Rumor tentang masa depan Batman di DCEU menjadi topik pembahasan yang hangat akhir-akhir ini, dimana para fans berspekulasi bahwa Michael Keaton, Ben Affleck, dan Robert Pattinson akan berada di satu rencana besar milik Warner Bros. yang sudah disiapkan. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Keaton akan menggantikan sosok Ben Affleck sebagai Bruce Wayne utama di DCEU.

Keaton juga dikabarkan bahwa dia akan muncul di beberapa film solo Batman lainnya. Kabar tersebut buru-buru dibantah oleh Michael Keaton sendiri, dan membuat para fans penasaran. Salah satu hal yang menyebabkan hal ini tersebut adalah sejarah yang rumit dari Batman di DCEU. Ben Affleck sebenarnya sudah sedari awal menjadi bintang utama DCEU, namun kemudian batal setelah dia mundur dari perannya. Tapi ada banyak potensi yang menjanjikan di depannya mengenai Batman. Semuanya tergantung pada film baru nanti.

Kembalinya Batman Michael Keaton di The Flash

Kembalinya Michael Keaton sebagai Batman di film The Flash nanti memunculkan satu konsep utama – multiverse. Filmnya sendiri dikabarkan akan mengambil beberapa bagian dari cerita komik populer dari DC, Flashpoint.  Dalam ceritanya, diperlihatkan The Flash pergi sebuah realuta lain dan kemudian bertemu dengan sosok Bruce Wayne yang lain. Dan ternyata itu bukanlah Bruce melainkan Thomas.

Michael Keaton in talks to return as Batman in Flash, DC multiverse | Batman News
batman-news.com

Meskipun filmnya mungkin tidak akan mengadaptasi cerita Batman yang populer tersebut, namyn ada kemungkinan jika Barry Allen nanti diceritakan tidak sengaja berada di universe tempat Michael Keaton berada. Film The Flash sendiri sangat penting bagi rencana masa depan DCEU. Pasalnya, mereka sudah resmi menghubungkan DCEU dan juga Arrowverse, dibuktikan dengan kemunculan Ezra Miller di event Crisis on Infinite Earths.

Film The Flash kemungkinan akan memperluas mulitverse canon dari DC secara signifikan. Dengan film seperti Joker dan The Batman muncul di timelinenya sendiri dan juga berbagai series serta berbagai realita muncul di HBO, multiverse DC akan menjadi sangat “gila” tapi tetap harus ada koneksi yang menyatukan semuanya.

Kabar Michael Keaton Menggantikan Ben Affleck

Lalu, apa artinya semua itu bagi Batman versi Keaton? Itu artinya akan ada banyak sekali potensi yang akan diterima oleh Keaton di masa yang akan datang. Tapi, semua potensi tersebut tidak juga wajib diberikan kepada Keaton. Film The Flash bisa menggiring karakter Keaton masuk ke DCEU dengan cara yang apik, atau justru kemudian dia akan tetap berada di realitanya.

Muncul sebuah rumor yang bereda di internet yang menyebutkan bahwa Batman Michael Keaton akan menjadi Batman di universe utama DCEU, dan disebutkan itu adalah rencana dari WB. Teorinya sendiri muncul setelah wawancara dari Walter Hamada dengan The New York Times, Presiden dari DC Film, yang menyebutkan bahwa dua Batman berbeda diperankan oleh dua aktor berbeda. Penulis artikelnya sendiri, Brooks Barnes, membantah hal tersebut.

vulture.com

Barnes kemudian mengklarifikasi bahwa Hamada hanya mereferensikan The Flash dan The Batman, belum ada rencana proyek apapun di masa yang akan datang, dan tidak ada rencana untuk membuat Keaton menjadi Batman di universe utama. Namun, tetap saja, hanya karena sesuatu tidak dikonfirmasi bukan berarti tidak akan pernah terjado. Apakah Keaton kemudian akan menjadi Batman di universe utama DCEU?

Jawabannya bisa jadi, namun tidak seperti yang kita bayangkan. Keaton mungkin akan berperan sebagai Stan Lee versi DCEU, dimana dia akan muncul sebagai cameo atau pemeran pendukung di seluruh multiverse DC. Mungkin juga akan ada Batman 2 dibandingkan membuat sekuel Justice League. Tim Burton sendiri bisa saja kembali menyutradarai filmnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.