Dengan umat manusia yang terancam punah, dunia yang sedang kacau, seperti yang diperlihatkan dalam chapter terbaru manga Attack on Titan, memang rasanya masuk akal jika banyak orang tidak terlalu memperhatikan detail kecil atau momen yang singkat yang sangat berharga. Apalagi, hal ini muncul dari sosok “protagonis baru” dari serinya.

Dalam chapter 136 kemarin yang berjudul “Devote Your Hearts,” para pasukan aliansi Eldian dan Marley yang tersisa kemudian merencanakan serangan lanjutan terhadap Founding Titan Eren. Namun, ada sebuah hal menarik yang berkaitan dengan “kekuatan sesungguhnya” dari para Titan yang keluar dari mulut Gabi Braun. Dan informasi ini bisa menjadi kunci utama untuk menghancurkan para Titan untuk selamanya.

Observasi yang Gabi lakukan memiliki koneksi dengan kebangkitan kembali sosok Eren Jeager di puncak arc Perang Paradis (War for Paradis). Dalam momen yang epik tersebut, para pasukan militer Marley dan pasukan Scouts Eldian bersatu untuk sebuah tujuan penting: menghentikan Jeager bersaudara untuk menjalin kontak. Jika Eren, yang memiliki kekuatan Founding Titan, menyentuh saudaranya, Zeke, maka Eren akan membuka potensi penuh dari kekuatan Titan.

aotmanga.com

Hal ini diperlihatkan ketika Eren mencium tangan dari Historia Reiss, dan itu membuat Eren langsung terkoneksi dengan ingatan dari keluarga Historia. Dengan menggunakan sebuah senapan, Gabi hampir saja menghentikan pertempuran tersebut dengan menembak bagian kepala dari Eren dan kemudian berlari untuk bertemu dengan Zeke. Namun, ada hal yang luar biasa terjadi.

Ketika kepala Eren jatuh ke tangan Zeke, bagian tulang belakang dari tubuhnya – yang menurut Gabi sangat mirip dengan kelabang – kemudian keluar dan menarik kembali kepalanya membuat Eren kembali hidup dan akhirnya dia mewarisi kekuatan dari Founding Titan. Dengan menggunakan kekuatan penuh, Eren akhirnya memulai peristiwa mengerikan yang mengancam umat manusia, Rumbling.

Seperti yang kita tahu dari cerita Attack on Titan bahwa Ymir, Titan pertama dalam sejarah, mendapatkan kekuatan Titan ribuan tahun lalu saat dia tidak sengaja terjatuh ke dalam pohon misterius. Dan terdapat bentuk yang mirip seperti kelabang, yang ternyata adalah tulang belakang, kemudian menyatu secara otomatis ke dalam tubuh Ymir Fritz. Dan karena itulah Ymir Fritz kemudian mendapatkan kekuatan Titan.

Itulah mungkin alasan mengapa Eren Krueger menyebut bagian tulang belakang tersebut sebagai “sumber dari semua makhluk hidup. Dan di sisi lain, bagian belakang – khususnya bagian pundak – dari tubuh Titan adalah titik lemah yang selalu menjadi titik utama penyerangan terhadap para Titan. Dan pada bagian itu juga para pewaris kekuatan Titan berada – seolah menjadi bagian kokpitnya.

Di chapter 136 Gabi mengatakan bahwa makhluk yang mirip kelabang dan bercahaya tersebut adalah Founding Titan. “Jika itu memang adalah sumber kekuatan dari seluruh Titan, mungkin kita akan melihatnya lagi jika kita mengalahkannya (Eren).” Sebenarnya, memotong bagian belakang dari Titan tidak benar-benar membuat Titan mati. Kematian tersebut hanyalah sementara.

Sejauh ini belum pernah ada satu orang pun yang mampu menemukan cara untuk menghentikan para Titan tersebut secara permanen. Dan rasanya juga tidak ada dari para karakter dari pasukan aliansi memiliki kemampuan untuk memerintahkan para Titan seperti Karl Fritz. Sehingga, selama Titan tersebut masih tetap ada, maka dunia tidak akan pernah mengenal kata perdamaian.

Ide dari Gabi yang menyebutkan bagaimana caranya untuk bisa memaksa makhluk berbentuk kelabang tersebut muncul kembali dari tubuh Eren, memberikan petunjuk jelas bagaimana kemudian mereka bisa menghancurkan para Titan untuk selamanya. Founding Titan adalah sumber dari semua Titan yang ada. Dan Jika kemudian Founding Titan berhasil dihancurkan untuk selamanya – pada bagian tulang belakang – maka semua Titan lainnya juga mungkin akan mati.

Konsep ini sendiri sebenarnya dianggap mirip dengan konsep mitologi Nordik dari Yggdrasil (pohon dunia) yang dikatakan terhubung dengan bagian belakang manusia. Kesimpulannya adalah jika Eren berhasil kembali dilumpuhkan, maka tulang belakang Founding Titan pastinya akan kembali muncul dan menyelamatkan wadahnya. Dan jika itu terjadi, menjadi kesempatan besar bagi mereka untuk segera menghancurkannya.

Dengan bagian tulang belakang tersebut hancur, maka akar dari semua masalah Titan mungkin akan menghilang untuk selamanya. Saat ini, puluhan kilo bahan peledak sudah diletakan di bagian belakang Founding Titan Eren, dan Pieck Finger serta Jean sedang berusaha untuk meledakannya. Menghancurkan Founding Titan akan membuat Eren akhirnya bisa diserang. Namun, yang menjadi masalah adalah apakah Mikasa kemudian memiliki keberanian untuk menghabisi nyawa Eren ketika kesempatan itu muncul. Mungkin momen tersebut akan “diambil alih” oleh Gabi demi menyelamatkan dunia.