Organisasi SWORD merupakan organisasi paling rahasia dari markas angkatan laut. Organisasi rahasia ini dipimpin oleh X-Drake. Selama ini, Oda Sensei selalu memperlihatkan sosok Drake sebagai mantan angkatan laut yang kemudian memilih menjadi bajak laut, dan kemudian pada akhirnya menjadi bagian dari Supernova. Selain dipimpin oleh Drake ada beberapa hal menarik lainnya dari organisasi ini.

Pertama adalah operasi mereka sangat rahasia, dan operasi yang mereka lakukan sejauh ini diketahui adalah mengawasi aktifitas dari para Yonko. Saking rahasianya, pihak angkatan laut sendiri tidak mengetahui adanya organisasi ini. Bahkan, bukan hanya angkatan laut, Gorosei dan Pemerintah Dunia pun tidak mengetahui adanya SWORD. Mereka benar-benar bergerak di bawah radar.

Bukti nyata dari hal ini adalah saat di Sabaody, Kizaru menyerang Drake tanpa ragu dimana seolah Kizaru menyangka bahwa Drake memang benar-benar sudah berubah menjadi seorang bajak laut. Yang menarik juga adalah mereka saling berkomunikasi melalui saluran Den Den Mushi yang aman. Mereka menggunakan sandi, agar informasi yang diberikan tidak didengar atau bocor. Selain Drake, Koby diketahui menjadi anggota SWORD yang lain.

Otakuart.com

Sejauh ini, baru itu saja informasi yang diberikan oleh Oda Sensei mengenai SWORD. Namun, meskipun begitu para fans banyak yang mencoba berspekulasi mengenai siapa lagi yang memang menjadi bagian dari SWORD. Monkey D. Garp menjadi salah satu diantaranya. Garp adalah salah satu dari sedikit angkatan laut yang tidak setuju dengan sistem yang berjalan saat ini, khususnya di tubuh angkatan laut sendiri.

Garp tidak setuju dengan prinsip keadilan absolut. Garp berpendapat bahwa angkatan laut seharusnya berpegang teguh pada keadilan moral. Artinya angkatan laut bukan berarti menjadi melemah terhadap bajak laut, namun semuanya dilihat dari kacamata moral. Seperti misalnya Garp yang setuju untuk mengurus Ace, anak dari Gol D. Roger.

Koby sendiri merupakan salah satu orang yang dilatih langsung oleh Garp, selain Helmeppo, sehingga tidak mungkin Koby dan Helmeppo tidak menyadari adanya organisasi ini. Lagipula, Garp selalu membuat Koby untuk menjadi sosok yang sama seperti Garp, angkatan laut yang baik dan penuh integritas. Dan ini juga mungkin yang menjadi alasan Garp menolak menjadi admiral.

https://nakama1.blogspot.com/

Admiral adalah sosok yang selalu diawasi gerak-geriknya oleh semua orang, termasuk Gorosei. Menjadi wakil admiral membuat Garp pada akhirnya bisa leluasa untuk berada di organisasi SWORD. Selain Garp dan Koby – serta Helmeppo – angkatan laut lainnya yang diduga menjadi bagian dari SWORD adalah Fujitora, Smoker, dan Aokiji.

Luffy sendiri berseteru dengan Smoker ketika arc Alabasta di awal kemunculan One Piece. Meskipun Smoker seorang angkatan laut, dia secara tidak langsung menaruh hormat kepada Luffy. Dia juga sadar bahwa yang mengalahkan Crocodile adalah Luffy dan bukan dirinya. Sama seperti Garp, Smoker sendiri tidak memiliki prinsip keadilan absolut.

Sedangkan Aokiji, sedari awal dia bergabung dengan angkatan laut Aokiji selalu mengagumi sosok Garp. Dia kagum dengan semua dedikasinya, dan semua kerja kerasnya. Dan kembali, Aokiji adalah salah satu angkatan laut yang tidak setuju dengan keadilan absolut. Buktinya adalah dia rela bertarung, dan keluar dari angkatan laut, karena dia tidak mau berada di bawah pimpinan Sakazuki,

Seorang mantan perwira angkatan laut yang merasa berdosa akan masa lalunya. Salah satu sifat yang dimiliki oleh Fujitora adalah dia selalu memegang teguh prinsip keadilan. Buktinya adalah dia sangat hormat terhadap Zoro dan juga Luffy. Selain Garp, bisa jadi Fujitora adalah salah satu petinggi angkatan laut di organisasi ini.

Featured image: deviantart.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.