Dalam cerita One Piece, kekuatan fisik mungkin menjadi prioritas utama dari setiap karakter yang muncul. Hal ini banyak dibuktikan, dimana banyak karakter yang mencoba untuk terus menjadi kuat. Misalnya Zoro, yang sangat tidak ingin menjadi lemah demi bisa mewujudkan mimpi besarnya yaitu menjadi ahli pedang terbaik. Atau mungkin Luffy yang terus berlatih agar bisa mengalahkan musuh lebih besar.

Mengingat cerita One Piece adalah tentang persaingan para bajak laut untuk menuju Laugh Tale dan menemukan One Piece di pulau terakhir tersebut, dan sebelumnya mereka harus menghadapi banyak sekali tantangan berat, rasanya wajar jika fisik menjadi prioritas utama. Pasalnya ada banyak bajak laut lainnya yang juga memiliki mimpi atau tujuan yang sama.

Namun, ada satu hal yang mungkin banyak dilupakan banyak orang yaitu kekuatan informasi. Tanpa banyak orang sadari, sebenarnya kekuatan informasi memiliki dampak yang juga tidak kalah penting dari kekuatan fisik. Bahkan dengan memiliki kekuatan informasi, seseorang bisa menggengam dunia. Setidaknya itulah yang disampaikan oleh nenek Nyon, yang menasihati Luffy untuk mulai membiasakan diri membaca surat kabar.

Aminoapps.com

Berbicara mengenai surat kabar, dalam dunia One Piece hanya ada satu surat kabar yang beredar yang mana dipimpin oleh Morgan. Morgan benar-benar menguasai semua sirkulasi berita dan informasi yang beredar di dunia One Piece. Dalam episode 957 kemarin, Morgan mungkin akan mampu memberikan perubahan besar terhadap masa depan dari One Piece.

Mungkin banyak Geeks yang bertanya bagaimana caranya kemudian Morgan mampu memberikan perubahan besar kepada dunia. Seperti halnya dalam dunia nyata, berita atau kabar-kabar yang muncul di surat kabar terkadang membuat para pemimpin sebuah negeri atau kelompok tertentu tidak senang. Dalam cerita One Piece, kabar mengenai bubarnya Shichibukai dan kematian Sabo membuat pihak Pemerintah Dunia tidak senang.

Meskipun ada agen CP-0 yang kemudian datang dan membayar Morgan untuk tidak menghadirkan kabar tersebut, namun Morgan tetap bersikukuh untuk tetap menampilkan beritanya. Hal itu dikarenakan Morgan beranggapan bahwa memang sudah menjadi tugas jurnalis, untuk menampilkan berbagai fakta yang sebenarnya, meskipun itu membuat pihak Pemerintah Dunia tidak senang.

Reddit.com

Sudah banyak bukti bagaimana Morgan dapat mempengaruhi seluruh dunia One Piece. Misalnya, saat Morgan memberikan julukan kepada Luffy sebagai “Yonko Kelima” yang mana hal tersebut langsung mengguncang seluruh dunia. Shanks sendiri sangat senang mendengar kabar dari Luffy yang sudah berkembang sangat pesat menjadi sosok yang kuat, dan dengan nilai buruan hampir sama dengan para Yonko di New World.

Dan yang paling baru adalah kabar mengenai sosok Sabo yang diduga tewas. Kabar ini langsung membuat banyak orang merasakan kesedihan dan terkejut. Contohnya adalah Makino yang merasa sedih dan menutup barnya setelah mengetahui kabar kematian Sabo. Sama halnya dengan Dadan yang juga sedih mendengar kabar kematian Sabo tersebut. Kesedihan dari Dadan dan Makino memang bisa dipahami, bagaimana mereka harus kembali kehilangan orang yang mereka kenal setelah kematian Ace.

Kita juga melihat bagaimana kepanikan dalam tubuh Pasukan Revolusi yang tidak percaya dengan kabar tersebut. Organisasi sebesar Pasukan Revolusi pun berhasil dibuat “goyang” dengan kabar yang disampaikan oleh Morgan. Jadi, kesimpulannya adalah jika ditanya siapa sosok yang berpengaruh di cerita One Piece, maka jawabannya adalah Morgans.

Dengan kekuatan informasi yang dia sampaikan melalui surat kabarnya, dia mampu mempengaruhi semua orang yang ada di dunia One Piece. Bahkan, pihak Pemerintah Dunia pun merasakan pengaruh besar dari informasi yang disampaikan oleh Morgans. Secara tidak langsung, Morgans adalah sosok yang akan mempengaruhi masa depan, tanpa perlu bertarung atau turun ke medan pertempuran.