Dalam sebuah kelompok bajak laut, seorang kapten memang menjadi sosok pemimpin tertinggi dan orang yang mengambil keputusan utama. Dialah yang menentukan kemana arah yang akan dituju, apa yang akan dilakukan saat ini, dan bagaimana mereka akan melakukannya. Meskipun begitu, terkadang kapten pun butuh bantuan dari pihak lain, dan dalam hal ini adalah sang wakil kapten.

Kapten dan wakil kapten adalah dua orang yang sering kali menjadi penentu sebuah kelompok bajak laut, apakah mereka akan bisa menjadi kuat atau justru akan berubah menjadi lemah. Namun, dari sekian banyak kapten dan wakil kapten yang ada di cerita One Piece, ada beberapa yang dianggap sebagai “duo” atau pasangan terbaik. Lalu, siapa saja mereka?

Bellamy dan Sarquiss (Bajak Laut Bellamy)

Bellamy the Hyena adalah mantan kapten dari kelompok bajak laut Bellamy. Sama seperti sang kapten, kelompok bajak laut Bellamy berusaha untuk menjadi sosok yang berbeda dari para bajak laut di era “New Age” ini, dimana dia meyakni bahwa para bajak laut tidak perlu lagi bermimpi mencari keberadaan One Piece dan justru lebih baik fokus mencari harta di sekitar mereka.

Sotaku.com

Sebagai seorang kapten, Bellamy mencari sosok bajak laut yang kuat dan tangguh untuk bergabung dengan kelompoknya dan berpetualang bersamanya. Para anak buahnya sendiri sangat mengagumi sosok Bellamy sebagai idola mereka dan orang-orang sendiri menganggap Bellamy sebagai bajak laut pendatang baru yang terbaik. Sang wakil kapten, Sarkies, sangat bangga dengan sang kapten dan meyakini kemampuan sang kapten akan mampu mewujudkan mimpi besar mereka. Bahkan, setelah Bellamy berhasil dikalahkan pun, Sarkies tetap percaya bahwa kemenangan Luffy murni karena keberuntungan. Sarkies enggan menolak bahwa Luffy memang lebih kuat dari sang kapten.

Sai dan Boo (Happo Navy)

Sai adalah anggota dari keluarga Chinjao dan pemimpin ke 13 dari Happo Navy. Adiknya, Boo, adalah wakil kapten dari Happo Navy. Karena latihan Hasshoken yang dia lakukan, Sai sebenarnya tidak seharusnya memiliki hubungan yang mendalam dengan sang adik dalam sebuah pertempuran. Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Hal ini sebenarnya demi mencegah konsentrasi mereka terpecah. Hal inilah yang kemudian terjadi kepada mereka saat berhasil dikalahkan oleh the Funk Brothers.

https://fan-de-mangas-du-50.skyrock.com/

Meskipun begitu, Sai tidak ragu untuk membalas kekalahan dari rekan-rekannya yang kalah atau tewas, termasuk sang adik. Boo juga bertindak sebagai guide atau pengarah bagi Sai, yang mana hubungan ini sama dengan hubungan yang terjadi sebelumnya antara Sai dan Chinjao. Contohnya adalah ketika Boo meminta sang adik untuk tidak menyerang Luffy.

Kuro dan Jango (Bajak Laut Kucing Hitam)

Kelompok bajak laut Kucing Hitam adalah kelompok bajak laut dari East Blue yang dipimpin oleh Kuro. Kuro adalah sosok kapten yang selalu berpikir bahwa krunya tidak lain adalah sebuah boneka yang bisa dia atur seenaknya. Kelompok ini benar-benar kejam dan serakah, dua hal yang mungkin menggambarkan kelompok bajak laut ini. Karena memang sebagian besar krunya adalah para bajak laut biasa, tanpa adanya arahan dari Kuro mereka tidak akan mampu berbuat apa-apa.

Pinterest.com

Kuro sebenarnya memiliki rencana jahat terhadap para krunya, dimana dia rela untuk mengorbankan seluruh krunya. Dan hal ini terbukti benar, disaat Kuro tega membunuh dan melukai banyak dari krunya. Pada awalnya, Jango, sang wakil kapten, adalah sosok yang loyal terhadap sang kapten. Tapi, itu semua sebenarnya dilakukan untuk mempermudah Jango mengambil alih kepemimpinan kelompok bajak laut ini. Meskipun terlihat seperti hubungan yang tidak harmonis, duo kapten-wakil kapten ini tetap mampu memberikan kesulitan pada Luffy.

Buggy dan Mohji (Bajak Laut Buggy)

Buggy si badut merupakan kapten dari kelompok bajak laut Buggy. Sebelum menjadi kapten kelompok bajak laut, dia dulunya adalah kru biasa di kapal Roger bersama Shanks. Tapi, setelah kru Roger dibubarkan Buggy mulai membangun namanya sendiri membentuk kelompok bajak lautnya sendiri. Buggy sendiri sangat tergila-gila dengan bajak laut dan harta, serta kekuasaan juga kepopuleran.

https://1.bp.blogspot.com

Buggy memiliki seorang wakil kapten yang cukup menarik bernama Mohji di penakluk hewan buas. Sesuai dengan julukannya, Mohji sangat ahli dalam menjinakan binatang khususnya binatang buas. Dia mempunyai seekor singa peliharaan bernama Riochie. Karena merupakan wakil dari Buggy, Mohji bisa dianggap sebagai salah satu antagonis di arc Orange Town dan juga Loguetown.

Jinbe dan Aladine (Bajak Laut Matahari)

Jinbe merupakan mantan kapten bajak laut Matahari yang sekarang menjadi kru dari Topi Jerami. Selain itu, dia juga merupakan mantan Shichibukai sebelum kemudian memutuskan untuk mundur dari posisinya tersebut. Jinbe memiliki satu mimpi, yaitu mewujudkan impian dari Fisher Tiger. Mimpinya sendiri adalah munculnya kesetaraan dan perdamaian antara manusia dan manusia ikan.

gamek.vn

Selama menjadi kapten bajak laut Matahari, Jinbe ditemani oleh sosok Aladine yang selain menjadi wakil kapten juga merupakan rekan baik dari Jinbe. Sama seperti Jinbe, Aladine juga sangat paham dan ingin mewujudkan mimpi Fisher Tiger. Dalam arc Whole Cake Island, Aladine dan seluruh kru bajak laut Matahari memahami keputusan Jinbe untuk bergabung dengan Luffy, dan mendukung hal itu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2