2020 menjadi tahun yang besar bagi manga Boruto: Naruto Next Generation. Setiap chapter baru yang ditampilkan semakin memperjelas apa tujuan dari Kara dan juga apa tujuan Jigen dengan organisasi tersebut. Para pembaca mendapatkan nuansa Akatsuki saat pertama kali muncul di seri manganya, namun kemudian perlahan kita mulai tahu apa tujuan sebenarnya dari kelompok ini.

Mereka ingin menghancurkan dunia dengan menjalankan kembali misi yang dulu sempat tertunda, yaitu menanam pohon suci, kemudian mendapatkan wadah sempurna yang tidak lain adalah Kawaki. Dari sekian banyak hal yang muncul di tahun 2020 dalam manga Boruto, ada beberapa momen yang dianggap sebagai momen paling heboh di tahun tersebut. Apa saja?

Masa Lalu Kaguya Terungkap

Dalam seri Naruto, pada awalnya banyak yang mengira bahwa Kaguya hanya datang sendiri saat tiba ke bumi dan mencoba untuk mengambil alih planet ini, dengan menanamkan pohon suci. Namun, di chapter 46, kita kemudian mengetahui bahwa Kaguya tidak datang sendiri. Ternyata dijelaskan dalam setiap misi untuk mengambil alih sebuah planet, klan Otsutsuki akan mengirimkan dua orang anggota mereka.

Comicvine.gamespot.com

Satu orang akan menjadi “tumbal” dari proses penanaman pohon suci tersebut. Kaguya sendiri seharusnya adalah “tumbal” dari penanaman pohon suci di bumi. Dan rekannya sendiri adalah Isshiki. Kaguya justru mengkhianati Isshiki, sampai dia tidak sadarkan diri dan harus masuk ke tubuh seorang biksu bernama Jigen. Isshiki kemudian mengetahui tentang sosok Kawaki, karena itulah dia kemudian membuat dan menjadikan Kawaki sebagai target untuk menjadi wadah sempurnanya. Inilah tujuan Kara dibentuk sejak awal.

Identitas Asli Kashin Koji

Sudah sejak lama sosok Kashin Koji dispekulasikan memiliki semacam afiliasi atau memiliki koneksi dengan Konoha, karena dia mampu melewati chakra pemisah dan juga para ninja sensor. Ada teori yang mengatakan bahwa Kashin Koji adalah anak dari Jiraiya dan juga merupakan sosok Jiraiya dari masa depan. Di chapter ke 47 kemudian terungkap, bahwa sebenarnya Kashin Koji adalah kloning dari Jiraiya.

Flipboard.com

Hal ini diungkapkan sendiri oleh Isshiki, sebagai sosok yang menciptakan Kashin Koji. Namun, kita masih belum mengetahui bagaimana Kara melakukan kloning terhadap Jiraiya. Jiraiya sendiri di seri Naruto diperlihatkan sudah tewas, dan tubuhnya sengaja dibuang di lautan oleh Akatsuki. Nasib dari Kashin Koji sendiri saat ini masih belum diketahui, namun terakhir dia terlihat sekarat dan tidak bisa menggerakan badannya setelah Isshiki menghantamnya dengan kotak-kotak besar.

Kematian Isshiki

Di akhir chapter 53 Isshiki pada akhirnya harus menghadapi kematiannya setelah dia gagal untuk meindahkan segel Karma ke tubuh kawaki. Dengan kecerdasan yang dimiliki Kawaki, dia langsung berpikir untuk menggunakan Kagebunshin dan tidak menolak saat tubuhnya dialiri oleh segel Karma. Namun, setelah Isshiki benar-benar kehabisan tenaga, terungkap bahwa sosok tersebut bukanlah Kawaki yang asli melainkan Kagebunshin.

Quora.com

Kawaki yang asli kemudian muncul dari balik batu dan langsung menghancurkan Isshiki. Akhirnya, seelah pertarungan yang melelahkan, Isshiki mampu dikalahkan. Namun, yang mengejutkan adalah bukan Sasuke atau Naruto – atau bahkan Boruto – yang membunuh Isshiki, melainkan Kawaki. Selain itu, Isshiki juga kalah oleh teknik “dasar” yang tidak terduga.

Boruto Menusuk Mata Sasuke

Selain Kawaki yang berhasil mengalahkan Isshiki, kejutan lainnya dari chapter 53 adalah ketika Boruto – yang dipengaruhi oleh Momoshiki – menusuk mata kiri dari Sasuke. Akibatnya, Sasuke tidak bisa melihat dan dia harus kehilangan Rinnegannya. Hal ini membuat situasi bukannya semakin bertambah baik, justru semakin bertambah buruk.

CBR.com

Artinya, Naruto kini harus berjuang melawan Momoshiki demi menyelamatkan sang anak. Dan meskipun sasuke akan membantu Naruto, kekuatannya tidak akan pernah 100% mengingat dia sekarang mengalami kebutaan juga. Masih belum diketahui apa yang akan terjadi kepada Boruto selanjutnya. Apakah Naruto akan rela jika harus membunuh anaknya sendiri demi kepentingan semua orang?

Baryon Mode Naruto

Inilah momen paling heboh yang terjadi di tahun 2020 dalam manga Boruto. Bahkan, bisa dibilang ini adalah salah satu momen yang paling heboh di sepanjang sejarah franchisenya. Naruto dan Sasuke benar-benar kepayahan dalam menghadapi Isshiki. Mereka tidak bosa berbuat apa-apa, karena kekuatan Isshiki nyatanya jauh di atas level mereka. Bahkan, untuk melancarkan sebuah serangan pun sangat sulit.

Animesoulking.com

Menyadari bahwa dirinya tidak berdaya, Naruto kemudian menyanggupi cara yang ditawarkan oleh Kurama. Mereka harus menyatukan kekuatan chakra mereka menjadi satu yang akhirnya menghasilkan Baryon Mode yang dahsyat. Baryon Mode ini mampu membuat Isshiki kewalahan dan takluk. Nyawanya berkurang drastis dari 72 jam menjadi hanya beberapa menit saja. Namun, yang membuat heboh adalah Baryon Mode benar-benar mempertaruhkan nyawa Naruto, sehingga banyak yang menduga bahwa Naruto akan tewas dalam. Beruntung, Naruto tidak jadi tewas.