Ada banyak sekali judul anime yang bertema memasak selain One Piece. Terdapat judul seperti Food Wars, Ben-To, Ristorante Paradiso, dan masih banyak lagi judul anime lainnya yang akan para penonton serinya merasa lapar dengan berbagai hidangan yang menarik. Bahkan, seri anime seperti Toriko mampu memadukan berbagai imajinasi tentang makanan dengan sebuah pertarungan.

Namun, meskipun One Piece lebih fokus pada cerita bajak laut bukan berarti tidak ada sama sekali para chef-chef handal yang mampu menghadirkan masakan menggoda selera para pembaca manganya atau penonton animenya. Ada banyak koki-koki terbaik di seri One Pice dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Hatchan

Hatchan sebenarnya diperkenalkan pertama kali bukan sebagai seorang chef. Justru dia adalah seorang bajak laut yang tergabung di kelompok yang sama yang pernah menyerang Nami dan desanya selama lebih dari satu dekade, yaitu kelompok bajak laut Matahari. Namun, Hatchan kemudian menyesali perbuatannya dan mulai berbuat baik untuk menebus semua kesalahannya.

roronoazoro313.blogspot.com

Hatchan sekarang menjadi salah satu sekutu dari kelompok Topi Jerami, dan menjadi salah satu karakter penting di arc Sabaody. Hatchan sebenarnya bukanlah sosok chef yang menyajikan makanan mewah, namun dia adalah seorang chef yang sangat ahli membuat Takoyaki atau bola-bola gurita. Skill memasak Hatchan bahkan dipuji oleh Luffy serta Sanji.

Charlotte Pudding

Charlotte Pudding memang memiliki banyak kemampuan dalam dirinya. Selain menjadi sosok “aktris” yang baik, Pudding adalah karakter yang sangat berbahaya dengan buah iblis yang mampu menghapus pikiran orang lain. Puddin adalah senjata rahasia terbesar dari Big Mom untuk bisa membaca Poneglyph. Meskipun dia adalah sosok yang berbahaya, nyatanya Pudding adalah seorang ahli masak yang sangat hebat.

reddit.com

Sebagai kandidat utama untuk menjadi Minister of Chocolate, Pudding adalah seorang Chocolatier atau pembuat coklat yang sangat handal. Bukti kemampuannya adalah dia bisa membangun sebuah rumah yang terbuat dari coklat. Kelezatan coklatnya bahkan membuat Chopper dan Luffy ketagihan. Pudding adalah sosok penting dibalik pembuatan kue pernikahannya. Bisa dibilang Pudding adalah partner masak yang pas bagi Sanji.

Carmen

Sebelum kelompok Topi Jerami mmemulai petualangannya di Grand Line, mereka sempat tiba di sebuah wilayah legendaris yang menjadi rumah sekaligus tempat eksekusi bagi raja bajak laut, Gol D. Roger, yaitu Loguetown. Dalam versi animenya, di Loguetown tersebut diperlihatkan tentang sebuah kontes masak, yang merupakan arc filler. Bagi Sanji, ini adalah kompetisi memasakan terbesar dalam sejarah.

onepiecescreencaps.tumblr.com/

Dalam kompetisi tersebut, Sanji harus berhadapan dengan Carmen, seorang koki yang sangat nyentrik dan flamboyan. Carmen terkenal karena kemampuan memasaknya yang mampu menghibur siapapun yang menontonnya. Carmen juga berhasil memenangkan berbagai kompetisi memasak di wilayah East Blue. Meskipun Carmen kalah dari Sanji, dia membuktikan bahwa kemampuan memasaknya pantas membuatnya berada di dapur yang sama dengan Sanji.

Streusen

Menjadi orang kepercayaan dan juga kepala chef dari salah satu bajak laut terhebat di dunia yang dikenal akan nafsu makannya yang sangat besar, tentunya bukanlah sebuah tugas yang mudah. Namun, Streusen membuktikan dia mampu melakukannya. Nafsu makan dari Big Mom bukanlah hal yang main-main. Pasalnya, satu kali kesalahan, maka nyawanya tidak akan selamat.

comicvine.gamespot.com

Jikapun Big Mom tidak membunuhnya, maka mungkin dia akan mengamuk sampai dia mendapatkan rasa yang sesuai dengan keinginannya. Streusen adalah seorang pembuat kue yang sangat ahli. Dia juga mampu, secara misterius, membuat apapun menjadi sebuah makanan yang sangat enak. Jika kemampuan Streusen hanya berada di level rata-rata, rasanya dia tidak akan bertahan lama sampai sekarang.

Zeff

Sebagian besar chef banyak mengorbankan waktu mereka serta uang untuk pergi ke sekolah memasak. Mereka akan mempelajari banyak hal tentang memasak, mulai dari hal yang umum sampai hal yang detail. Namun, tidak bagi Zeff. Yang dia “korbankan” adalah kedua kakinya. Seorang bajak laut yang selalu bermimpi untuk menjadi seorang koki, Zeff membuktikan bahwa dia akan melakukan apapun untuk menghadirkan rasa yang enak bagi orang-orang.

mangabeard.blogspot.com

Setelah Zeff berhasil selamat setelah terdampar bersama Sanji, keduanya kemudian memulai sebuah restoran terapung. Selain menjadi sosok ayah, Zeff juga menjadi guru yang baik baik Sanji. Zeff adalah salah satu chef terbaik di seluruh lautan, dan nama Zeff sendiri rasanya berhak masuk dalam catatan sejarah. Namun, bukan sebagai bajak laut melainkan seorang ahli memasak.

Sanji

Untuk saat ini chef terbaik di seluruh seri One Piece tidak lain dan tidak bukan adalah Vinsmoke Sanji. Sanji bukan hanya menjadi chef terbaik di One Piece, dia adalah salah satu chef terbaik dalam sejarah anime. Sanji menganggap makanan adalah sesuatu yang sangat berharga. Inilah mengapa Sanji tidak pernah mau menggunakan tangannya untuk bertarung. Dia hanya menggunakan lengannya ketika memasak saja.

sgcafe.com

Sanji memiliki kemampuan memasakan yang sangat dahsyat. Dan kemampuan Sanji dalam memasakan bukan hanya mampu menyajikan makanan yang enak. Sanji mampu menyiapkan makanan yang disesuaikan takaran nutrisinya dan lain-lain. Apalagi setelah Sanji mempelajari berbagai resep makanan di Kamabakka, Sanji bahkan mampu membuat makanan yang bisa mengembalikan stamina dan semangat seseorang. Dan bukti lainnya dari kehebatan Sanji adalah sosoknya sampai dibuat dalam versi seri lainnya, yaitu Shokugeki no Sanji.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.