Dengan situasi yang semakin memanas di Wano, para fans One Piece kembali diingatkan bahwa Wano adalah sebuah wilayah yang sangat terisolasi, jauh dari peradaban yang terjadi di dunia. Seri anime One Piece episode 957 menghadirkan cerita yang terjadi di luar Wano, dimana dunia kini berubah menjadi sangat kacau karena peristiwa yang berkaitan dengan Reverie.

Sesuatu terjadi di kerajaan Alabasta, Sabo dari Pasukan Revolusi dikabarkan tewas, dan yang paling penting adalah kabar mengenai dibubarkannya sistem Shichibukai. Hancurnya Shichibukai diprediksi akan menganggu keseimbangan kekuatan yang ada di dunia One Piece. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Shichibukai dan Keseimbangan Kekuatan

Shichibukai merupakan tujuh bajak laut terhebat yang bekerja sama dengan pihak Pemerintah Dunia. Sosok seperti Dracule Mihawk, Crocodile, dan Donquxiote Doflamingo pernah menjadi bagian dari sistem ini. Mereka adalah bajak laut yang memiliki kewenagan lebih, dimana mereka bebas pergi kemanapun dan bisa dipastikan akan mendapatkan ampunan, selama mereka mau menjadi bagian dari Pemerintah Dunia.

image source: otakulegion.com

Mengapa sistem Shichibukai menarik, karena mereka berada di tengah-tengah dua kekuatan besar dunia lainnya, yaitu angkatan laut dan Yonko. Teorinya, para Shichibukai ini menjadi penyeimbang dari dua kekuatan tersebut. Jika Yonko menjadi lawan yang terlalu kuat, maka Shichibukai bisa ikut membantu pihak angkatan laut. Dan sebaliknya, bila angkatan laut menjadi terlalu kuat atau menjadi ancaman serius, Shichibukai bisa saja memberontak.

Hal ini diperlihatkan di episode 957, dimana para karakter seperti Boa Hancock, Buggy si Badut, dan Edward Weevil menjadi incaran angkatan laut setelah sistem Shichibukai dibuatkan. Namun, para mantan Shichibukai tersebut sepertinya tidak gentar – kecuali Buggy – untuk menghadapi ancaman angkatan laut. Mereka malah bersiap untuk menghadapi mereka.

Tanpa Shichibukai, Dunia Akan Kacau

Berada diantara angkatan laut dan Yonko kehadiran Shichibukai untuk menyeimbangkan kekuatan besar menjadi satu hal yang menjadi satu hal yang harus dilakukan oleh Shichibukai. Namun, ancaman besar yang harus dihadapi dunia mungkin baru akan kembali muncul di arc Wano ini. Hal ini dikarenakan Kaido dan Big Mom sekarang menjadi sebuah aliansi, sesuatu yang sangat langka.

image source: cbr.com

Tanpa kehadiran Shichibukai, keduanya hanya harus menghadapi satu tantangan saja untuk memenuhi mimpi mereka: menguasai dunia dan menemukan One Piece. Memang, sebelum Kaido dan Big Mom bertindak lebih jauh, mereka akan menghadapi Luffy, kelompok Topi Jerami dan juga aliansinya. Jika kemudian Luffy aliansinya mampu melakukan hal yang dianggap mustahil, maka Pemerintah Dunia akan menghadapi ancaman yang jauh lebih besar lagi.

Seperti yang dikatakan oleh Issho, bahwa kita tidak akan pernah tahu apa konsekuensi dari semuanya, sampai keseimbangan yang ada benar-benar hancur. Dan saat ini situasi yang sedang terjadi, perlahan tapi pasti, semakin membuktikan efek yang muncul dari hancurnya Shichibukai. Masih harus kita nantikan apa yang akan terjadi kemudian setelah semuanya tidak lagi sesuai dengan porosnya.

Featured image: kaskus.co.id