Muncul sebuah teori bahwa semua yang terjadi di tiga Phase MCU sebenarnya terjadi akibat ulah dari Loki. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Setelah beberapa kali muncul di berbagai film MCU, Loki akhirnya menemui ajalnya di film Avengers: Infinity War. Loki dibunuh oleh Thanos karena dia mencoba melawannya, dan juga Loki adalah sosok yang ternyata menyimpan Space Stone. Kematian dari Loki benar-benar membuat Thor, sebagai saudaranya merasa marah. Karena itulah dia berusaha untuk membalas dendam kepada titan ungu tersebut.

Namun, menariknya adalah dalam film Avengers: Endgame kita melihat versi timeline lain dari Loki kabur ke dimensi lain, setelah dia membawa kabur Space Stone. Hal ini terjadi setelah Tony, Bruce Banner, Steve, dan Scott kembali ke New York pada tahun 2012. Rencana untuk mengambil Tesseract harus gagal setelah Tony terkena serangan tidak terduga dari Hulk. Space Stone pun terlepas, Loki kemudian kabur sambil mencuri batu tersebut.

Geekytyrant.com

Hal inilah yang kemudian menjadi dasar bagi cerita di series Loki. Berdasarkan informasi yang diketahui mengenai seriesnya, Loki akan pergi ke masa lalu, membuat kekacauan dengan sejarah manusia, sampai kemudian ditangkap oleh TVA atau Time Variance Authority, polisi lini masa yang mengatur agar tidak sembarang orang bisa pergi ke masa lalu atau masa depan.

Menurut salah satu teori, apa yang terjadi dengan Loki versi 2012 ini nyatanya mampu membuat deretan peristiwa yang diluar dugaan. Loki yang kita tahu akan bergabung dengan TVA di seriesnya, bisa jadi berperan sebagai “dalang utama” penyerangan Chitauri ke New York pada 2012, yang didalangi oleh Loki versi masa lalu. Maksudnya adalah Loki versi TVA sudah tahu hasilnya bahwa penyerangan tersebut akan menuju kekalahan, namun Loki versi TVA yang telah mengetahui masa depan, dimana Thanos akan datang dan membuat kekacauan. Hal ini membuat Loki versi TVA pergi ke masa lalu dan menghasut Loki versi lama untuk melakukan serangan Chitauri.

Lalu, apa tujuan Loki versi TVA melakukan hal tersebut? Dirinya mengetahui bahwa yang bisa mengalahkan Thanos adalah para Avengers, untuk itulah serangan Chitauri dibutuhkan sebagai langkah pertama menyatukan para Avengers.

Selain itu, Loki versi TVA juga ada kemungkinan telah memberi tahu Loki versi timeline utama bahwa dirinya sendiri tidak akan bisa mengalahkan Thanos, maka ia harus mengorbankan dirinya untuk “terbunuh” oleh Thanos. Karena rasanya tidak mungkin jika Loki yang sangat pintar dan cenderung bermain aman, membuat dirinya terbunuh dengan mudah oleh Thanos di Infinity War. Namun Loki versi TVA melihat dengan terbunuhnya Loki versi timeline utama, Hulk akan selamat sampai ke Bumi untuk memberi tahu ancaman tentang Thanos, dan Thor pun memiliki motivasi lebih untuk mengalahkan Thanos.

Loki Menjadi Incaran Doctor Strange

Teori ini juga didukung dengan cerita dalam film Thor: Ragnarok. Dimana Thor dan Loki pergi menuju New York untuk sebuah misi mencari sang ayah. Namun, petualangan mereka kemudian dikejutan oleh kemunculan Doctor Strange, yang menggunakan kekuatan sihirnya untuk menculik Loki. Setelahnya, Thor pergi ke Sanctum Sanctorum dan bertemu Strange, yang mana dia kemudian menjelaskan kepada Thor mengapa dia harus menculik sang adik.

Menurut Doctor Strange, dia selalu memperhatikan orang-orang atau makhluk yang berasal dari alam lain yang bisa berpotensi mengancam keamanan dari dunia ini. Dan menurut Strange, Loki adalah salah satu diantaranya.  Thor sendiri setuju dengan apa yang diungkapkan oleh Strange. Tapi, ada hal menarik dalam ucapan dari Doctor Strange terkait Loki tersebut.

ScreenRant.com

Dia tidak pernah mengatakan ancaman apa yang bisa dibuat Loki sehingga Loki masuk dalam daftar pengawasannya. Bisa jadi, Strange sudah paham betul bahwa Loki memanglah ancaman besar, namun ia menjadi ancaman untuk berjalannya ruang dan waktu. Apalagi di film Infinity War, kita melihat bagaimana Strange mampu melihat 14 juta lebih skenario untuk mengalahkan Thanos. Artinya dia bisa melihat ke masa depan.

Strange sepertinya melakukan hal yang sama kepada Loki, dimana dia sudah mengetahui bagaimana dan apa yang akan dia lakukan di masa yang akan datang. Misalnya dia tahu Loki akan mengacak-acak sejarah manusia, dan lain-lain. karena itulah Strange kemudian  memutuskan untuk menahan Loki, tanpa diketahui oleh Thor apa yang dilihat oleh Strange.

Teori ini memang memiliki beberapa plot hole yang kentara, namun bisa jadi benang merah tersebut yang akan tampil di series Loki nanti. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana petualangan Loki di seri Loki yang akan tayang pada Mei 2021 mendatang.