Cerita di seri One Piece biasanya berfokus pada era bajak laut yang justru semakin menjadi-jadi setelah Gol D. Roger menjadi raja bajak laut dan dieksekusi. Sebelum kematiannya, Roger sempat memastikan bahwa One Piece memang benar-benar ada. Akhirnya, Luffy pun tertarik untuk menjadi seorang raja bajak laut. Dan seri One Piece mengikuti perjalanan Luffy, yang bermimpi untuk menjadi raja bajak laut selanjutnya.

Meskipun ceritanya berfokus pada petualangan Luffy, namun tidak jarang kita juga disuguhkan oleh berbagai hal menarik. Misalnya fakta-fakta mengenai perang besar yang terjadi di dunia One Piece. Peperangan tersebut sebagian terjadi sebelum Luffy muncul, dan sisanya adalah ketika Luffy terlibat di dalamnya, dan perang yang kemungkinan akan terjadi di masa depan. Berikut adalah perang terbesar yang terjadi di seri One Piece, sesuai dengan timeline ceritanya.

Kerajaan Kuno vs 20 Kerajaan

Era yang hilang merupakan sebuah masa yang terjadi hampir 1000 tahun yang lalu dan tercatat dalam sejarah dan berbagai benda arkeologi. Mempelajari apa yang terjadi di masa lalu sangat dilarang oleh pemerintah dunia. Perang besarnya sendiri terjadi sekitar 800-900 tahun yang lalu sebelum masa sekarang. Peristiwa penting yang terjadi ketika era tersebut adalah perang besar atau Great War.

Aminoapps.com

Di akhir era yang hilang, 20 kerajaan membentuk sebuah kekuatan besar demi mengalahkan sebuah kerajaan besar yang disebut Ancient Kingdom atau kerajaan kuno. 20 kerajaan tersebut pun kemudian membentuk organisasi yang sekarang dikenal sebagai Pemerintah Dunia. Sangat sedikit informasi mengenai peperangan ini. Namun, semua hal tersebut tercatat di Poneglyph yang dibuat oleh Klan Kozuki. Menjadi “tugas” dari Luffy dan Robin untuk mempelajari dan menyampaikan apa yang sebenarnya terjadi di masa lalu.

Insiden God Valley

Insiden God Valley bertempat di sebuah wilayah yang bernama God Valley pada 38 tahun yang lalu. Peperangan tersebut melibatkan bajak laut legendaris Rocks D. Xebec dan juga gabungan pasukan antara angkatan laut dengan bajak laut Gol D. Roger. Bajak laut Rocks merupakan kelompok bajak laut yang dianggap sebagai kru bajak laut paling berbahaya dan paling kuat saat itu.

Rjwriting.ink

Ada banyak nama-nama familiar yang menjadi bawahannya, seperti Big Mom, Whitebeard, Shiki, dan Captain John. Entah untuk alasan apa, para kaum naga langit dan budaknya tiba-tiba muncul di tengah-tengah pertempuran. Untuk melindungi mereka, akhirnya Garp dan Roger membentuk pasukan untuk sementara. Pertempurannya dimenangkan oleh aliansi angatan laut dan bajak laut Roger. Akhirnya bajak laut Rocks pun dibubarkan.

Perang Alabasta

Perang Alabasta adalah perang besar pertama yang dialami dan dilakukan oleh Luffy, beserta kru Topi Jerami. Perang Alabasta sendiri bermula saat wilayah Alabasta mulai banyak mendapatkan ancaman, tepatnya sejak 7 tahun yang lalu – menurut timeline di One Piece. Anak dari pemimpin wilayah Alabasta, Vivi, dan Karoo kemudian menyusup ke sebuah kelompok organisasi yang bertanggung jawab atas semua teror di Alabasta, Baroque Works.

CBR.com

Setelah cukup lama menyamar dan menyusup, akhirnya Vivi mengetahui semuanya. Crocodile, yang merupakan pemimpin dari kelompok tersebut, adalah otak dibalik semua teror. Dia memang berencana untuk mengambil alih Alabasta. Akhirnya Vivi meminta bantuan kepada Luffy dan kelompok Topi Jerami untuk mencegah perang saudara terjadi dan menggagalkan rencana Crocodile. Ini adalah kemenangan besar pertama dari Luffy.

Perang di Pulau Langit

Dalam arc Skypiea atau pulau langit, perang besar lainnya pun muncul, meskipun skalanya tidak sama seperti peperangan di Alabasta, dimana ratusan hingga ribuan orang terlibat di dalamnya. Perang di pulau langit merupakan perang antara God enel dan pasukannya melawan kelompok Topi Jerami, para penduduk Shandia, dan juga God Ganfall. Mereka memiliki tujuannya masing-masing.

One Piece' Confirms New Special Release Date
Comicbook.com

Kembali, Luffy dan kru Topi Jerami menjadi sorotan utama dalam arc ini dimana mereka berusaha menghentikan penindasan dan semua hal jahat yang dilakukan oleh Enel dan pasukannya. Dalam peristiwa ini, Luffy berhasil mengalahkan Enel. Dan pada perang ini pula Luffy mempelajari tentang Haki, khususnya Observation Haki.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2