Dari semua Gundam yang ada di franchisenya, ada beberapa Gundam yang justru jahat dan sangat menyukai pertempuran, kekerasan, dan sangat mengerikan. Salah satunya adalah JDG-00X Devil Gundam yang sangat populer. Devil Gundam sendiri adalah Ultimate Gundam dalam cerita di seri anime Mobile Fighter G Gundam. Dan dalam serinya, Devil Gundam menjadi mecha yang sangat aneh dan paling menakutkan.

Mungkin ada diantara Geeks yang penasaran, bagaimana bisa sebuah mobile suit bisa berubah menjadi jahat. Alasan yang paling masuk akal adalah ada berbagai rahasia kelam dibalik semua itu, Lalu, apa saja rahasia kelam yang dimiliki oleh Gundam mengerikan seperti Devil Gundam? Berikut adalah pembahasannya.

Didesain Untuk Berkembang Secara Mandiri

Devil Gundam sendiri pada awalnya diciptakan sebagai Ultimate Gundam oleh Dr. Kashuu – ayah dari sang protagonis di seri G Gundam, Domon Kashuu. Filosofi yang dipegang oleh Dr. Kashuu ketika menciptakan Gundam adalah menciptakan sebuah mesin yang mampu menyembuhkan dirinya sendiri, mampu menduplikasi dirinya sendiri, dan mampu berkembang secara mandiri.

Namun, yang tidak disadari oleh Dr. Kashuu adalah semua filosofi miliknya tersebut justru berakibat pada “efek samping” yang terjadi. Hal ini terbukti ketika Ultimate Gundam kemudian berevolusi menjadi Devil Gundam. Dr. Kashuu sendiri sengaja membuat Ultimate Gundam untuk melindungi bumi, dan juga membantu bumi untuk menjadi lebih baik.

CBR.com

Dalam cerita di G Gundam, bumi sudah menjadi medan pertempuran bagi Gundam Fights – turnamen yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali untuk menentukan negara mana yang akan mengusai planet tersebut. Akibat dari hal tersebut, bumi menjadi hancur, dan sebagian besar manusia sudah pindah dari bumi.

Ketika Ultimate Gundam tidak sengaja terjatuh di bumi, Gundam tersebut mulai banyak melakukan observasi. Setelah melakukan observasi, dan berkat kemampuan untuk melakukan evolusi secara mandiri, akhirnya sang Devil Gundam menyadari bahwa ancaman terbesar dari seluruh alam ini adalah manusia. Karena hal itulah, Devil Gundam kemudian memiliki misi untuk menghancurkan seluruh umat manusia demi menyelamatkan bumi. Sangat ironis.

Mampu Melakukan Regenerasi – Meskipun Tidak Sempurna

Ketika Dr. Kashuu memperkenalkan hasil ciptaanya, Ultimate Gundam, pihak militer Jepang, yang dipimpin oleh Mayor Ulube Ishikawa, mencoba untuk mencurinya. Anak dari Dr. Kashuu kemudian mengambil alih kendali Gundamnya dan kemudian mencoba pergi dari bumi. Sayangnya, Ultimate Gundam harus terbakar di atmosfer bumi dan hancur.

https://animenimania.blogspot.com/

Tapi, Ultimate Gundam masih bisa bertahan. Dia mampu melakukan regenerasi. Sayangnya, proses regenerasi tersebut memang tidak akan pernah sempurna. Meskipun bagian tubuhnya secara fisik memang bisa beregenerasi, namun program dalam dirinya benar-benar kacau, berantakan, dan harus diprogram ulang. Dengan kemampuan untuk melakukan evolusi mandiri, itulah alasan mengapa Ultimate Gundam melihat manusia sebagai ancaman dan berubah menjadi Devil Gundam. Jika saja selain fisik, program dalam diri Ultimate Gundam mampu menyesuaikan dengan program lama, mungkin mecha atau mobile suit ini tidak akan pernah menjadi mesin pembunuh.

