Untuk bisa menuju Laugh Tale, seorang bajak laut harus menemukan Road Poneglyph. Road Poneglyph adalah petunjuk besar bagi mereka yang ingin menuju Laugh Tale, karena di Road Poneglyph tersebut ada terdapat cara untuk menuju pulau terakhir tersebut. Jadi, rasanya wajar jika kemudian para bajak laut rela melakukan apapun untuk mendapatkan Road Poneglyph.

Road Poneglyph sendiri hanya ada empat, dari sekian banyak Poneglyph yang ada. Dalam versi animenya, Road Poneglyph berwarna merah menyala. Mereka tersebar ke berbagai penjuru lautan, dan tidak banyak orang yang mengetahui keberadaanya. Karena itu, mencari Road Poneglyph adalah salah satu petualangan besar yang harus dijalani oleh mereka yang ingin menjadi raja bajak laut.

Setelah meninggalkan pulau langit, Roger kemudian menelusuri tiga Road Poneglyph lainnya. Saat di Water 7, Roger akhirnya berhasil mendapatkan salinan dari Road Poneglyph milik Big Mom. Terakhir, Roger sendiri menemukan Road Poneglyph terakhir di Zou, setelah dia menemukan keberadaan Road Poneglyph ketiga di pulau manusia ikan. Posisinya sendiri ada di hutan laut, persis disamping Poneglyph yang berisi permintaan maaf dari JoyBoy.

Reddit.com

Bagaimana dengan Luffy? Luffy sendiri sejauh ini sudah melihat dua Road Poneglyph, satu dari Big Mom dan yang lainnya dari Zou. Luffy sendiri sekarang mengincar Poneglyph milik Kaido, dan hal itu menyisakan Road Poneglyph terakhir di pulau manusia ikan yang mana keberadaanya masih misterius. Jadi, dimana keberadaan dari Road Poneglyph terakhirnya?

Ada dua kemungkinan yang terjadi, pertama adalah Neptune mempercayakannya kepada orang lain untuk disembunyikan atau seseorang sudah mengambilnya terlebih dahulu. Namun, untuk alasan kedua tersebut rasanya kurang memungkinkan. Ada tiga alasan yang mendukung hal tersebut: pertama, selain Kaido dan Big Mom, tidak ada lagi bajak laut hebat di lautan yang mampu mengambil secara paksa Road Poneglyph tersebut.

Kedua, Neptune sendiri tidak mengatakan apapun kepada Robin mengenai Road Poneglyphnya. Neptune tidak memberikan petunjuk bahwa Road Poneglyphnya hilang atau dicuri atau terjadi sesuatu. Terakhir, Poneglyph adalah sesuatu yang tidak bisa dipindahkan begitu saja. Logikanya, orang akan lebih memilih salinannya saja daripada mengambil seluruh Poneglyph.

Jadi, siapapun yang mengambilnya, bisa dipastikan bahwa ini adalah untuk menjaga kerahasiaan keberadaanya, bukan berarti pulau manusia ikan adalah tempat yang tidak aman. Lagipula, setelah era keemasan bajak laut, pulau manusia ikan adalah tempat yang sangat ditakuti oleh bajak laut dan siapapun yang mencoba bertarung melawan mereka. dan ada beberapa orang yang diduga menjadi “pelakunya.”

Pertama, adalah kelompok bajak laut Whitebeard yang pernah menjadikan pulau manusia ikan sebagai wilayah kekuasaan mereka. mungkin Whitebeard sengaja menyembunyikannya. Jika memang mereka yang melakukannya, kemungkinan mereka pun akan menyimpannya di tempat yang tersembunyi. Sehingga tidak semua orang bisa mencarinya. Marco kemungkinan masih mengetahui dimana posisinya.

https://www.deviantart.com/efrain0793

Kedua, Blackbeard menjadi orang yang memiliki Poneglyphnya. Seperti yang kita ketahui, seperti perang melawan sisa kru Whitebeard dan setelah kematian Whitebeard sendiri, kemungkinan bahwa Blackbeard dan krunya pernah pergi menuju pulau manusia ikan dan mengambil Road Poneglyph tersebut dirasa masuk akal. Blackbeard dulu pernah menjadi kru Whitebeard artinya dia memiliki “mata-mata” atau mengetahui informasi keberadaan Poneglyphnya.

Mungkin, Blackbeard mengambilnya saat time-skip terjadi, yang mana bisa jadi juga itu adalah salah satu alasan lain mengapa Marco dan yang lain memutuskan untuk perang melawan Blackbeard. Ketiga adalah ada di tangan Shanks. Bukan tidak mungkin juga bahwa Shanks adalah sosok yang mengambil Road Poneglyph tersebut dan menjadi pelindungnya. Shanks mungkin akan memberikannya kepada Luffy jika memang waktunya dirasa tepat. Dan jika dilihat Shanks sepertinya memang sangat mendukung generasi baru dan juga sang Roger selanjutnya.

Terakhir adalah sosok Scopper Gaban yang dipercaya untuk membawanya ke pulau Lodestar. Scopper Gaban diyakini sudah menunggu seseorang yang memang pantas untuk menjadi raja bajak laut selanjutnya. Jadi, setelah Wano, tujuan dari Luffy selanjutnya bisa jadi adalah Lodestar untuk mencari keberadaan Road Poneglyph terakhir.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.