Episode kelima dari seri anime Attack on Titan menjadi titik awal cerita puncak di musim terakhir serinya. Episode kelima yang berjudul “Declaration of War” bukan hanya membuat Willy Tybur terkejut, melainkan juga semua orang yang hadir di acara pementasan di wilayah pengungsian tersebut. Mereka terkejut dan tidak menyangka akan apa yang mereka lihat.

Ketika negara Marley sedang bersiap untuk kembali menyerbu Pulau Paradis dan mengambil kekuatan Founding Titan, Willy Tybur, perwakilan dari keluarga Tybur yang merupakan pewaris dari War Hammer Titan, mengadakan sebuah pentas drama dimana ceritanya menghadirkan sejarah perselisihan Eldian dan Marley, serta tentu saja sejarah terbentuknya Titan.

Namun, yang menjadi kejutan dari pertunjukan tersebut adalah Willy Tybur mengungkapkan fakta sebenarnya dibalik semua sejarah yang diketahui oleh orang-orang. Willy mengungkapkan bahwa Helos adalah sosok pahlawan palsu. Dia juga menceritakan fakta sebenarnya bahwa raja Fritz yang merupakan pahlawan sebenarnya – bersama dengan keluarga Tybur.

denofgeek.com

Willy kemudian mengatakan bahwa dunia saat ini kembali dalam situasi berbahaya. Dunia berada di bawah ancaman salah satu penduduk dari pulau Paradis, yang tidak lain adalah Eren Yeager. Willy memulai pidatonya dengan memberikan ingatan kepada para penonton mengenai masa lalu Eldian yang sangat mengerikan, dimana mereka menggunakan kekuatan Titan untuk mengambil alih dunia, termasuk Marley.

Willy kemudian mengungkapkan fakta sebenarnya mengenai Helos, bahwa sebenarnya Helos hanyalah sebuah rekayasa dari Karl Fritz dan keluarga Tybur, yang sangat menginginkan perdamaian. Willy juga kemudian menjelaskan bahwa ancaman “Rumbling” yang sempat dikeluarkan oleh Karl Fritz dan menjadi sesuatu yang menakutkan bagi Marley dan semua bangsa, ternyata tidak pernah ada.

CBR.com

Dalam sejarah yang banyak penduduk Marley ketahui, peristiwa “Rumbling” adalah ancaman yang dikeluarkan Karl Fritz kepada siapapun bangsa yang mencoba mengganggu kedamaian mereka. Peristiwa “Rumbling” sendiri adalah ketika Founding Titan memerintahkan semua Titan yang ada di pulau Paradis yang jumlahnya mencapai jutaan, untuk kemudian menginjak-injak manusia atau bangsa manapun tanpa ampun.

Inilah yang kemudian membuat Marley mencoba mencari tahu siapa pemilik Founding Titan, dan merebut kekuatannya. Hal itu dilakukan semata-mata menurut mereka demi menyelamatkan dunia. Ini juga alasan mengapa kemudian mereka memilih beberapa orang untuk menjadi pemilik kekuatan Titan – Reiner, Annie, Marcel, dan Bertholt – dan kemudian menyusup ke pulau Paradis.

Tapi, fakta sebenarnya adalah Karl Fritz ingin hidup damai bersama dengan para rakyatnya, maka dari itu dia membawa sebanyak mungkin penduduk Eldia untuk pindah ke pulau Paradis, dan menggunakan kekuatan Founding Titan miliknya untuk mengubah jutaan Colossal Titan menjadi tembok pelindung, dan para penduduk Eldian pun dihilangkan ingatannya.

animetroop.com

Mengingat sekarang kekuatan Founding Titan tidak ada di tangan Karl Fritz, dan diketahui dimiliki oleh Eren Yeager, akhirnya Willy pun meminta “bantuan” berupa dukungan dan semangat dari semua orang yang ada disana. Dan kemudian pertunjukan tersebut diakhiri dengan deklarasi perang terhadap pulau Paradis, sesuai dengan judulnya.

Di sisi lain, Eren dan Reiner akhirnya kembali bertemu di sebuah ruang bawah tanah, ditemani oleh Falco. Pieck dan Porco sendiri dijebak oleh sosok misterius, dimana mereka berdua terjebak di sebuah lubang yang dalam dan sempit. Hal itu akan mencegah mereka untuk berubah menjadi Titan. Pertemuan Eren dan Reiner ini benar-benar membuat Reiner ketakutan dan tidak percaya.

Reiner tidak percaya bahwa Eren bisa ada di depan matanya, menyusup ke wilayah musuh. Disinilah Eren menyebut bahwa dirinya dan Reiner tidaklah berbeda. Mereka rela masuk ke wilayah musuh, menyusup, demi misi yang mereka jalani.  Dan di akhir cerita, Eren pun menunjukan bentuk Titannya yang mana hal itu menghancurkan seluruh panggung pertunjukan. Willy sendiri tidak percaya dengan apa yang dia lihat dan terkejut melihat adanya sosok Eren yang tiba-tiba muncul. Episode 5 ini benar-benar menghadirkan sesuatu yang sangat luar biasa, yang menjadi awal mula cerita puncak serinya.

Featured image: pinterest.com