Meskipun sudah bertahun-tahun terlewati, namun masih ada banyak para fans One Piece yang merasa sedih dan kehilangan sosok Portgas D. Ace dan Whitebeard. Seperti yang kita ketahui, keduanya harus tewas dalam pertempuran puncak di Marineford. Ace sebelumnya tertangkap oleh Blackbeard setelah kalah dalam pertarungannya, dan kemudian diserahkan kepada pihak angkatan laut.

Meskipun Luffy dan aliansi yang baru dia bentuk di Impel down berhasil menyelamatkan Ace, namun itu hanya sebentar. Sampai kemudian Sakazuki memanfaatkan Luffy sebagai titik lemah dari Ace. Dan akhirnya Ace pun tewas setelah melindungi Luffy dengan tubuhnya yang diserang oleh pukulan magma Sakazuki. Luffy benar-benar hancur saat momen tersebut sampai-sampai dia tidak sadarkan diri.

Banyak yang kemudian bertanya, bagaimana jika Ace kembali dihidupkan? Apakah hal tersebut mungkin untuk dilakukan? Jawabannya adalah mungkin. Membangkitkan seseorang yang sudah mati, tentunya akan menjadi hal yang diluar kebiasaan dari cerita One Piece. Berbeda dengan seri Naruto yang mampu membangkitkan mereka yang sudah mati atau sekarat dengan berbagai jutsu yang ada, One Piece tidak memiliki hal semacam itu.

Who would win, Akainu and Aokiji vs Natsu and Gray? - Quora
Quora.com

Lalu, apa yang membuat cerita One Piece bisa membangkitkan kembali orang yang sudah mati? Bagaimana caranya membangkitkan Ace? Pertama adalah dengan menggunakan buah iblis Ope Ope no Mi milik Trafalgar Law. Buah iblis tersebut sangat kuat dan unik bahwa Doflamingo pun sangat terobsesi untuk bisa memiliki atau mendapatkan buah iblis tersebut, karena efeknya.

Salah satu efeknya adalah mampu memberikan keabadian kepada penggunanya. Mengingat Law sekarang adalah sekutu dari Luffy, mungkin saja law setuju dengan permintaan Luffy untuk membangkitkan kembali Ace. Lalu, cara kedua adalah dengan meminta bantuan Gecko Moria atau Dr. Hogback yang memang dikenal mampu menghidupkan kembali orang yang sudah mati.

Reddit.com

Tapi, perlu dicatat bahwa mereka yang dibangkitkan kembali oleh Hogback atau Moria tidak sama dengan mereka ketika masih hidup. Karena, biasanya mereka membutuhkan bayangan orang lain untuk melakukannya. Dan jika memang Ace akan kembali dihidupkan oleh Moria dan Hogback, hal itu akan membuang-buang waktu Luffy menuju Laugh Tale.

Meskipun terdengar menarik, ada beberapa kelemahan dalam teori ini. Pertama adalah  dari segi plot membangkitkan kembali Ace akan membuat semuanya kacau. Rasanya Ace tidak perlu lagi dibangkitkan, karena jika hal itu terjadi, maka semua emosional yang muncul akan terasa sia-sia. Dan yang kedua adalah jika Ace dibangkitkan maka semua latihan Luffy juga sia-sia.

Seperti yang kita ketahui, kematian Ace merupakan motivasi terbesar Luffy untuk kemudian berubah menjadi lebih kuat lagi. Kesedihan yang dialami Luffy saat kehilangan Ace adalah pengalaman terburuk Luffy sejauh ini, dan akan lebih baik jika semuanya tetap pada jalurnya. Dan yang ketiga, Oda benar-benar mempertaruhkan reputasinya sebagai mangaka One Piece jika kemudian melakukan hal tersebut.

Bisa dipastikan Oda akan mendapatkan banyak tanggapan negatif dari para fans jika Ace kembali dibangkitkan, karena secara plot hal itu dianggap sangat buruk. Rasanya cara terbaik untuk “menghadirkan kembali” sosok Ace adalah melalui flashback, dan hal ini sudah dilakukan oleh Oda Sensei dalam arc Wanokuni, dan Ace sendiri muncul di chapter 999 dan 1000 kemarin.

Featured image: pinterest.com