Dalam cerita Naruto dan Boruto, jutsu merupakan teknik yang biasa digunakan untuk mengalahkan musuh. Ada banyak jenis jutsu yang bisa digunakan, mulai dari jutsu yang sifatnya menghancurkan, melindungi, atau ada juga jutsu yang memiliki fungsi untuk menyegel atau mengurung musuhnya. Mengurung dan menyegel musuh, adalah tujuan utama dari teknik Jutsu Segel (Fuinjutsu).

Tentunya ada alasan kuat mengapa seorang shinobi menggunakan jutsu segel ketika bertarung. Diantara sekian banyak shinobi dalam serinya, klan Uzumaki adalah klan yang dikenal karena kemampuannya dalam hal teknik segel. Kedahsyatan dari klan Uzumaki sudah terkenal bahkan sejak zaman Hashirama. Berikut adalah berbagai teknik segel yang dimiliki klan Uzumaki.

Teknik Segel Uzumaki

Masashi Kishimoto tidak memberi tahu apa nama teknik segel ini. Yang pasti, teknik segel ini sangatlah kuat ketika diaktifkan. Setelah melakukan berbagai gerakan tangan, sang Uzumaki yang mengaktifkan tekniknya akan menyentuh tanah dengan telapak tangannya, dan segel tersebut pun akan mulai muncul dan langsung mengarah pada targetnya. Tidak harus manusia, bijuu pun bisa disegel dengan teknik ini.

http://nanadaimehd.blogspot.com/

Hal ini dibuktikan dalam episode flashback saat pemimpin dari klan Uzumaki dan Hashirama bertemu. Pemimpin klan Uzumaki kemudian memperlihatkan kemampuannya tersebut di depan Hashirama. Selain untuk menyegel makhluk hidup, diketahui juga bahwa teknik segel ini bisa menyegel kekuatan lawan seperti yang dilakukan oleh Minato dulu.

Segel Rantai

Jutsu segel ini juga merupakan teknik jutsu yang dimiliki oleh klan Uzumaki. Ibu dari Naruto, Uzumaki Kushina, merupakan orang yang pertama kali memperlihatkan teknik segel dari keluarganya tersebut. Tujuannya seperti yang kita ketahui, untuk menahan pergerakan Kurama yang akan menghancurkan Konoha. Teknik segel rantai ini juga bisa menahan apapun yang menjadi targetnya.

animesouls.com

Menurut Hiruzen Sarutobi, ketika teknik segel ini digunakan maka tidak ada satupun makhluk yang mampu melepaskan diri atau lolos. Dan hal ini terbukti dimana Kurama yang dalam bentuk sempurnanya tidak bisa melakukan apa-apa ketika Kushina mengikat dirinya dengan teknik segel tersebut. dan akhirnya segel tersebut berhasil membuat Kushina dan Minato memasukannya ke tubuh Naruto.

Eight Trigram Sealing

Eight Trigrams Sealing Style atai Hakke no Fuin Shiki merupakan teknik segel lainnya yang digunakan oleh klan Uzumaki untuk mengurung atau mengunci berbagai objek atau subjek yang sangat besar. Teknik segel ini diperlihatkan saat Minato dan Kushina mencoba untuk mengendalikan Kurama dan memasukannya ke tubuh Naruto, dan menguncinya di dalam tubuh Naruto.

anime.stackexhange.com

Untuk melakukan teknik segelnya, pengguna pertama-tama harus membangkitkan sebuah altar upacara dan juga menempatkan targetnya. Segelnya sendiri tidak secara otomatis muncul dan terlihat di perut Naruto, namun baru akan terlihat ketika dia menggunakan chakra dari Kurama. Segel ini sempat hancur saat pertarungan Naruto dan Kurama. Namun, Naruto berhasil menyegelnya kembali dengan Torii Seal, yaitu segel gerbang yang jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Segel Kematian

Menggunakan teknik segel Shiki Fujin artinya seorang shinobi harus siap dengan segala resiko dan juga apa yang akan terjadi kepadanya setelah itu. Karena tidak main-main, tenik segel ini mampu membuat penggunanya memanggil Shinigami atau dewa kematian. Tidak ada cara untuk bisa menghindar dari teknik ini, ketika sang dewa kematian sudah mengarah pada targetnya.

animesouls.com

Orochimau merupakan salah satu contoh nyata “korban” dari teknik segel ini, ketika pertarungannya melawan Hiruzen Sarutobi. Sama seperti segel rantai milik klan Uzumaki, pengguna teknik segel ini harus bersiap “dimakan” oleh sang dewa kematian dan mereka pun akan bertarung dengan lawannya tanpa batas waktu.

Featured image: wall.alphacoders.com