Membutuhkan Nyawa Manusia Untuk Bisa Berfungsi

Satu hal mengerikan dari Devil Gundam adalah untuk bisa aktif, dibutuhkan satu nyawa manusia – dan kebanyakan adalah wanita. Ryoji awalnya menjadi sumber utama kekuatan dari Devil Gundam. Namun, ternyata kekuatan yang diberikan tidaklah cukup. Akhirnya, Master Asia berusaha untuk membuat Domo, Gundam Fighter terkuat di planet bumi, untuk menjadi sumber tenaga bagi Devil Gundam.

https://nolifeatall.wordpress.com/

Sayangnya, ternyata Devil Gundam kurang begitu menyukai pria sebagai sumber tenaganya. Devil Gundam lebih menyukai wanita untuk menjadi sumber kekuatannya. Karena Devil Gundam mampu menduplikasi dirinya sendiri, wanita yang mampu melahirkan ternyata bisa menyatu dengan kekuatan dari Devil Gundam dan melakukan renegerasi tubuhnya secara masif.

Ketika Devil Gundam memiliki kekasih dari Domon, Rain, sebagai sumber tenaganya, Devil Gundam akhirnya memiliki kemampuan untuk mengambil alih seluruh koloni Jepang, dan merubahnya menjadi koloni Devil Gundam.

Mampu Melahirkan Gundam Baru – Atau Virus Nanomachine

Kemampuan Devil Gundam untuk mereplikasi dirinya sendiri bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah memproduksi Gundam dari dalam tubuhnya atau memproduksi sebuah viru nanomachine atau virus mesin nano yang kemudian disebarkan melalui kontak. Death Army adalah sebuah pasukan dari Gundam yang mampu menciptakan dirinya sendiri, dan merupakan pasukan dari Devil Gundam.

https://www.deviantart.com/jasonpictures

Mereka meneruskan informasi yang diterima ke unit utamanya. Ketika Devil Gundam menyatu dengan koloninya, dia mampu menciptakana sebuah pasukan yang sangat kuat untuk menghancurkan seluruh Gundam Fighters. Dari sekian banyak kreasi Devil Gundam, Four Heavenly Kings adalah beberapa diantaranya. Four Heavenly Kings adalah empat orang Gundam Fighters terkuat yang dimiliki Devil Gundam yang ikut ambil bagian dalam pertarungan melawan Domon dan aliansinya.

Sel-sel dari Devil Gundam benar-benar sangat jahat, dimana sel dari Devil gundam merupakan mesin nano yang mampu mengambil alih manusia. Selain itu, sel dari Devil Gundam ini juga mampu memperkuat kemampuan para Gundam. Jika kemudian selnya menjangkiti manusia, mereka akan mendapatkan kemampuan unik, peningkatan vitalitas tubuh, kekuatan, dan bahkan mampu juga melakukan regenerasi. Namun, jika terkena virus ini mereka akan berpikir hal yang sama dengan Devil Gundam.

Mampu Membangkitkan Mereka Yang Sudah Mati

Ryoji menggunakan Devil Gundam untuk menciptakan sebuah kloning dari Schwarz Bruder dengan menggunakan DG Cells atau sel Devil Gundam. Namun, meskipun Schwarz berhasil dihidupkan, dan juga kurangnya Ryoji menambahkan material dari Devil Gundam, akhirnya Schwars “baru” tersebut dikendalikan oleh hasrat dari Devil Gundam.

CBR.com

Devil Gundam juga bisa mengembalikan seseorang dari kematian dan mengembalikan kehidupannya. Contohnya adalah Gentle Chapman, Gundam Fighter legendaris dari Neo-Britain. Chapman sebelumnya terbunuh saat bertarung melawan Domon Kashuu. Chapman. Namun, tubuhnya kemudian ditemukan oleh Devil Gundam dan kemudian tubuhnya dimasukan DG Cells.

Sayangnya, meskipun Chapman berhasil kembali hidup, namun sosok Chapman yang dulu sudah tidak ada. Chapman yang sudah tercampur dengan DG Cells justru berubah menjadi sosok mengerikan, yang menjadi budak bagi Devil Gundam. Zombie Chapman mengendalikan Grand Gundam miliknya dibawah pengaruh Devil Gundam.