satu jutsu yang paling kuat dari klan Uchiha selain Sharingan adalah Izanami. Izanami merupakan jutsu terlarang yang membuat pengguna dari teknik ini harus rela kehilangan salah satu mata atau penglihatan dari matanya secara permanen. Ketika diaktifkan jutsu ini benar-benar mengerikan dan luar biasa, dimana korbannya akan terjebak dalam sebuah genjutsu abadi.

Caribgamer.wordpress.com

Jutsu ini baru bisa berhenti ketika korbannya menyadari dan sadar bahwa dia terperangkap dalam sebuah jutsu. Jika tidak, maka korbannya akan terjebak dalam genjutsu tersebut selamanya. Dengan konsekuensi dan kekuatan yang sangat mematikan, wajar jika jurus ini kemudian dilarang. Dan dalam cerita Naruto, diketahui hanya Itachi Uchiha saja yang pernah mempraktekannya.

Susanoo

Susanoo merupakan salah satu kekuatan terkuat bagi para klan Uchiha yang sudah berhasil membangkitkan Mangekyou Sharingan di kedua matanya. Dikenal sebagai pertahanan terkuat dalam cerita Naruto, Susanoo berbentuk humanoid raksasa yang berasal dari chakra penggunanya dan mampu bergerak sesuai perintah atau keinginan dari sang penggunanya.

CBR.com

Susanoo sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Itachi Uchiha sebagai salah satu jurus andalannya saat bertarung melawan Sasuke. Dan seiring berjalannya waktu, kita kemudian melihat bahwa tidak hanya Itachi yang ternyata mampu menggunakan atau memiliki kekuatan ini. Ketika Susanoo berada dalam kekuatan penuh, tidak ada yang mampu menghentikan kedahsyatan dari Jutsu ini.

Pengendalian Kurama

Kekuatan terbesar dari Mangekyou Sharingan selain mampu menghasilkan Susanoo adalah mampu mengendalikan bijuu, khususnya Kurama sang serigala ekor sembilan. Mereka yang memiliki kemampuan mata tersebut mampu untuk membuat kontrak dengan Kurama dan kemudian menggunakannya sesuai kebutuhan dan keinginan mereka.

Comicbook.com

Madara Uchiha dan Obito Uchiha menjadi bukti dari hal ini. Dulu, mereka pernah menggunakan kekuatan dari Kurama untuk menghancurkan Konoha. Namun, keduanya gagal untuk melakukan hal tersebut. Dalam anime pun Fugaku Uchiha pernah menyebutkan bahwa kemampuan dari Mangekyo Sharingan cukup kuat untuk mengendalikan Kurama.

Featured image: pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.